Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
penyebab-mimisan-pada-anak-saat-tidur-inthebox.jpg

7 Penyebab Mimisan Pada Anak Saat Tidur, Wajib Waspada!

21 January 2019

Kondisi tubuh anak bisa dikatakan masih lemah jika dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga mudah sakit. Pernah tahu penyebab mimisan pada anak saat tidur? Pada kondisi tertentu, mimisan saat tidur adalah hal yang sangat mungkin terjadi.

Penyebab Mimisan Pada Anak Saat Tidur yang Perlu Diwaspadai

Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung dengan jumlah yang tidak terlalu banyak dan umumnya tidak bisa diprediks. Biasanya hal ini menandakan kondisi tubuh seseorang, termasuk anak-anak. Ini beberapa penyebab mimisan pada anak saat tidur:

1. Cuaca Sedang Panas

Cuaca da suhu kaamr tidur yang panas juga bisa menyebabkan mimisan pada anak. Hal ini terjadi karena pembuluh kapiler pecah. Oleh karena itu, kasus mimisan saat tidur umumnya lebih banyak diderita oleh anak yang tinggal di kawasan panas. Solusinya, bisa gunakan AC untuk mengatur suhu ruangan dan juga pastikan permukaan kasur tidak panas.

2. Suhu Terlalu Dingin

Berkebalikan dengan poin sebelumnya, faktanya udara atau suhu yang terlalu dingin juga bisa jadi penyebab mimisan pada anak saat tidur. Penyebabnya masih sama, yaitu pembuluh kapiler pada bagian dalam hidung yang pecah. Jadi, jangan pakai AC terlalu dingin di kamar anak dan pastikan anak tidur menggunakan pakaian tebal dan selimut.

3. Hidung Anak Sangat Kering

Pembuluh kapiler yang ada di dalam hidung sangat sensitif. Jika bagian dalam hidung tiba-tiba sangat kering, maka besar kemungkinan pembuluh kapiler menjadi pecah hingga akhirnya keluar darah dan mimisan Jika ini terjadi, maka mimisan pada anak akan disertai rasa sakit. Oleh karena itu, cara untuk menghindari penyebab mimisan pada anak saat tidur adalah dengan memastikan suhu kamar menjadi lembap.

4. Anak Terkena Infeksi

Kekebalan tubuh atau sistem imun anak yang masih lemah sangat memungkinkan untuk terkena infeksi. Jika infeksi menyerang hidung atau sistem pernapasan, maka bukan tidak mungkin akan mengalami mimisan. Jika mimisan pada anak terjadi malam hari atau saat sedang tidur dengan insensitas yang sering, maka segeralah periksakan ke dokter.

5. Anak Alergi Disertai Asma

Bukan hanya infeksi, penyebab mimisan pada anak saat tidur juga bisa karena alergi yang disertai asma. Cara aman untuk bisa menghindarinya adalah hindari untuk menggunakan selimut berbulu dan juga menyimpan boneka berbulu di kasur. Pastikan juga kamar tidur selalu bersih dan bebas dari debu.

6. Menderita Gangguan Penggumpalan Darah

Apabila kondisi mimisan pada anak tergolong sangat sering dan terjadi di malam hari, ada kemungkinan anak menderita penyakit gangguan penggumpalan darah. Cara untuk memastikannya tentu anak harus diperiksakan ke dokter.

7. Anak Sakit Leukimia

Kemungkinan terburuk yang menjadi penyebab mimisan pada anak saat tidur adalah gejala leukemia. Seperti yang kita tahu, leukemia adlaah salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Gejala awal leukemia adalah sering mengalami mimisan pada siang dan malam hari. Jadi, ada baiknya segera memeriksakan anak untuk menghindari risiko-risiko yang terjadi.

Ketika anak mimisan di malam hari dan bahkan hingga terbangun, maka biasanya akan susah tidur lagi. Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi kalau kamu memberikan kasur anak yang berkualitas dan juga nyaman.

Salah satu merk kasur spring bed berkualitas yang patut dipertimbangkan adalah INTHEBOX. Sudah banyak yang membuktikannya. Spring bed ini terdiri dari berbagai ukuran, sehingga cocok digunakan untuk anak hingga orang dewasa. 

Cek pilihan kasur INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

Unboxing_Your_Bed_Ala_Content_Creator_Berani_Coba_Nggak.jpg
5 June 2018
Inspirasi itu selalu datang kapan saja dan di mana saja, asalkan kamu mau mencarinya. Begitu juga saat pikiran mampet, ide nggak dapet-dapet untuk ikutan kompetisi Unboxing Your Bed. Padahal kontesnya cuma sampai tanggal 4 Juni 2018. Wah, musti gimana, nih? Selengkapnya
_Amunisi_yang_Kamu_Butuhkan_Buat_Taklukkan_Tantangan_Unbox_Your_Bed_1_.jpg
4 April 2018
Kompetisi vlog bertema Unbox Your Bed ini menantang para sosok kreatif masa kini untuk membuat video unbox kasur In-The-Box yang paling menarik. Kira-kira, amunisi apa saja sih yang kamu perlukan untuk menaklukkan tantangan yang satu ini? Selengkapnya
Kasur Busa INTHEBOX Hybrid.jpg
3 August 2020
Lagi cari kasur busa yang awet? Pilih INTHEBOX Hybrid yang dilengkapi garansi 10 tahun, material berkualitas, dan harga yang terjangkau. Cek berbagai kelebihan, ukuran, hingga kisaran harganya! Selengkapnya
CS1