Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
tips-memilih-kasur-bayi-inthebox1.jpg

13 Tips Memilih Kasur Bayi yang Bagus, Aman, Nyaman (Lengkap)

6 February 2020

Memilih kasur bayi tidak boleh sembarangan. Pilihlah tempat tidur bayi yang aman dan nyaman agar istirahat dan pertumbuhan si kecil jadi lebih maksimal. Caranya sangat mudah, baca sampai akhir! 

Tips Memilih Kasur Bayi Terbaik yang Aman

1. Hindari Kasur yang Terlalu Empuk

Membelikan kasur yang sangat empuk untuk anak adalah salah besar. Dikutip dari berbagai sumber, kasur bayi yang terlalu empuk bisa meningkatkan risiko kematian mendadak yang dikenal juga sebagai Suddent Infant Death Syndrome (SSID).

Penyebabnya adalah wajah bayi terbenam ke dalam kasur. Oleh karena itu, sebaiknya pilih yang bertekstur agak keras agar bisa ikut menopang tulang punggung si kecil.

2. Pembatas Ranjang Harus Tinggi

Sebagai orang tua tentu tidak bisa 1 x 24 jam ada di sisi bayi. Sangat disarankan untuk memilih box bayi dengan pembatas yang cukup tinggi. Ini menjadi penting untuk keamanan karena bisa saja si kecil memanjat dari tempat tidurnya.

3. Hindari Ranjang dengan Pintu

Bukan hanya pembatas tinggi, namun sebaiknya pilih juga yang tanpa pintu samping. Ketika si kecil semakin besar, maka akan semakin aktif. Dikhawatirkan pintu ini bisa terbuka tanpa sengaja, sehingga bayi jatuh dari kasur dan berujung cedera.

4. Ukuran Kasur Bayi Harus Sesuai

Cara memilih kasur bayi selanjutnya yaitu mempertimbangkan ukuran kasur bayi yang pas. Jangan sampai ada sisi yang tersisa. Ukuran tempat tidur bayi yang pas akan memuat si kecil terhidar dari cedera saat tidur.

5. Pilih Bahan Kasur Polyester

Permukaan kasur anak biasanya lebih cepat kotor karena terkena tumpahan air susu, keringat, dan air liurnya. Salah satu solusinya adalah dengan memilih material kasur polyester yang mudah dicuci dan cepat kering.

6. Tempat Tidur Bayi Bercelah Kecil

Biasanya kaki atau tangan bayi bisa masuk ke sela-sela celah box bayi. Salah satu tips memilih kasur bayi adalah dengan pilih box tidur yang tidak dilengkapi dengan celah. Jika ingin memilih tempat tidur anak dengan model berpagar, maka pilih yang celahnya kecil.

7. Pilih Kasur yang Ringan

Hal ini pun ikut menjadi penting mengingat bayi yang baru lahir akan sering ngompol, maka pasti akan sering juga mengganti seprai atau menjemur kasur. Kasur yang ringan akan sangat membantu orang tua untuk membersihkannya.

8. Kasur Bayi Kelambu untuk Melindungi dari Serangga

Penyebab bayi sering terbangun di malam hari bisa jadi karena gigitan nyamuk. Oleh karena itu, lindungi si kecil dengan menggunakan kasur bayi kelambu. Tidur yang cukup akan membuatnya tumbuh optimal dan tidak rewel.

9. Kasur Bayi Lipat untuk Solusi Praktis

Kalau kamu sering bepergian bersama keluarga, sebaiknya pilih kasur bayi lipat. Jenis kasur ini bisa dibawa ketika bepergian ke luar kota bersama si kecil. Selain itu, kasur lipat juga bisa jadi solusi untuk kamar sempit.

10. Kasur Bayi Karakter agar Anak Betah

Jenis kasur ini cukup banyak diminati oleh orang tua. Memiliki desain yang menarik, tentu akan membuat bayi jadi betah ketika berada si tempat tidurnya. Bisa pilih karakter tokoh kartun atau sesuaikan dengan dekorasi kamar anak.

11. Pilih Tempat Tidur yang Bisa Diayun

Ranjang bayi yang bisa diayun bisa menstimulasi bayi cepat tidur dan tidur lebih nyenyak. Jenis kasur seperti ini juga bisa meringankan orang tua untuk menidurkan bayi atau menghiburnya ketika menangis.

12. Tempat Tidur Bayi yang Aman dan Sehat

Waktu tidur bayi baru lahir umumnya sekitar 14 jam. Artinya, si kecil menghabiskan banyak waktu di tempat tidur. Dikutip dari berbagai sumber, ada penjelasan mengejutkan bahwa ranjang bayi bisa menjadi sumber racun yang tidak disadari.

Kamu hanya perlu memerhatikan label kasur. Disarankan memilih box bayi dengan material stainless. Cara amannya, pilih yang bermerek atau dilengkapi dengan sertifikat keamanan bahan. Selalu pastikan juga beli yang baru.

13. Box Bayi yang Dilengkapi Penyimpanan

Cara memilih kasur bayi bukan hanya memerhatikan keamanan dan kenyamanan, tapi perhatikan juga kebutuhan lainnya. Ada baiknya memilih tempat tidur bayi yang dilengkapi penyimpanan untuk menyimpan perlengkapan bayi, seperti popok dan baju ganti.

---

Tips yang mudah bukan? Sederhana, namun harus benar-benar diperhatikan.

Kalau bayi tidur bersama orang tua, maka pilih ukuran kasur yang besar dan perhatikan kenyamanannya. Salah satu kasur keluarga yang bagus adalah INTHEBOX. Dilengkapi material premium dan teknologi modern membuat kasur sping bed ini cocok untuk segala usia.

Segera cek pilihan kasur dan bantal guling INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

5 Bahaya Kerja di Atas Kasur yang Harus Diwaspadai!
26 January 2021
Bekerja dari rumah atau working from home menjadi populer dan dilakukan banyak orang apalagi di masa pandemi saat ini. Namun di balik itu semua, ada bahaya kerja di atas kasur yang harus diwaspadai. Selengkapnya
5 Tanda Spring Bed-mu Sudah Minta Adik Baru
6 March 2018
Setelah seharian diberondong dengan berbagai aktivitas padat di luar rumah, bisa beristirahat di kasur yang nyaman pasti jadi impian. Tapi, impian ini bisa jadi buyar seketika saat kenyataannya kasur di rumah sudah tipis dan sakit buat tidur. Duh, gimana bisa beristirahat dengan tenang, kan? Selengkapnya
10 Cara agar Tidak Ngantuk Tanpa Minum Kopi (Ampuh)
22 January 2019
Kamu sering mudah mengantuk saat sedang bekerja atau belajar? Ternyata solusinya bukan hanya dengan minum kopi atau kafein. Ada beberapa cara agar tidak ngantuk yang lebih aman dan mudah dilakukan. Dijamin praktis dan badan kembali segar! Selengkapnya
CS1