Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur, Jangan Diabaikan!
27 August 2018
sakit-kepala-setelah-bangun-tidur-inthebox.jpg

Pernah mengalami pusing setelah bangun tidur? Kalau dirasakan sesekali nampaknya masih tidak apa-apa, tapi kalau sudah sering pasti akan sangat mengganggu. Bangun tidur pagi pun jadi tidak segar dan tidak bisa langsung melakukan kegiatan. Sebenarnya, apa penyebab pusing saat bangun tidur?

Ada banyak faktor yang menyebabkan bangun tidur kepala pusing, mulai dari kurang tidur hingga tanda berbagai masalah kesehatan. Kalau kamu sering mengalami hal ini, jangan pernah disepelekan karena bisa berbahay untuk tubuhmu!

Ini penyebab pusing saat bangun tidur:

1. Tekanan Darah Rendah

Perlu kamu tahu kalau tekanan darah akan selalu berbeda-beda ketika berdiri, duduk, dan tidur. Biasanya, seseorang akan merasa pusing setelah bangun tidur jika tiba-tiba langsung bangun dan berdiri. Kondisi ini membuat tekanan darah di tubuh kamu langsung turun drastis atau dikenal juga dengan hipotensi ortostatik.

Selain bangun tiba-tiba, penyebab pusing saat bangun tidur juga bisa menandakan kadar gula darah di tubuh kamu sangat rendah. Ini juga bisa menjadi pertanda kalau kamu terkena diabetes dan sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kalau sering mengalami ini.

2. Dehidrasi

Ketika tidur, asupan cairan tubuh menjadi sangat berkurang. Oleh karena itu, bisa saja kita mengalami pusing setelah bangun tidur di pagi hari. Hal ini juga bisa semakin dipicu oleh konsumsi minuman beralkohol sebelum tidur.

Nah, solusi dari penyebab pusing selama tidur yang satu ini adalah dengan memenuhi asupan cairan harian. Perbanyaklah minum air mineral setiap hari, apalagi kalau kamu adalah seseorang yang mudah berkeringat atau seorang pekerja aktif. Jangan lupa juga untuk biasakan minum sebelum tidur.

3. Gangguan Apnea Tidur

Apa itu apnea tidur? Apnea tidur adalah kondisi napas terhenti sejenak ketika tidur. Ini membuat kadar oksigen dalam tubuh seseorang ada pada titik terendahnya. Penyebabnya sendiri yaitu karena jaringan tenggorokan tidak berfungsi, sehingga jalur pernapasan pun terhalangi.

Meski kondisi oksigen dalam tubuh ada di titik terendahnya saat kamu tidur, ini bisa memicu penyebab pusing saat bangun tidur. Secara tidak langsung, tubuh kamu tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, sehingga membuat kamu pusing dan sakit kepala.

4. Salah Bantal

Penyebab pusing saat bangun tidur yang berikutnya adalah salah bantal. Ada banyak faktor penyebab salah bantal, yaitu salah satunya kamu memilih bantak yang salah. Pemilihan bantal yang salah dapat dipastikan akan membuat kamu pusing setelah bangun tidur. Ini disebabkan adanya tegang otot di sekitar leher.

Bantal yang terlalu keras dan tinggi bisa membuat otot leher tidak rileks dan menjadi kaku semalaman. Inilah yang membuat kamu pusing. Pilih bantal yang nyaman seperti bantal InTheBox agar kamu tidak merasakan bangun tidur kepala pusing.

5. Kurang Tidur

Terakhir, penyebab pusing saat bangun tidur juga bisa karena kurang tidur. Bukan hanya pusing, kamu juga akan merasa sangat lemas ketika membuka mata. Jangan sepelekan hal ini karena kurang tidur malam tidak bisa digantikan oleh tidur siang.

Kamu bisa lho terhindar dari pusing setelah bangun tidur. Caranya? Cukup gunakan kasur yang nyaman agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas seperti spring bed InTheBox. Kasur yang satu ini memang dirancang sedemikian rupa sebagai solusi dari masalah tidur.

Apabila dilihat di atas, beberapa penyebab pusing saat bangun tidur bisa diatasi dengan mudah. Pada intinya, hal ini bisa diatasi dengan cara mengubah kebiasaan sederhana atau bahkan mengganti kasur dan bantal kesayangan kamu.