Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*

12 Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya (Lengkap)

11 September 2019
penyebab-susah-tidur-inthebox.jpg

Pernahkah bertanya-tanya kenapa susah tidur? Ternyata ada banyak penyebab susah tidur yang jarang disadari. beberapa di antaranya bahkan adalah hal sepele. Segera ketahui untuk bisa diatasi dengan tepat dan kamu bisa tidur nyenyak!

Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasi dengan Mudah

Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang cukup, namun terkadang kita kesulitan untuk memenuhi waktu tidur yang cukup. Berikut ini penyebab susah tidur yang sering dialami tapi jarang disadari:

1. Terlalu Banyak Makan Malam

Kalau kamu tidak bisa tidur malam, coba ingat-ingat sebanyak apa porsi makan malam kamu. Efek terlalu banyak makan sebelum tidur bisa membuat kamu susah terlelap. Hal ini disebabkan oleh terganggunya sistem pencernaan. Tentu cara mudah mengatasinya adalah membatasi porsi makan malam atau memberi jeda waktu yang cukup lama.

2. Kamar Tidur Terlalu Terang

Tahukah kamu? Manfaat mematikan lampu saat tidur bisa membuat semua organ tubuh istirahat dengan maksimal. Lalu bagaimana jika tidak berani tidur dengan lampu mati? Mudah saja, kamu bisa menggunakan lampu redup atau menggunakan penutup mata tidur.

3. Baju Tidur Tidak Nyaman

Alasan tidak bisa tidur juga bisa dipicu oleh pemilihan baju tidur yang tidak nyaman. Pastikan kamu memilih baju tidur yang menyerap keringat, tidak gerah, dan nyaman digunakan untuk bergerak. Ini juga bisa membantu mencegah kamu terbangun saat malam hari.

4. Makan Pedas Sebelum Tidur

Makanan pedas bisa jadi penyebab kenapa susah tidur. Kenapa? Konsumsi makanan pedas menjelang waktu tidur bisa meningkatkan suhu tubuh, padahal seharusnya suhu tubuh saat malam hari itu turun agar bisa tidur nyenyak.

5. Makan Makanan Manis

Bukan hanya makanan pedas, kamu juga harus menghindari konsumsi makanan manis sebelum tidur. Kebiasaan yang satu ini bisa membuat gula darah naik. Kalau ini terjadi, maka kamu akan merasa kehausan dan banyak minum hingga pada akhirnya kamu jadi sering buang air kecil.

6. Mengonsumsi Kafein, Nikotin, dan Alkohol

Ketiga kandungan ini termasuk yang harus kamu hindari beberapa jam sebelum tidur. Seperti yang kita tahu, efek samping kafein mampu membuat tubuh terjaga dan sering buang air kecil. Dampak serupa juga dihasilkan nikotin dan alkohol.

7. Kamar Tidur Terlalu Sunyi

Beberapa di antara kamu mungkin merasa heran karena umumnya kita memang butuh suasana sepi menjelang tidur. Ada baiknya suasana kamar tidur tidak terlalu sepi karena secara tidak sadar, kita malah akan fokus terhadap suara kecil di lingkungan sekitar.

8. Kurang Olahraga

Kalau kamu sudah melakukan berbagai cara, namun tetap susah tidur, maka bisa jadi disebabkan oleh kurang olahraga. Apa hubungannya? Ketika tubuh kurang bergerak atau olahraga, maka peredaran darah jai tidak lancer. Meskipun demikian, hindari olahraga 3 jam sebelum tidur karena bisa memicu insomnia.

9. Dekat dengan Gadget

Penyebab susah tidur yang satu ini dialami oleh banyak orang. Tidak jarang seseorang bersantai di atas Kasur sambil menonton tv atau bermain smartphone. Kalau kamu juga seperti ini, maka jauhkan dan batasi penggunaan gadget sebelum tidur.

10. Banyak Pikiran dan Emosional

Bisa dibilang faktor sulit tidur yang satu ini sangat berpengaruh. Ketika kamu sedang memikirkan sesuatu entah itu hal yang menyedihkan atau terlalu bahagia, maka bisa saja kamu jadi tidak bisa tidur. Banyak yang kesulitan menghindarinya, namun sebisa mungkin cobalah untuk mengontrol emosi diri.

11. Bantal Guling Lama Tidak Diganti

Sudah berapa lama kamu tidak mengganti bantal guling? Konisi bantal guling yang sudah tidak nyaman bisa membuat kamu tidak bisa tidur. Sangat disarankan untuk mengganti bantal guling setiap 5 tahun. Kamu juga bisa pilih bantal INTHEBOX dan guling INTHEBOX yang dirancang khusus sesuai kebutuhan tidur kamu.

12. Kasur Tidak Nyaman

Penyebab susah tidur karena kasur tidak nyaman banyak dialami, namun sering disepelekan. Faktanya, jika ini dibiarkan malah akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Segera pilih kasur yang nyaman dan berkualitas seperti kasur INTHEBOX. Didesain dengan kualitas modern, harga spring bed INTHEBOX sangat terjangkau. Cek pilihan kasurnya di sini!