10 Penyebab Ngantuk di Pagi Hari (Sering Terjadi)
27 November 2018
ngantuk-berat-pagi-hari-inthebox.jpg

Pernah merasa ngantuk di pagi hari? Tak jarang seseorang mengalami hal ini dan bahkan merasa ngantuk berat. Akibatnya, tubuh membutuhkan beberapa waktu untuk 'pulih' dan siap menjalani aktivitas. Sebenarnya, apa penyebabnya sih?

Penyebab Ngantuk di Pagi Hari

Faktanya, ada beberapa hal yang menjadi pemicu atau penyebab tubuh masih ngantuk di pagi hari. Beberapa di antaranya mungkin kamu sadari, namun ada juga hal-hal yang tak disadari dan menjadi pemicunya.

Berikut ini beberapa penyebab ngantuk di pagi hari yang seringkali terjadi:

1. Kurang Tidur

Nah, penyebab yang satu ini bisa dikatakan sudah umum dan kebanyakan disadari oleh semua orang. Berkaitan dengan ini, disarankan untuk tidak terlalu sering begadang. Jika sudah menjadi kebiasaan, tubuh dan mata tidak akan merasa ngantuk di malam hari dan malah sangat ngantuk ketika masih pagi karena siklus tidur yang berubah.

2. Mengalami Gangguan Tidur

Penyebab selanjutnya adalah mengalami gangguan tidur. Sebenarnya poin yang satu ini berkaitan erat dengan poin sebelumnya. Ketika kamu mengalami gangguan tidur, maka ini bisa menjadi penyebab utama ngantuk berat di pagi hari karena kualitas tidur kamu jadi terganggu.

3. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Bukan rahasia lagi kalau kandungan kafein mampu membuat seseorang terjaga hampir semalaman, apalagi kalau dikonsumsi menjelang waktu tidur. Efeknya, siklus tidur jadi berubah dan dengan kata lain tubuh baru merasa lelah atau mengantuk saat pagi dan siang hari.

4. Minum Alkohol Berlebihan

Sama halnya dengan meminum kafein, minum alkohol secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab ngantuk berat saat pagi dan siang hari. Beberapa orang terkadang tak menyadari bahwa meminum alkohol sedikit saja bisa membuat ngantuk, apalagi kalau meminumnya dalam porsi berlebihan. Tubuh akan merasa sangat lemas dan tak menutup kemungkinan akan ngantuk di pagi hari.

5. Kurang Minum atau Dehidrasi

Perlu kamu tahu kalau salah satu penyebab ngantuk di pagi hari adalah kurangnya cairan tubuh alias kurang minum air mineral. Sangat disarankan untuk minum segelas air mineral saat bangun tidur untuk mengaktifkan kembali semua organ dan sistem tubuh. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan cukup akan mampu terus segar seharian.

6. Badan Sedang Sakit

Tak bisa dihindari lagi kalau sedang sakit tentu tubuh membutuhkan istirahat ekstra. Meski sudah mencoba tidur cukup semalaman, nyatanya akan merasa tetap lemas hingga akhirnya mengantuk saat pagi atau siang hari. Hal ini sebenarnya wajar mengingat tubuh sedang butuh istirahat ekstra.

7. Sedang Mengonsumsi Obat

Banyak obat yang menyebabkan rasa kantuk, sehingga disarankan untuk diminum saat sebelum tidur. Beberapa obat ternyata memiliki efek jangka panjang hingga pagi hari, apalagi jika ditambah kamu mengonsumsinya setelah sarapan.

8. Melewatkan Siklus Tidur

Perlu kamu tahu kalau ternyata ada siklus tidur dalam kurun waktu 24 jam. Ini artinya, tubuh akan mengantuk saat kondisi tertentu. Siklusnya ada pada pukul 00.00 - 07.00 dan 13.00 - 16.00. Kalau kamu melewatkan siklus tidur malam tersebut, maka inilah yang jadi penyebab ngantuk di pagi hari.

9. Stres atau Depresi

ketika kita sedang banyak pikiran, maka secara sadar atau tidak sadar, emosi dan energi akan terkuras cukup signifikan. Belum lagi ada beberapa kasus yang membuat seseorang susah tidur malam, sehingga menyebabkan kantuk berat ketika menjelang pagi.

10. Kasur Tidak Nyaman

Penyebab ngantuk di pagi hari yang sering diabaikan adalah kasur yang tidak nyaman. Kebanyakan orang menganggap tidak perlu ganti kasur karena merasa masih bisa digunakan, padahal ini sangat berkaitan erat dengan kondisi tubuh. Kasur yang sudah tidak nyaman akan membuat tubuh menjadi pegal dan lelah meski tidur sudah cukup.

Kamu harus coba pakai kasur INTHEBOX yang dirancang mampu menopang tulang punggung dengan sangat sempurna.