Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
posisi-tidur-agar-bayi-tidak-sungsang-inthebox.jpg

5 Posisi Tidur agar Bayi Tidak Sungsang (Nyaman)

15 October 2019

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar posisi tidur ibu hamil menjadi lebih nyaman. Salah satu yang harus diperhatikan yaitu posisi tidur agar bayi tidak sungsang. Kira-kira posisi yang paling tepat seperti apa?

Posisi Tidur agar Bayi Tidak Sungsang

Posisi tidur saat hamil tidak boleh sembarangan. Berikut ini posisi tidur agar bayi tidak sungsang yang tetap nyaman bagi ibu hamil:

1. Posisi Tidur Telentang

Posisi pertama yang disarankan yaitu tidur telentang. Tambahkan bantal di bagian pinggul untuk membuat posisi perut menjadi lebih tinggi. Lakukan cara ini sekitar 15 menit sebelum tidur dan usahakan untuk melakukannya 3 kali sehari.

Perlu menjadi catatan kalau posisi tidur telentang tidak disarankan untuk dilakukan saat usia kandungan memasuki trimester kedua, terutama sudah bulan kelima. Kenapa? Alasannya, tekann pembuluh darah besar bisa meningkat, sehingga bisa menghambat peredaran darah ke janin.

2. Tidur Nungging

Terbayang seperti apa? Sebenarnya posisi ini dilakukan sekitar 15-30 menit sebelum tidur. Kalau kamu mau melakukan ini, pastikan selalu didampingi untuk membantu melakukan gerakannya. Kamu hanya perlu memosisikan dada ke arah lantai dengan lutut bertumpu. Simpan bantal tipis di bagian bawah dada. Minta pasangan kamu untuk menopang badanmu menggunakan kain.

3. Tidur Menyamping ke Kiri

Posisi tidur ibu hamil yang nyaman yaitu menyamping ke kiri dan ini disarankan oleh para ahli. Tujuannya adalah untuk memperlancar sirkulasi darah menuju jantung, ginjal, Rahim, dan janin. Selain itu, posisi lambung juga tepat karena tidak akan menekan organ hati.

4. Menekuk Lulut Sampai Dada

Khusus posisi yang satu ini bisa kamu lakukan sambil tidur atau duduk sesuai kenyamanan. Caranya mudah, yaitu hanya perlu menekuk lutut ke arah dada dan menahannya menggunakan tangan. Jangan terlalu dipaksakan, kamu hanya perlu menekuk semampunya dan jangan sampai emmbuat bagian perut terasa sakit.

5. Tidur Miring ke Atas

Cara mencoba posisi tidur ini yaitu dengan tidur telentang. Posisikan kaki lebih tinggi hingga pinggul terangkat. Kamu bisa menyangganya menggunakan bantal yang nyaman. Pastikan posisi leher pun tetap rileks. Perlu diperhatikan bahwa cara ini jangan dilakukan setiap hari, cukup lakukan seminggu sekali. Jika ingin sering, cukup lakukan sekitar 15 menit sebelum tidur.

Itu dia berbagai posisi tidur agar bayi tidak sungsang. Banyak calon ibu mengeluhkan susah tidur saat hamil karena tidak nyaman. Hal ini tidak akan kamu alami kalau menggunakan Kasur INTHEBOX yang merupakan spring bed berkualitas. Cek pilihan produknya di sini!

ARTIKEL LAINNYA

jarak-tidur-setelah-makan-inthebox.jpg
20 January 2019
Berapa jarak waktu tidur setelah makan yang paling ideal dan aman untuk tubuh? Ternyata, jarak tidur setelah makan adalah 2 – 3 jam. Terlihat sepele, ternyata ada banyak efek dan bahaya bagi tubuh jika kebiasaan ini diabaikan. Ketahui juga cara menyiasatinya! Selengkapnya
cara-menghilangkan-dengkuran-inthebox.jpg
24 August 2018
Ngorok atau mendengkur bisa dikatakan sebagai kebiasaan tidur yang tak disadari dan sulit dikontrol. Kebiasaan ini cukup mengganggu dan bahkan membuat malu, apalagi ketika kita tidur dengan orang lain. Sebenarnya, apa sih penyebab ngorok? Selengkapnya
penyebab-ketindihan-inthebox.jpg
6 September 2018
Pernah mendengar atau mengalami ketindihan? Secara ilmiah, ketindihan adalah sleep paralys yang merupakan gangguan tidur. Bukan disebabkan gangguan makhluk halus, lalu apa penyebab ketindihan? Temukan juga cara mengatasinya dalam artikel ini! Selengkapnya
CS1