Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
7 Penyebab Terbangun Tengah Malam, Apa Saja?
2 September 2018
penyebab-sering-terbangun-tengah-malam-inthebox.jpg

Kamu salah seorang yang sering terbangun tengah malam? Kalau ya, kamu harus waspada karena ada beberapa hal yang menujukkan hal berbahaya. Lebih jelasnya, kita akan bahas mengenai penyebab terbangun tengah malam dalam artikel kali ini.

Langsung saja, ini dia penyebab terbangun tengah malam saat tidur nyenyak:

1. Stres atau Banyak Pikiran

Kalau sering terbangun tengah malam, kamu mungkin sedang banyak pikiran atau stres. Pikiran yang dimaksud tentu saja adalah pikira yang cukup membebani, seperti ada masalah mengenai tugas, pekerjaan kantor, atau bahkan masalah personal dengan keluarga maupun orang tercinta.

Stres ini pada akhirnya akan menimbulkan rasa cemas dan berujung susah tidur dan bahkan insomnia. Hal ini tak bisa disepelekan karena berbagai penelitian menunjukkan bahwa insomnia adalah salah satu gejala depresi

2. Terlalu Banyak Minum Kopi

Bukan hanya menyebabkan susah tidur, terkadang kamu juga bisa tidur dengan mudah meski banyak minum kopi. Sayangnya, kebanyakan orang yang minum kopi di sore hari atau menjelang tidur jai lebih sering terbangun tengah malam.

Pasalnya, kandungan kafein yang cukup tinggi pada kopi bisa memicu penyebab terbangun tengah malam karena memblokir sistem kerja hormon tidur dan bahkan meningkatkan produksi adrenalin. Jadi, sebisa mungkin kurangi konsumsi kopi di sore hari.

3. Gangguan Pencernaan

Selanjutnya, penyebab terbangun tengah malam juga bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan. Selain karena penyakit, gangguan pencernaan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan makan yang terlalu banyak menjelang tidur. Sebisa mungkin hindari makan sebelum tidur dan disarankan terakhir makan berat adalah 3-4 jam sebelum tidur.

4. Mendengkur

Mendengkur atau ngorok saat tidur bukan hanya bisa mengganggu orang lain yang sedang tidur di dekatmu, melainkan juga bisa mengganggu diri sendiri. Kalau kamu sering terbangun tengah malam karena mendengkur, segeralah konsultasikan ke dokter atau coba kurangi berat badan.

5. Terlalu Banyak Minum Sebelum Tidur

Minum sebelum tidur bisa dikatakan sudah menjadi “ritual” bagi sebagian besar orang. Kamu salah satunya? Sebenarnya hal ini tidak salah, asalkan air yang diminum tidak terlalu banyak dan usahakan terakhir minum adalah 30 menit sebelum tidur.

Minum air yang terlalu banyak menjelang tidur bisa menjadi penyebab terbangun tengah malam. Otomatis kamu bisa sering bangun tengah malam karena ingin buang air kecil. Berbeda halnya kalau minum sebelum tidur memang sudah dibatasi.

6. Terlalu Lelah

Badan yang terlalu lelah juga bisa jadi penyebab terbangun tengah malam. Ya, kamu harus bisa bedakan antara lelah dan mengantuk. Ketika benar-benar mengantuk, maka kemungkinan besar tubuh pun akan istirahat dengan baik.

Nah, ketika kamu lelah pastinya sangat ingin berbaring di kasur dan bahkan bisa dengan cepat tertidur. Kondisi seperti inilah yang memicu sering terbangun tengah malam karena bisa saja tubuh merasa sudah tidak lelah.

7. Kasur atau Bantal Tidak Nyaman

Penyebab terbangun tengah malam yang terakhir adalah kondisi kasur atau bantal yang tidak nyaman. Meski kamu merasa keduanya masih layak dipakai, namun belum tentu tubuh kamu merasakan yang sama. Kalau kamu tak merasa melakukan salah satu poin yang ada di atas, bisa dipastikan bahwa penyebab sering bangun malam hari adalah kondisi peralatan tidur yang harus diganti.

Kalau kamu berencana mengganti perlengkapan tidur, coba jatuhkan pilihan pada InTheBox. Kasur spring bed InTheBox dan bantal InTheBox sudah dipastikan mampu memberikan kenyamanan maksimal dan kualitas tidur kamu pun akan terjamin.