Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi*

7 Posisi Tidur Saat Maag Kambuh dan Panduan Lain (Ampuh)

18 May 2020
posisi-tidur-saat-maag-kambuh-inthebox.jpg

Sakit maag kambuh di malam hari berujung susah tidur? Selain minum obat, kamu harus tahu posisi tidur saat maag kambuh agar rasa sakitnya reda dan bahkan hilang. Seperti apa posisi yang benar dan nyaman?

Posisi Tidur Saat Maag Kambuh dan Cara Hilangkan Nyerinya

Penyakit maag adalah gangguan pencernaan yang cukup menyiksa. Bukan hanya susah makan, penderitanya juga bisa susah tidur. Bayangkan saja, tubuh menjadi semakin lemas akibat kurang istirahat. Lantas, apa solusinya?

Berkut ini beberapa posisi tidur dan hal yang harus dilakukan saat maag kambuh:

1. Tidur Miring ke Kiri

Posisi tidur ke kiri bisa membantu asam lambung untuk langsung turun ke usus dua belas jari. Posisi ini juga sangat dianjurkan ketika maag kamu sedang tidak kambuh. Bukan hanya itu, tidur ke arah kiri juga bisa meredakan rasa nyeri yang timbul.

2. Jangan Tidur Miring ke Kanan

Apabila kamu tidur miring ke kanan, maka akan membuat asam lambung tertahan. Kondisi ini akhirnya akan membuat asam lambung yang tertahan jadi naik ke kerongkongan. Dikutip dari berbagai sumber, posisi tidur ini juga akan menyebabkan relaksasi otot pembatas antara lambung dan esofagus yang memicu asam lambung naik.

3. Jangan Tidur Telentang

Orang sakit umumnya akan tidur telentang, namun hal ini harus dihindari kalau kamu menderita maag. Perlu menjadi catatan bahwa jangan pernah tidur telentang ketika maag kambuh karena bisa memberikan tekanan pada perut. Posisi ini akan menekan isi lambung untuk naik ke atas.

4. Tinggikan Posisi Kepala

Mengatur posisi bantal saat tidur juga bisa membantu meredakan sakit maag. Posisikan kepala kamu lebih tinggi sekitar 15-20 cm dari permukaan tempat tidur. Ini akan membantu kamu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Coba tumpukkan beberapa bantal yang nyaman agar tidak sakit leher ketika bangun.

Baca Juga: Posisi Tidur Saat Pilek dan Flu agar Tetap Nyenyak

5. Pakai Baju Tidur yang Longgar

Bukan hanya mengatur posisi tidur saat maag kambuh, kamu juga harus memerhatikan baju tidur yang dipakai. Terlihat sederhana, namun hal ini penting. Perlu diketahui bahwa baju tidur ketat bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan sakit maag jadi lebih terasa.

6. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Jarak antara makan dan tidur yang direkomendasikan yaitu sekitar 3-4 jam. Usahakan sebisa mungkin untuk dalam keadaan duduk atau bersandar setelah kamu makan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa makanan sudah dicerna dengan baik, sehingga asam lambung tidak mungkin naik ketika kamu tidur.

7. Minum Obat Maag Sebelum Tidur

Sebelum berada dalam posisi tidur yang tepat, pastikan kamu sudah minum obat maag yang ampuh. Selain bisa meredakan dan mengobati maag yang sedang diderita, minum obat juga akan meminimalisir terbangun di malam hari akibat rasa sakit yang ditimbulkan.

Sekarang sudah tahu ‘kan sekarang harus bagaimana posisi tidur ketika maag kambuh?

Selain memerhatikan posisi tidur, tentu kamu juga harus memilih kasur yang bagus dan nyaman agar tidak terbangun di malam hari. Sebagai rekomendasinya, kamu bisa pakai spring bed INTHEBOX. Sudah banyak yang membuktikan kenyamanannya.

Kasur INTHEBOX dan bantal guling INTHEBOX bisa membantu meredakan sakit maag yang sedang kambuh. Badan menjadi Kembali segar saat bangun tidur dan siap untuk menjalani aktivitas harian. Cek pilihan produknya di sini!