Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
7 Penyebab Menguap Adalah Tanda Penyakit Berbahaya
26 December 2018
menguap-adalah-tanda-penyakit-inthebox.jpg

Menguap adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan hamper setiap hari, terutama ketika sedang mengantuk. Ternyata, mengantuk juga merupakan tanda lain dari beberapa gejala penyakit berbahaya dalam tubuh yang jarang diketahui dan disadari oleh banyak orang.

Penyebab Menguap Adalah…

Seperti yang disebutkan sejak awal, penyebab menguap bukan hanya karena mengantuk. Ada beberapa penyebab lain yang ternyata mengindikasikan penyakit berbahaya. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab menguap adalah:

1. Otak Butuh Oksigen

Bukan hanya mengantuk, ternyata menguap merupakan salah satu tanda kalau otak sedang membutuhkan oksigen. Ketika menguap, maka kita akan mengambil nafas yang lebh dalam, sehingga udara sejuk akan terhirup. Pada saat kondisi tersebut, udara sejuk yang berasal dari paru-paru akan segera pindah ke otak.

2. Kadar Glukosa Darah Menurun

Penyebab yang kedua adalah kadar glukosa dalam darah sedang menurun, bahkan hingga di bawah 72mg/dL. Kondisi ini disebut juga sebagai hipoglikemia dan terjadi pada penderita diabetes. Jika kamu memiliki riwayat penyakit diabetes dan sering menguap, maka perlu lebih waspada.

3. Gejala Stroke

Percaya atau tidak, menguap adalah tanda penyakit stroke. Perlu diketahui bahwa stroke adalah penyakit yang menyebabkan aliran darah ke otak menjadi tidak lancar, sehingga oksigen dan nutrisi makanan tidak sampai ke otak. Terkait korelasinya dengan menguap, ada jurnal kesehatan yang mengungkapkan bahwa penderita stroke akan lebih sering menguap karena suhu otak meningkat. Biasanya, penderita stroke akan menguap lebih dari 3 kali dalam 15 menit.

4.  Central Sleep Apnea

Penyakit mengenai sleep apnea sudah sering dibahas di beberapa artikel sebelumnya yang ada di inthebox. Khusus yang satu ini ternyata cukup berbeda. Penderita central sleep apnea tidak mengalami menyumbatan pernapasan, namun hubungan antara otak dengan otot yang berperan dalam pernapasan. Penderitanya akan sering menguap karena tubuh merasa lelah saat tidur.

5. Epilepsi atau Kejang-Kejang

Gangguan pada otak bisa menjadi salah satu penyebab epilepsi atau kejang-kejang. Pemicunya pun beragam, mulai dari trauma, stroke, meningitis, atau memang ada masalah di otak. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa ketika seseorang lebih sering menguap, maka bisa jadi itu menunjukkan bahwa ada masalah di otak, termasuk epilepsi.

6. Gangguan Jantung

Memiliki gangguan jantung juga bisa jadi penyebab menguap karena asupan oksigen dalam darah tidak maksimal. Ini disebabkan oleh penyebab utama serangan jantung yang emmbuat pembuluh darah tersumbat oleh plak yang berasal dari lemak. Beberapa gejala penyakit jantung adalah nyeri di bagian dada, mual, berkeringat, gangguan pernapasan, sering merasa lelah, dan juga sering menguap.

7. Indikasi Tumor Otak

Penyebab sering menguap yang terakhir ini bisa dibilang paling menakutkan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa penyebab menguap adalah adanya tumor otak jinak. Ada studi yang menyebutkan bahwa pengidapnya bisa menguap secara berlebihan.

Sekarang teman-teman inthebox sudah tahu ‘kan apa saja penyebab menguap? Ternyata menguap bukan hanya pertanda tubuh sedang lelah atau mengantuk, tapi bisa juga menjadi indikasi penyakit berbahaya lainnya.  Jadi, kalau kamu tiba-tiba sering menguap, harus lebih waspada dan ada baiknya untuk segera memeriksakan diri.

Apabila sudah dipastikan tubuh dalam keadaan sehat dan baik-baik saja, namun kamu masih sering menguap berarti ada yang harus diperbaiki adalah pola tidur atau bahkan perlengkapan tidur. Tidur yang tidak nyenyak dan berkualitas bisa dipengaruhi oleh penggunaan kasur dan bantal yang salah, sehingga kamu harus bisa memilih yang tepat.

Sebagai langkah mudah, gunakan saja kasur sping bed INTHEBOX dan bantal guling INTHEBOX. Sudah banyak yang membuktikan kalau perlengkapan tidur dari INTHEBOX dapat memberikan kenyamanan tidur yang maksimal dan berkualitas. Buktikan sendiri!