Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
cara-menghilangkan-dengkuran-inthebox.jpg

7 Penyebab Ngorok dan Cara Menghilangkan yang Efektif

24 August 2018

Ngorok atau mendengkur bisa dikatakan sebagai kebiasaan tidur yang tak disadari dan sulit dikontrol. Kebiasaan ini cukup mengganggu dan bahkan membuat malu, apalagi ketika kita tidur dengan orang lain. Sebenarnya, apa sih penyebab ngorok?

Sebelum kita bahas lebih lanjut, InTheBox sudah merangkum dari berbagai sumber bahwa lebih banyak pria yang mendengkur jika dibandingkan dengan wanita. Perbandinganya pun cukup jauh, yaitu 80% berbanding 20%. Ini disebabkan oleh tenggorokan yang dimiliki pria lebih sempit.

Lebih jelasnya, ini penyebab ngorok yang jarang disadari:

1. Berat Badan Berlebih

Kalau kamu merasa punya berat badan berlebih, maka jangan heran kalau kamu mendengkur saat tidur. Apa korelasinya? Adanya jarinagn lemak berlebih di sekitar leher akan menekan saluran tenggorokan, sehingga menyebabkan dengkuran. Satu-satunya cara menghilangkan ngorok adalah dengan rutin berolahraga untuk menurunkan berat badan.

2. Usia yang Semakin Tua

Faktor usia memang tak bisa dihindari lagi sebagai penyebab tidur ngorok. Usia yang semakin tua akan meenurunkan massa otot di tenggorokan dan bahkan membuat tenggorokan menyempit. Meski hal ini tak bisa dihindari, kamu bisa mencegahnya sejak dini dengan mengubah pola tidur, gaya hidup, dan bahkan melakukan senam tenggorokan.

3. Posisi Tidur Telentang

Penyebab ngorok yang berikutnya ternyata dipengaruhi oleh posisi tidur. Gaya tidur telentang terbukti mampu memicu mendengkur. Ini disebabkan oleh otot di sekitar tenggorokan tidak merasa rileks. Cara menghilangkan dengkuran tentunya dengan mengubah posisi tidur, yaitu miring ke kanan atau ke kiri.

4. Punya Masalah Pernapasan

Ketika pernapasan melalui hidung terganggu, maka ngorok tak bisa dihindari lagi. Biasanya, ini dipicu oleh kondisi tubuh yang tidak fit, seperti hidung tersumbat saat flu atau bahkan polip. Kondisi ini membuat penderitanya harus bernapas melalui mulut dan bukan tidak mungkin jadi penyebab ngorok. Solusinya, kamu bisa coba mandi air hangat sebelum tidur.

5. Gangguan Tenggorokan

Bukan hanya gangguan pernapasan pada hidung, penyebab tidur ngorok juga bisa disebabkan oleh gangguan tenggorokan, seperti kelenjar amandel yang membesar. Adanya jaringan yang membesar di tenggorokan dapat memicu timbulnya dengkuran. Tak ada yang bisa dilakukan selain menunggu untuk sembuh.

6. Faktor Genetika

Maksud dari faktor genetika di sini bukan berarti penyebab ngorok adalah keturunan. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, pria memiliki saluran pernapasan yang lebih sempit, sehingga lebih mudah ngorok. Bukan hanya itu, kelainan genetika fisik di sekitar tenggorokan pun bisa jadi pemicunya. Kondisi seperti ini tak bisa dihindari, namun bisa disiasati dengan mengubah gaya hidup.

7. Gaya Hidup Tidak Sehat

Kalau kamu sering merokok atau mengonsumsi alkohol, maka tidur ngorok bukanlah sesuatu yang aneh. Bukan hanya itu, mengonsumsi obat penenang juga nyatanya bisa jadi penyebab tidur ngorok karena otot di sekitar tenggorokan jadi terlalu lemas. Cara menghilangkan dengkuran yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah pola hidup jadi lebih sehat dan perbanyak bergerak.

Nah, itu dia berbagai penyebab ngorok saat tidur beserta cara menghilankan ngorok yang bisa kamu terapkan. Pada intinya, ubah pola hidup agar tidur bebas dari mendengkur dan tidak mengganggu orang di sekitar.

Kalau kamu tidur dengan orang yang sering mendengkur dan sulit disembuhkan, bisa menyiasatinya dengan memilih kasur dan bantal yang sangat nyaman seperti produk InTheBox. Dengan demikian, tidurmu akan tetap nyaman meski sedikit terganggu oleh suara dengkuran.

ARTIKEL LAINNYA

Tips Membuat Video Unboxing Your Bed di Dalam Ruangan
3 May 2018
Kalau kamu juga termasuk vlogger kekinian, manfaatkan juga skill yang ada untuk mengikuti kompetisi vlog berhadiah menarik. Salah satunya adalah tantangan Unboxing Your Bed dari InTheBox. Selengkapnya
13 Tips Memilih Kasur Bayi yang Bagus, Aman, Nyaman (Lengkap)
6 February 2020
Cara memilih kasur bayi yang bagus dan aman ini wajib diketahui orang tua. Tempat tidur bayi yang nyaman bisa membuat anak tidak rewel dan tidur nyenyak semalaman. Apa saja tipsnya? Selengkapnya
Ukuran Kasur No 1: Spring Bed King Size yang Sangat Besar
19 January 2019
Banyak orang yang tahu istilah dari ukuran kasur single, queen, dan king, namun ada yang masih bingung untuk membedakan ukuran kasur no 1 dengan ukuran kasur no 2. Terlihat sederhana, hal ini penting untuk menentukan ukuran sprei yang pas. Selengkapnya
CS1