Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
kenapa-bayi-susah-tidur-inthebox.jpg

5 Penyebab Bayi Susah Tidur & Cara Mengatasinya

2 September 2018

Seperti yang kita tahu, jam tidur bayi berbeda dari orang dewasa. Tak jarang bayi akan lebih banyak tidur atau bahkan bayi susah tidur malam. Akibatnya, para orang tua lah yang kerepotan karena tidak tahu secara pasti apa penyebab bayi susah tidur.

Lantas, kenapa bayi susah tidur? Ada baiknya sebagai orang tua, kita harus tahu penyebabnya agar si kecil bisa beristirahat dengan baik dan orang tua juga bisa beristirahat maksimal untuk bisa menjalani aktivitas esok hari.

Faktanya, ini penyebab bayi susah tidur dan cara mengatasinya:

1. Popok Bayi Sudah Basah

Hal pertama yang membuat kenapa bayi susah tidur adlaah kondisi popoknya yang sudah sangat basah. Ini akan membuat si kecil merasa tidak nyaman. Tak jarang juga orang tua, terutama orang tua baru kelupaan mengganti popok ketika sudah memasuki waktu tidur bayi.

Cara mengatasinya, ketika kamu sudah melihat bayi mulai mengantuk, maka segeralah untuk mengganti popoknya. Pastikan bayi tidur dalam keadaan popok baru untuk menghindari bayi susah tidur malam atau terbangun tengah malam.

2. Pakaian Bayi Tidak Nyaman

Penyebab bayi susah tidur yang berikutnya adalah pakaiannya yang tidak nyaman. Bisa jadi si kecil merasa gerah dengan jenis kain atau bahan baju yang ia pakai. Pada akhirnya, bayi akan terus resel dan susah tidur malam.

Satu-satunya solusi untuk membuat bayi cepat tidur malam yaitu dengan cara mengganti pakaiannya. Pastikan baju yang ia pakai berbahan lembut dan juga mampu menyerap keringat dengan sangat baik. Selain nyaman, si kecil pun akan terhindar dari risiko ruam.

3. Bayi Lapar dan Haus

Kebanyakan orang tua memang menduga bahwa penyebab bayi susah tidur yaitu karena lapar dan haus. Hal tersebut tidak salah karena ini merupakan salah satu alasan kenapa bayi susah tidur. Faktanya, bayi yang baru lahir memang lebih banyak membutuhkan makanan.

Usahakan bayi sudah dalam keadaan kenyang sebelum ia tidur dan pastikan juga saat bayi bangun tengah malam, ibu sudah memberikan ASI degan cukup agar si kecil tidak sering bangun. Bayi bangin di malam hari karena lapar memang tak bisa dihindari, jadi cukup pastikan ia sudah kenyang agar tidak terlalu rewel.

4. Terlalu Banyak Diajak Main

Mengajak bayi bermain memang menjadi kegiatan yang mengasyikan, apalagi jika berhasil membuatnya tertawa. Khusus yang satu ini, bisa dikatakan bahwa orang tua lah yang jadi penyebab bayi susah tidur. Bayi yang terlalu gembira sebelum tidur akan terus terjaga dan inilah alasan kenapa bayi susah tidur.

Cara membuat bayi tidur dengan cepat yaitu ebisa mungkin hindari mengajak bayi bercanda terlalu berlebihan ketika mendekati waktu tidurnya. Buat juga suasana kamar tidur menjadi sunyi dan nyaman bagi bayi. Selain itu, pastikan kasur dan bantal bayi sudah sesuai.

5. Kasur Terasa Tidak Nyaman untuk Bayi

Penyebab bayi susah tidur yang selanjutnya adalah kondisi kasur yang tidak nyaman. Hal yang satu ini juga sering tidak disadari oleh orang tua. Perlu diingat bahwa bayi lebih sensitif, sehingga jika ia merasa sedikit tidak nyaman, maka akan rewel.

Oleh karena itu, gunakanlah kasur spring bed InTheBox untuk membuat bayi tidur dengan sangat nyaman. Kenyamanan dan kualitas kasur InTheBox tidak diragukan lagi. Mengusung teknologi modern, bed InTheBox sangat cocok digunakan oleh segala usia.

ARTIKEL LAINNYA

Uji Kreatifitasmu dengan Ikutan Kompetisi Unbox Your Bed, Yuk!
25 March 2018
Ngaku sebagai millennial kreatif? Jangan berbangga dulu deh kalau belum bisa menaklukkan tantangan Unbox Your Bed dari In-The-Box ini. Sudah tahu challenge apa yang mesti kamu hadapi? Simak dulu informasi selengkapnya, yuk! Selengkapnya
Punggung Terasa Panas Saat Tidur: Penyebab & Cara Atasi
29 October 2018
Pernah terbangun di malam hari karena punggung terasa panas saat tidur? Segera ketahui penyebab dan cara mengatasinya. Percaya atau tidak, penyebab punggung panas saat tidur ternyata sering kita lakukan, namun tak menyadarinya. Temukan bahasan selengkapnya dalam artikel ini! Selengkapnya
11 Bahaya Tidur Pakai Kipas Angin, Picu Penyakit Ini!
28 November 2019
Ternyata banyak bahaya tidur pakai kipas angin semalaman bagi kesehatan tubuh karena bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Beberapa di antaranya bisa memicu asma, hipotermia, bahkan bell's palsy. Ketahui risiko selengkapnya! Selengkapnya
CS1