Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
Tidur Mangap: Penyebab, Bahaya, Cara Mengatasi
18 November 2018
penyebab-bahaya-tidur-mangap-inthebox.jpg

Sadar tidak sadar, sebagian besar orang pasti pernah tidur mangap. Pada umumnya, orang tidur mangap dalam posisi tidur sambil duduk dan kepala menghadap ke atas. Meskipun demikian, beberapa orang juga ada yang mengalami hal ini ketika dalam posisi berbaring. Kira-kira apa penyebab tidur mangap dan apakah kebiasaan tidur dengan mulut terbuka seperti ini berbahaya?

Penyebab Tidur Mangap (Belum Banyak yang Tahu)

Hal pertama yang akan kita bahas adalah penyebabnya. Ternyata orang tidur mangap bukan hanya karena posisi kepala yang menenggak. Ada beberapa penyebab yang bahkan sebenarnya jarang disadari kalau itu adalah pemicu tidur dengan mulut terbuka.

Beberapa penyebab tidur mangap yang sering dialami, namun jarang disadari adalah:

1. Hidung Tersumbat

Penyebab yang satu ini biasanya terjadi ketika kita sedang flu atau pilek. Kondisi hidung tersumbat memang membuat kita sulit bernapas dan mau tidak mau pasti harus bernapas melalui mulut agar bisa tidur. Kalau kondisinya seperti ini, maka otomatis orang akan tidur dengan mulut terbuka untuk bisa bernapas.

2. Memiliki Riwayat Alergi

Penyebab tidur mangap yang berikutnya adalah memiliki riwayat alergi, terutama yang berhubungan dengan pernapasan. Kondisi seperti ini memang tidak akan terjadi setiap hari, namun jika alergi sedang kambuh, maka saluran pernapasan pun otomatis akan terganggu. Saat ini terjadi, pastinya secara tidak sadar akan bernapas melalui mulut karena asupan udara melalui hidung tergolong tidak cukup.

3. Amandel Semakin Membesar

Saluran pernapasan yang tersumbat bisa menjadi penyebab tidur mangap. Apabila seseorang memiliki ukuran amandel yang sudah semakin membesar, ini akan menyumbat pernapasan. Kondisi ini masih bisa dikontrol, namun ketika tidur biasanya akan sangat sulit, sehingga secara tidak sadar akan tidur mangap untuk mendapatkan udara yang cukup.

Risiko dan Bahaya Tidur Mangap

Setelah mengetahui apa saja penyebab tidur mangap, kamu sebaiknya mulai waspada. Kenapa? Ternyata ada juga risiko dan bahaya tidur mangap bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang belum tahu karena menyepelekan tidur dengan mulut terbuka. Lebih jelasnya, ini dia beberapa bahaya tidur mangap yang harus diwaspadai:

1. Memicu Sesak Napas dan Asma

Seperti yang kita tahu, bernapas yang baik adalah melalui hidung. Ketika tidur mangap, maka otomatis bernapas akan dilakukan melalui mulut. Ini membuat udara yang masuk tidak disaring, sehingga bisa saja mengandung debu, kotoran, dan alergen. Ketika udara kotor masuk ke paru-paru, maka bisa menyebabkan atau memperparah asma.

2. Mendengkur atau Ngorok Saat Tidur

Banyak orang yang menganggap mendengkur sudah jadi hal yang biasa yang cukup mengganggu. Sebagai informasi tambahan, inthebox juga pernah membahas apa saja penyebab ngorok saat tidur. Mulut yang terbuka saat tidur mangap juga bisa menyebabkan mendengkur karena udara mengalir melewati lidah dan langit-langit mulut. Kedua bagian ini bisa bergetar saat terkena udara, sehingga menyebabkan ngorok.

3. Bibir Pecah-Pecah dan Bau Mulut

Bahaya tidur mangap yang berikutnya adalah bibir pecah-pecah. Ini disebabkan area di sekitar mulut menjadi kering karena adanya udara yang keluar masuk. Bukan hanya itu, udara yang tidak disaring melalui hidung pun bisa menyebabkan bau mulut karena ada bakteri yang ikut masuk. Kondisi terparah lainnya adalah bisa menyebabkan karies gigi atau keropos.

Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Mangap

Banyak orang tidur mangap yang sudah menyadari kebiasaan tidur ini dan ingin mengatasinya, namun belum mengetahui cara yang tepat. Sebenarnya, cara mengatasi tidur mangap sangatlah mudah karena hanya perlu melakukan hal-hal ini:

1. Meninggikan Posisi Kepala Saat Tidur

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah meninggikan posisi kepala dengan posisi tidur telentang. Kamu bisa menambahkan satu bantal untuk membuat kepala lebih tinggi dari biasanya, namun jangan dibuat terlalu tinggi karena bisa menyebabkan sakit leher. Gunakan juga bantal empuk, nyaman, dan memiliki tingkat ketebalan yang pas seperti bantal INTHEBOX.

2. Rutin Berolahraga

Cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap yang berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Ini bisa membantu kamu bernapas dengan lebih baik karena paru-paru dan jantung bisa lebih terlatih. Disarankan untuk memilih olahraga yoga karena jenis olahraga ini cukup baik untuk melatih bernapasan.

3. Menyembuhkan Alergi dan Amandel

Hal terakhir yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi tidur mangap tentunya adalah dengan menyembuhkan alergi atau amandel yang diderita. Seperti yang kita bahas di poin awal, kedua hal inilah yang menjadi penyebab tidur mangap. Oleh karena itu, harus disembuhkan terlebih dahulu atau setidaknya pastikan selalu sehat agar tidak kambuh.

Itu dia penjelasan singkat mengenai kebiasaan tidur mangap. Pasti akan lebih tenang dan sehat kalau bisa tidur seperti biasa, terlebih lagi kalau dilengkapi dengan kasur spring bed dan bantal INTHEBOX.