Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
penyebab-mimisan-pada-anak-saat-tidur-inthebox.jpg

7 Penyebab Mimisan Pada Anak Saat Tidur, Wajib Waspada!

21 January 2019

Kondisi tubuh anak bisa dikatakan masih lemah jika dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga mudah sakit. Pernah tahu penyebab mimisan pada anak saat tidur? Pada kondisi tertentu, mimisan saat tidur adalah hal yang sangat mungkin terjadi.

Penyebab Mimisan Pada Anak Saat Tidur yang Perlu Diwaspadai

Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung dengan jumlah yang tidak terlalu banyak dan umumnya tidak bisa diprediks. Biasanya hal ini menandakan kondisi tubuh seseorang, termasuk anak-anak. Ini beberapa penyebab mimisan pada anak saat tidur:

1. Cuaca Sedang Panas

Cuaca da suhu kaamr tidur yang panas juga bisa menyebabkan mimisan pada anak. Hal ini terjadi karena pembuluh kapiler pecah. Oleh karena itu, kasus mimisan saat tidur umumnya lebih banyak diderita oleh anak yang tinggal di kawasan panas. Solusinya, bisa gunakan AC untuk mengatur suhu ruangan dan juga pastikan permukaan kasur tidak panas.

2. Suhu Terlalu Dingin

Berkebalikan dengan poin sebelumnya, faktanya udara atau suhu yang terlalu dingin juga bisa jadi penyebab mimisan pada anak saat tidur. Penyebabnya masih sama, yaitu pembuluh kapiler pada bagian dalam hidung yang pecah. Jadi, jangan pakai AC terlalu dingin di kamar anak dan pastikan anak tidur menggunakan pakaian tebal dan selimut.

3. Hidung Anak Sangat Kering

Pembuluh kapiler yang ada di dalam hidung sangat sensitif. Jika bagian dalam hidung tiba-tiba sangat kering, maka besar kemungkinan pembuluh kapiler menjadi pecah hingga akhirnya keluar darah dan mimisan Jika ini terjadi, maka mimisan pada anak akan disertai rasa sakit. Oleh karena itu, cara untuk menghindari penyebab mimisan pada anak saat tidur adalah dengan memastikan suhu kamar menjadi lembap.

4. Anak Terkena Infeksi

Kekebalan tubuh atau sistem imun anak yang masih lemah sangat memungkinkan untuk terkena infeksi. Jika infeksi menyerang hidung atau sistem pernapasan, maka bukan tidak mungkin akan mengalami mimisan. Jika mimisan pada anak terjadi malam hari atau saat sedang tidur dengan insensitas yang sering, maka segeralah periksakan ke dokter.

5. Anak Alergi Disertai Asma

Bukan hanya infeksi, penyebab mimisan pada anak saat tidur juga bisa karena alergi yang disertai asma. Cara aman untuk bisa menghindarinya adalah hindari untuk menggunakan selimut berbulu dan juga menyimpan boneka berbulu di kasur. Pastikan juga kamar tidur selalu bersih dan bebas dari debu.

6. Menderita Gangguan Penggumpalan Darah

Apabila kondisi mimisan pada anak tergolong sangat sering dan terjadi di malam hari, ada kemungkinan anak menderita penyakit gangguan penggumpalan darah. Cara untuk memastikannya tentu anak harus diperiksakan ke dokter.

7. Anak Sakit Leukimia

Kemungkinan terburuk yang menjadi penyebab mimisan pada anak saat tidur adalah gejala leukemia. Seperti yang kita tahu, leukemia adlaah salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Gejala awal leukemia adalah sering mengalami mimisan pada siang dan malam hari. Jadi, ada baiknya segera memeriksakan anak untuk menghindari risiko-risiko yang terjadi.

Ketika anak mimisan di malam hari dan bahkan hingga terbangun, maka biasanya akan susah tidur lagi. Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi kalau kamu memberikan kasur anak yang berkualitas dan juga nyaman.

Salah satu merk kasur spring bed berkualitas yang patut dipertimbangkan adalah INTHEBOX. Sudah banyak yang membuktikannya. Spring bed ini terdiri dari berbagai ukuran, sehingga cocok digunakan untuk anak hingga orang dewasa. 

Cek pilihan kasur INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

Begini 5 Cara Membuang Kasur yang Tidak Terpakai
5 December 2020
Hampir setiap orang mungkin tidak akan bingung kalau mau membuang sampah sehari-hari atau sampah rumah tangga. Lalu bagaimana kalau kita ingin membuang kasur yang sudah tidak terpakai? Cek di sini caranya! Selengkapnya
Penutup Mata Tidur: Fungsi, Kelebihan, Kekurangan
4 October 2018
Kebanyakan orang hanya tahu kalau fungsi penutup mata tidur adalah untuk membantu memejamkan mata agar bisa tidur lebih cepat. Faktanya, ada fungsi lain dari benda yang satu ini. Terbuat dari jenis kain dan gel, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan penutup mata? Temukan semua jawabannya dalam artikel ini! Selengkapnya
7 Tips Memilih Kasur untuk Pengantin Baru (No. 4 Penting)
8 November 2019
Kasur untuk pengantin baru tidak boleh sembarangan dipilih. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar tidur jadi lebih nyaman, tetap romantis bersama pasangan, dan bisa menghemat pengeluaran. Cek tipsnya! Selengkapnya
CS1