Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
6 Penyebab Meninggal Saat Tidur yang Mendadak
5 September 2018
sebab-meninggal-saat-tidur-inthebox.jpg

Kamu mungkin pernah mendengar kabar seseorang yang meninggal mendadak saat tidur, padahal ia tak mengalami sakit parah. Kejadian seperti ini tentu membuat kita juga takut mengalami hal yang sama, bahkan ada saja yang sampai jadi susah tidur karena takut. Sebenarnya, apa penyebab meninggal saat tidur?

Ada banyak faktor kematian mendadak saat sedang tidur, mulai dari faktor kesehatan hingga faktor eksternal. Ini faktor penyebab meninggal saat tidur yang perlu diwaspadai:

1. Serangan Jantung

Penyakit jantung memang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang karena serangannya bisa tiba-tiba dan juga mematikan. Nah, serangan jantung juga bisa jadi sebab meninggal saat tidur yang sudah banyak menelan korban. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa jantung masih berdetak, namun aliran darah ke otot terhambat, sehingga tak mendapatkan oksigen dan akhirnya rusak.

Meninggal mendadak karena serangan jantung bisa kamu hindari dengan mengetahui dan menyadari apakah mengidap penyakit jantung atau tidak. Oleh karena itu, ketahui gejala serangan jantung sedari dini, seperti mudah lelah, nyeri dada di sebelah kiri, telapak tangan sering berkeringat, dan detak jantung terlalu cepat.

 2. Usia yang Sudah Tua

Penyebab meninggal saat tidur yang satu ini bsia dikatakan sudah umum dan wajar terjadi. Saat tubuh semakin tua, maka perlahan-lana sel-sel yanga da di dalam tubuh akan mati dan jika ada regenerasi pun tidak akan berjalan cepat. Hal ini juga bisa menyebabkan orang tua kesulitan untuk mengatur waktu tidur, maka tak heran jika orang tua susah tidur atau terlalu banyak tidur.

3. Sudden Cardiac Arrest

Perlu diketahui dulu bahwa sudden cardiac arrest adalah istilah lain dari henti jantung. Sesuai dengan namanya, kondisi ini membuat jantung berhenti berdetak dalam waktu beberapa saat, bahkan kondisi ini bisa terjadi ketika tidur. Jantung yang berhenti berdetak otomatis akan ikut berhenti memompa darah ke seluruh tubuh.

Penyebab meninggal saat tidur ini bisa diatasi dengan menyembuhkan gejala-gejalanya, seperti sering pingsan, dada kiri terasa nyeri, atau bahkan ada riwayat penyakit keturunan. Sudden cardiac arrest juga bisa semakin dipicu kalau kamu menderita tekanan darah tinggi dan penyakit diabetes.

4. Sleep Apnea

Seperti yang sudah beberapa kali kita bahas, gangguan tidur sleep apnea adalah kondisi di mana seseorang beberapa kali berhenti bernapas ketika tidur. Pada umumnya, sleep apnea dapat terjadi sekitar 10 detik dan bisa terulang sebanyak 5 kali setiap tidur.

Ketika sudah semakin parah, sleep apnea bisa menjadi penyebab meninggal mendadak saat tidur karena sistem prrnapasan dapat berhenti dalam kurun weaktu yang lebih lama. Faktor penyebab yang satu ini biasanya disebabkan oleh obesitas.

5. Penggumpalan Darah

Pada banyak kasus, penggumpalan darah sebenarnya tidak berbahaya karena darah bisa kembali terurai, bahkan dengan bantuan obat. Sayangnya, di beberapa kondisi tertentu, penggumpalan darah bisa menjadi penyebab menginggal saat tidur. Gumpalan darah yang terlalu besar akan menghambat pembuluh darah utama, sehingga bisa meninggal saat tidur.

6. Keracunan Karbon Monoksida

Penyebab meninggal saat tidur yang terakhir adalah keracunan karbon monoksida. Berbeda dengan faktor-faktor meninggal mendadak saat tidur yang ada di poin-poin sebelumnya, ini bisa dibilang faktor eksternal. Perlu kamu tahu juga bahwa karbon monoksida merupakan gas yang tidak berwarna dan tidak berbau. Gas ini bisa berasal dari peralatan rumah tangga, seperti kompor, pemanggang, dan pemanas air.

Karbon monoksida bisa menjadi sebab meninggal saat tidur jika gasnya berkumpul atau terjebak di suatu ruangan tempat kamu tidur. Seseorang yang menghirup karbon monoksida terlalu banyak bisa keracunan, apalagi jika sedang tidur dan tidak sadar, maka bisa menyebabkan kematian.

Nah, itu dia berbagai penyebab meninggal mendadak saat tidur. Ada baiknya jaga kesehatan dan pastikan keamanan sekitar sebelum tidur. Jangan lupa juga pastikan kamu tidur nyaman dengan memakai spring bed InTheBox.