Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
Punggung Terasa Panas Saat Tidur: Penyebab & Cara Atasi
29 October 2018
punggung-panas-saat-tidur-inthebox.jpg

Ada banyak penyebab orang terbangun di malam hari, salah satunya adalah punggung panas saat tidur. Kondisi ini pastinya membuat setiap orang menjadi tidak nyaman ketika beristirahat. Sebenarnya apakah punggung panas saat tidur disebabkan posisi tidur yang salah?

Penyebab Punggung Terasa Panas Saat Tidur

Kalau kamu mengira ini disebabkan oleh posisi tidur atau kondisi kasur, ada baiknya kita bahas semua penyebab punggung panas saat tidur. percaya atau tidak, ternyata kita tak sadar kalau sering melakukan hal-hal pemicunya.

Ini dia beberapa penyebab punggung terasa panas saat tidur yang jarang disadari:

1. Banyak Pikiran Hingga Stres

Percaya atau tidak, penyebab yang pertama bisa karena terlalu banyak pikiran atau bahkan stres. Meski terlihat kokoh, faktanya otot yang ada di punggung tergolong sensitif. Perlu kamu tahu, ketika tubuh merasa stres, maka otot di tubuh akan bekerja lebih keras daripada biasanya.

Kondisi inilah yang membuat adanya peregangan otot punggung, sehingga oksigen yang dibawa melalui aliran darah pun akan berkurang. Pada akhirnya, ini yang membuat punggung panas ketika kamu tidur.

2. Posisi Duduk yang Salah

Apa hubungan antara tidur dengan posisi duduk?

Nah, kalau kamu adalah salah satu pekerja kantoran atau aktivitas hariannya memang didominasi dengan duduk, maka bisa saja punggung yang panas ketika tidur disebabkan hal ini. Ketika duduk dalam waktu lama, tak jarang posisi duduk tidak tepat. Entah karena terlalu membungkuk atau tidak lurus.

Jika hal ini disepelekan, maka lama-kelamaan bisa menyebabkan timbulnya rasa panas di punggung. Rasa panas ini bisa muncul sebelum tidur atau bahkan ketika tidur karena kondisi tulang yang tidak semestinya.

3. Posisi Tidur Terlalu Kaku

Rasa panas di punggung juga bisa disebabkan oleh posisi tidur yang kurang baik dan terlalu kaku. Salah satu contohnya, kamu sering tidur dengan posisi telentang dan tidak mengubah posisi selama tidur. Tak bisa dihindari lagi pasti ini membuat punggung terasa panas saat tidur, sehingga tak nyaman dan akhirnya terbangun di malam hari.

4. Kondisi Kasur Tidak Nyaman

Penyebab lain yang membuat punggung panas adalah kondisi kasur yang sudah tidak nyaman lagi digunakan. Permukaan kasur yang panas, tidak lembut, dan tidak empuk menimbulkan rasa tidak nyaman di punggung, termasuk rasa panas.

Cara Mengatasi Punggung Panas Saat Tidur

Setelah kita tahu apa saja penyebab panas punggung di malam hari, kini saatnya kita atasi. Sebagai langkah awal, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana. Ini dia beberapa cara mengatasi punggung panas saat tidur:

1. Tenangkan Pikiran dan Hindari Stres

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah emnenangkan pikiran dan menghindari stres. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, stres dapat menyebabkan panas di punggung karena otot tak bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu tenang dan berpikiran positif.

2. Rutin Berolahraga

Ketika punggung terasa panas saat tidur semakin sering terasa, segeralah untuk mempertimbangkan mengubah pola hidup. Cobalah untuk rutin berolahraga untuk meringankan kinerja otot dan sendi. Peregangan yang sering dilakukan dan dibarengi dengan pola hidup sehat akan membuat kamu terbebas dari panas punggung.

3. Ganti Seprai

Punggung panas saat tidur juga bisa disebabkan oleh seprai yang kasar dan menimbulkan sensasi panas. Beberapa bahan seprai yang bisa menimbulkan rasa panas adalah yang berbahan sutra atau polyester. Ada baiknya kamu memilih seprai berbahan katun agar terasa nyaman saat tidur.

4. Ganti Kasur

Cara mengatasi punggung panas saat tidur yang terakhir adalah mengganti kasur. Langkah ini bisa kamu ambil kalau ketiga cara di atas tidak ada yang mempan. Jangan ragu untuk mengganti kasur dengan yang jauh lebih nyaman, seperti spring bed INTHEBOX. Dibuat dari material premium, kasur ini memberikan kenyamanan ekstra, namun jangan khawatir karena harganya tetap murah!