Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*

5 Ciri dan Penyebab Wanita Tidur Ngorok (No. 3 Sulit Dihindari)

6 February 2019
wanita-tidur-ngorok-inthebox.jpg

Mendengkur atau yang lebih dikenal dengan istilah ngorok ternyata tidak hanya dialami oleh pria. Faktanya, ada juga wanita tidur ngorok dan tentu saja kebiasaan yang satu ini tergolong cukup mengganggu. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Ciri Wanita Tidur Ngorok

Ternyata ada beberapa ciri wanita tidur ngorok dan hal ini bisa disadari langsung oleh sang penderita. Salah satu cara mendeteksinya adalah dengan melihat keluhan saat bangun tidur di pagi hari. Terkait hal ini, tentunya kamu harus lebih peka.

Apabila sudah tidur cukup semalaman atau bahkan sudah tidur lama, namun masih merasa ngantuk, bisa jadi kamu punya kebiasaan mendengkur. Sebetulnya kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan macam-macam gangguan tidur, namun salah satu kemungkiannya adalah adanya sumbatan pernapasan saat tidur. Bisa karena ngorok atau sleep apnea.

Sebenarnya sangat penting untuk mengetahui sendiri seperti apa ciri-ciri ngorok. Kenapa? Hal ini tentu dapat membantu seseorang untuk mengidentifikasi gangguan tidur yang sedang dialami. Tentu saja seseorang yang punya kebiasaan mendengkur tidak bisa mendengar suara dengkurannya sendiri.

Penyebab Wanita Ngorok

Perlu diketahui dulu kalau penyebab ngorok adalah karena adanya peyempitan di saluran pernapasan dan ini terjadi ketika tidur. Kondisi ini tentunya akan mengurangi asupan oksigen ke otak. Kalau sudah begini, maka tidur malam hari tidak akan berkualitas.

Ada beberapa penyebab wanita ngorok yaitu:

1. Sesak Napas

Penyebab yang pertama adalah sesak napas yang disebabkan oleh kondisi kesehatan maupun fisik. Seorang wanita yang memiliki penyakit asma tentu sangat tinggi kemungkinannya untuk mendengkur di malam hari. Bukan hanya asma, seseorang yang sedang sakit flu atau obesitas pun bisa mengalami hal ini karena saluran pernapasannya terhambat.

2. Posisi Tidur yang Salah

Penyebab wanita tidur ngorok berikutnya adalah posisi tidur yang salah. Biasanya, seseorang yang mendengkur karena posisi tidurnya telentang. Jika kamu salah seorang yang biasa tidur telentang, maka mulai sekarang mulai biasakan diri untuk mengubah posisi tidur. Bisa pilih sisi kanan atau kiri, namun sangat disarankan untuk tidur menyamping ke kanan.

3. Kelelahan

Banyak wanita yang melakukan peran ganda, yaitu sebagai ibu rumah tangga dan bekerja. Meskipun belum menjadi ibu rumah tangga, kini sudha banyak juga wanita yang fokus dengan urusan karier. Aktivitas yang melelahkan seharian pun bisa menjadi salah satu penyebab wanita tidur ngorok. Mendengkur yang disebabkan oleh hal ini biasanya tidak akan berlangsung lama dan hanya di waktu-waktu tertentu saja.

4. Menopause

Penyebab wanita ngorok nampaknya akan sulit dihindari jika sudah memasuki usia menopause. Kondisi ini tentunya karena berkurangnya produksi hormon estrogen seiring bertambahnya usia. Padahal, hormon yang satu ini memiliki peran untuk menstimulasi pernapasan agar tetap stabil.

5. Menderita Penyakit Serius

Ha yang paling mengejutkan dan menjadi penyebab wanita ngorok adalah menderita penyakit serius. Fakta ini didapat dari berbagai sumber. Dijelaskan bahwa wanita tidur ngorok dengan cukup keras menunjukkan bahwa ia mengidap gejala obstructive sleep apnoea (OSA). Selain itu, mendengkur juga menjadi gejala penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan metabolisme gula darah yang tidak stabil.

Cara Mengatasi Wanita Tidur Ngorok

Jika dilihat dari ciri wanita tidur ngorok hingga penyebab wanita ngorok yang sudah dijabarkan di atas, maka dapat disimpulkan beberapa cara mengatasi tidur ngorok pada wanita. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Mengelola aktivitas dengan baik agar tidak terlalu lelah
  • Memperbaiki pola hidup sehat
  • Memperbaiki posisi tidur
  • Memeriksakan diri ke dokter jika sudah sangat menganggu

Kamu juga harus memastikan untuk menggunakan kasur dan bantal yang berkualitas agar posisi tidur tetap nyaman, sehingga tidak ngorok. Khusus untuk wanita tidur ngorok, bisa coba untuk menggunakan spring bed INTHEBOX dan bantal guling INTHEBOX. Tenang saja, harga kasur ini tidak mahal kok!