Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman Sesuai Trimester
17 August 2018
posisi-tidur-ibu-hamil-inthebox.jpg

Ketika sedang hamil, tak jarang ia akan mengalami ketidaknyamanan, termasuk saat tidur. Banyak ibu hamil muda yang kesulitan mencari posisi tidur nyenyak. Perlu kamu ketahui juga kalau ternyata ada beberapa posisi tidur ibu hamil yang berbahaya bagi janin. Lalu harus bagaimana?

Hal yang paling mudah untuk memberikan kenyamanan tidur bagi ibu hamil selama 9 bulan adalah dengan mengetahui seperti apa posisi tidur saat hamil yang aman dan nyaman sesuai trimester kehamilan. Ya, ada gaya tidur yang dianjurkan setiap trimester kehamilan demi kenyamanan ibu dan keamanan janin.

Posisi Tidur Trimester 1

Pada trimester 1 kehamilan, ibu hamil muda akan sangat merasa tidak nyaman. Tubuh masih membutuhkan penyesuaian dan tentunya akan merasa gelisah ketika akan tidur. Rasa mual, kembung, dan bahkan kram tentu akan membuat posisi tidur saat hamil menjadi tidak nyaman.

Ini posisi tidur ibu hamil yang disarankan untuk trimester 1:

1. Tidur Membentuk Huruf S

Ketika kamu merasa tidak nyaman saat tidur pada trimester pertama, kamu bisa mencoba posisi tidur menyamping dengan membentuk huruf S. Buat dirimu merasa nyaman dengan posisi ini dan kamu akan lebih rileks selama tidur.

2. Tidur Miring ke Kiri

Lebih baik tidur miring ke kanan atau ke kiri?

Khusus bagi ibu hamil, sangat disarankan untuk tidur miring ke kiri karena dapat memperlancar peredaran darah. Selain itu, oksigen dan nutrisi pun akan tersalur seara maksimal ke janin. Posisi tidur saat hamil yang satu ini memang sangat disarankan untuk memaksimalkan pertumbuhan janin.

3. Menambah Bantal

Sudah mencoba dua posisi tidur ibu hamil di atas, tapi masih tidak nyaman?

Kalau begitu, kamu bisa menambahkan bantal di beberapa bagian tubuh. Coba tambahkan di bagian yang merasa tidak nyaman, seperti kepala, punggung, atau kaki.

Posisi Tidur Trimester 2

Biasanya, kalau kamu sudah masuk trimester kehamilan yang kedua, tubuh sudah merasa lebih nyaman. Ibu hamil pun sudah bisa tidur lebih nyenyak dibandingkan saat trimester pertama. Meskipun demikian, bukan berarti kamu sudah bebas memilih gaya tidur karena harus tetap memerhatikan keamanan janin.

Berikut posisi tidur ibu hamil trimester 2:

1. Tidur Miring ke Kiri

Masih sama dengan posisi tidur trimester 1, tidur miring ke kiri masih sangat disarankan pada fase kehamilan trimester kedua. Bukan hanya demi kenyamanan ibu hamil, gaya tidur ini juga bisa membuat janin mendapatkan oksigen dan nutrisi yang lebih maksimal.

2. Jangan Tidur Telentang

Bagi beberapa orang, tidur telentang memang memberikan kenyamanan. Sayangnya, posisi tidur saat hamil dengan telentang sangat dilarang bagi yang sudah memasuki trimester kedua. Posisi ini akan lebih berbahaya bagi ibu karena janin yang mulai membesar bisa menghimpit punggung, sehingga kamu akan merasa pegal dan lebih cepat lelah.

Posisi Tidur Trimester 3

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil akan merasakan masalah tidur yang lebih kuat. Ukuran janin yang semakin membesar dan rasa cemas akan kelahiran membuat semua posisi tidur saat hamil menjadi tidak nyaman. Umumnya, gangguan tidur yang dialami ibu hamil trimester ketiga adalah kram tangan dan kaki, sesak nafas, sakit punggung, dan sering mulas.

Meskipun demikian, ini posisi tidur ibu hamil trimester 3 yang paling nyaman:

Posisi Tidur Miring ke Kiri

Ya, lagi-lagi gaya tidur yang satu ini diandalkan di trimester ketiga kehamilan. Manfaat tidur miring ke kiri bagi ibu hamil masih sama, yaitu membeikan oksigen dan nutrisi secara maksimal kepada janin. Bukan hanya itu, posisi ini juga akan membantu ibu terbebas dari nyeri punggung.

Nah, itu dia berbagai posisi tidur ibu hamil yang nyaman berdasarkan trimester kehamilan. Para calon ibu juga bisa memaksimalkan kenyamanan tidur dengan memilih kasur yang nyaman, berkualitas, dan mampu menopang tubuh dengan baik selama tidur.

Kalau kamu sedang mencari kasur untuk ibu hamil, jatuhkan saja pilihan pada kasur InTheBox!