Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
7 Penyebab Tidur Berjalan dan Cara Mengatasinya
20 December 2018
penyakit-tidur-sambil-berjalan-inthebox.jpg

Sesuai dengan namanya, sleepwalking atau istilah tidur berjalan adalah kondisi di mana seseorang tidur sambil berjalan dan hal ini biasanya tidak disadari. Kejadiannya sendiri biasanya dialami saat malam hari. Kira-kira apa penyebab tidur berjalan dan bagaimana cara mengatasinya? Baca ulasan dari inthebox berikut ini!

Penyebab Tidur Berjalan (Sleepwalking)

Pertama-tama, kita bahas dulu mengenai apa saja penyebab penyakit tidur sambil berjalan. Bukan tanpa alasan, terlebih lagi karena adanya gangguan ‘setan’. Faktaya penyebab tidur berjalan bisa terjadi karena:

1. Kurang Tidur

Penyebab sleepwalking yang pertama adalah kurang tidur atau insomnia kronis. Tentu saja kalau kamu baru mengalami kurang tidur beberapa kali, kemungkinan untuk mengalami tidur sambil jalan akan sangat kecil.

2. Faktor Keturunan atau Genetik

Penyebab tidur berjalan yang selanjutnya ada juga pegaruh dari faktor keturunan atau genetik. Jadi, kalau salah satu keluarga ada yang pernah mengalami sleepwalking, maka kemungkinan mengalami hal yang sama tentu lebih tinggi.

3. Kecanduan Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa membuat tubuh tak sadarkan diri, namun bukan berarti kamu beristirahat total. Jika kondisi kecanduannya sudah sangat kronis, ternyata malah bisa menyebabkan gangguan tidur sambil berjalan.

4. Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan yang dimaksud di sini adalah penyakit asma dan sleep apnea yang mana membuat pemderitanya berhenti bernapas beberapa saat ketika tidur. Sebuah sumber menyebutkan kalau kedua kondisi ini bisa jadi pemicu tidur berjalan.

5. Stres Kronis

Stres tentunya berhubungan dengan kondisi mental seseorang yang tidak stabil. Sebenarnya ada banyak gangguan tidur yang disebabkan oleh stres kronis, seperti mengigau, terbangun di malam hari, hingga penyakit tidur berjalan.

6. Mengonsumsi Obat-Obatan

Istilah tidur sambil berjalan juga nampaknya bukanlah sesuatu yang asing bagi seseorang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat-obatan yang dimaksud adalah stimulan, antihistamin, dan neuroleptik. Biasanya ini terjadi karena merupakan efek samping jangka panjang.

7. Masalah Organ Jantung

Penyebab tidur berjalan yang terakhir adalah mengalami masalah organ jantung. Fakta ini tercantum di berbagai sumber, namun hingga saat ini belum ada penelitian yang berkaitan dengan hal ini.

Cara Mengatasi Penyakit Tidur Berjalan

Setelah mengetahui apa saja penyebab tidur berjalan, tentu kondisi ini tidak bisa disepelekan. Kamu harus segera mengatasinya dan jika belum pernah mengalami, maka ada baiknya hindari beragam penyebab yang sudah disebutkan di atas.

Inilah beberapa cara mencegah dan cara mengatasi tidur berjalan yang mudah dan ampuh:

1. Tidur Cukup dan Berkualitas

Seperti yang sudah dibahas di poin atas, kurang tidur bisa menyebabkan sleepwalking. Melihat hal tersebut, amak kamu harus mencukupi kebutuhan tidur dan istirahat harian yang berkisar antara 6 – 8 jam per hari. Bukan asal tidur, tapi kamu juga harus emmastikan tidur berkualitas. Salah satu kriterianya yaitu tidak terbangun di malam hari dan merasa segar saat bangun tidur.

2. Kurangi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Kualitas tidur kamu akan sangat terganggu jika terlalu banyak mengonsumsi kafein atau minuman beralkohol. Ciri-ciri awal kualitas tidur terganggu karena kafein atau alkohol yaitu sering mengigau dan lebih lanjutnya bisa sampai mengalami kondisi tidur berjalan.

3. Hindari Stres dan Pikiran Negatif

Kalau kamu tidak ingin mengalami kejadian berjalan saat tidur, maka mulailah untuk menenangkan pikiran. Hindari pikiran-pikiran negatif agar tubuh bisa lebih rileks saat beristirahat di malam hari. Hal ini memang sulit dikontrol, namun tetap bisa diatasi secara bertahap.

Itu dia bahasan singkat mengenai istilah tidur sambil berjalan, mulai dari penyebab hingga bagaimana cara mengatasinya. Tingkatkan kualitas tidur dengan memakai spring bed INTHEBOX agar tidur kamu lebih nyenyak dan nyaman, sehingga bisa terhindar dari gangguan tidur seperti ini.