10 Penyebab Tidur Tidak Nyenyak dan Sering Terbangun
14 February 2019
penyebab-tidur-tidak-nyenyak-inthebox.jpg

Sering terbangun di malam hari tentu sangat mengganggu waktu tidur. Tubuh juga tidak akan merasa segar saat bangun pagi dan cenderung lemas. Kalau sudah begini, kamu harus tahu apa saja penyebab tidur tidak nyenyak agar bisa segera diatasi. Sayangnya, banyak yang tidak sadar penyebabnya, lho!

Penyebab Tidur Tidak Nyenyak dan Sering Bangun Malam

1. Menonton Tv atau Film

Menonton tv atau film sambil tiduran di kasur memang menjadi kegiatan yang menyenangkan dan disukai banyak orang. Banyak yang menganggap hal ini sebagai salah satu cara membuat tubuh rileks. Kebiasaan ini bisa membuat tidur tidak nyenyak karena bisa saja kamu tertidur saat menonton dan terbangun di malam hari karena terganggu oleh suaranya.

2. Banyak Pikiran atau Stres

Penyebab tidur tidak nyenyak disebabkan oleh banyak pikiran atau stres nampaknya banyak dialami. Ketika seseorang sedang memikirkan sesuatu yang rumit atau stres, tidak jarang akan mengalami gangguan tidur. Biasanya memang akan susah tidur dan meskipun bisa tidur pun akan terbangun beberapa kali di malam hari.

3. Suhu Kamar Terlalu Panas

Suhu kamar tidur yang terllu panas juga bisa menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak. Jika kedinginan, maka kita akan dengan mudah menggunakan selimut. Sayangnya, jika kepanasan maka seringkali akan terbangun di malam hari, Kalau sudah sekali terbangun, maka bukan tidak mungkin akan terbangun lagi, terlebih jika suhu panas tidak bisa dikurangi.

4. Tidur Siang Terlalu Lama

Ada banyak manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh, namun jika waktu tidur siang terlalu lama, maka akan merugikan. Kamu akan berisiko mengalami susah tidur di malam hari atau mudah terbangun setiap beberapa jam. Oleh karena itu, perhatikan waktu tidur dengan baik.

5. Lingkungan Terlalu Berisik

Kalau kamu tinggal di lingkungan padat penduduk atau di kos-kosan, maka faktor lingkungan yang berisik bisa menjadi salah satu penyebab tidur tidak nyenyak di malam hari. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, seperti kendaraan yang masih lalu-lalang pada malam hari atau mungkin ada acara di sekitar lingkungan.

6. Merasa Kesepian

Apa hubungan penyebab tidur tidak nyenyak dengan kesepian?

Kamu mungkin akan bertanya-tanya, tapi faktanya ada penelitan yang membahas hal ini. Pada penelitian tersebut, terungkap bahwa seseorang yang kesepian akan kesulitan memiliki tidur berkualitas. Ternyata, kualitas tidur dipengaruhi oleh kesehatan, faktor psikologis, dan juga social.

7. Bekerja di Tempat Tidur

Membawa pekerjaan kantor ke rumah adalah salah satu ide buruk karena bisa mengacaukan jam tidur. Jika tidak ada pilihan lain, kebiasaan ini pun akhirnya dilakukan dan tidak jarang seseorang bekerja di atas tempat tidur atau kasur. Ada baiknya kamu mengerjakannya di ruangan lain. Kenapa? Tidak jarang ketika bekerja di kasur, kita akan memutuskan untuk berbaring atau tidur sebentar dan melanjutkannya di malam hari.

8. Kurang Berolahraga

Penyebab tidur tidak nyenyak juga bisa karena kurang olahraga. Ada banyak penelitian yang mengungkapkan kalau seseorang yang rutin berolahraga akan memiliki tidur berkualitas. Mulai sekarang, lakukanlah olahraga rutin minimal 20 menit setiap hari atau setiap 2 hari sekali. Metabolisme tubuh yang baik akan membuat kamu bisa tidur nyenyak.

9. Tidur Bersama Hewan Peliharaan

Pemilik hewan peliharaan seperti kucing dan anjing seringkali mengajak hewan kesayangannya untuk tidur bersama. Kalau kamu punya kebiasaan serupa, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Ada studi yang dilakukan pada tahun 2002 dan menunjukkan fakta bahwa 53 persen orang yang tidur bersama hewan peliharaan akan mengalami gangguan tidur. Bukan hanya itu, tidur bersama hewan peliharaan juga bisa berisiko tertular penyakit.

10. Kasur Tidak Nyaman

Tidur adalah kegiatan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Oleh karena itu, dibutuhkan kasur yang nyaman. Penyebab tidur tidak nyenyak yang terakhir biasanya karena penggunaan kasur yang tidak nyaman. Hal ini dapat dengan mudah diatasi, yaitu cukup mengganti kasur lama dengan kasur berkualitas.

Salah satu merk kasur berkualitas dengan harga terjangkau adalah spring bed INTHEBOX. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena mengusung konsep kasur modern. Teknologi yang digunakan pun mampu menopang tubuh dengan baik.