Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*

8 Cara Mengatasi Ibu Menyusui Susah Tidur (Paling Mudah)

11 February 2019
mengatasi-kurang-tidur-pada-ibu-menyusui-inthebox.jpg

Ibu menyusui susah tidur nampaknya bukanlah hal yang asing lagi karena hal ini sangat umum dialami. Tubuh yang kurang istirahat tentu akan mudah terserang penyakit dan tentunya ini sangat dihindari oleh ibu yang merawat bayi. Oleh karena itu, ketahui bagaimana cara mengatasi kurang tidur pada ibu menyusui.

Penyebab Ibu Menyusui Susah Tidur

Ada beberapa penyebab ibu menyusui susah tidur yang sangat umum dialami. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi masalah tidur pada ibu menyusui, tentu kita harus tahu dulu apa saja penyebabnya.

Berikut ini beberapa penyebab ibu menyusui susah tidur:

  • Anak sering terbangun di malam hari untuk minta susu
  • Pola tidur bayi masih sangat berantakan
  • Ada tekanan psikologis terhadap ibu
  • Tidak berolahraga selama menyusui
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Terlihat sederhana, namun jika penyabab dia atas dibiarkan, maka bisa menimbulkan gangguan tidur serius yang akan dialami oleh ibu menyusui. Masalah tidur paling umum dialami ibu menyusui adalah insomnia dan harus segera diatasi.

Cara Mengatasi Kurang Tidur pada Ibu Menyusui

Tidak perlu khawatir karena tidak semua ibu menyusui mengalami insomnia. Kamu juga bisa mencegah dan mengatasinya dengan mudah. Hanya ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi kurang tidur pada ibu menyusui yaitu:

1. Ikut Tidur Saat Bayi Tidur

Cara yang paling mudah dan perlu dilakukan adalah ikut tidur saat si kecil tidur. Bukan hanya saat malam hari, namun kamu perlu melakukan hal ini saat siang hari. Jangan pernah memanfaatkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah ketika bayi tidur. Penyesuaian yang paling mudah yaitu dengan memahami pola tidur bayi, namun hal ini memang akan sulit dilakukan pada 1 – 2 minggu pertama.

2. Membagi Tugas dengan Pasangan

Peran pasangan tentunya sangat penting untuk menjadi solusi ibu menyusui susah tidur. Ketika bayi baru lahir, segeralah membagi tugas bersama pasangan. Salah satunya yaitu dengan meminta pasangan untuk mengganti popok bayi saat menangis di malam hari. Jika pasangan kamu tidak mampu, setidaknya minta ia untuk bisa memijat beberapa bagian tubuh kamu yang pegal setelah seharian mengurus si kecil.

3. Hanya Fokus Merawat Bayi

Banyak ibu menyusui yang tidak fokus dengan bayinya. Penyebabnya yaitu karena menyelesaikan pekerjaan rumah hingga ada yang memilih untuk berkarier. Sebenarnya hal tersebut tidak salah, hanya saja dapat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Sangat disarankan untuk lebih fokus mengurus bayi agar kualitas tidur dan istirahat kamu jadi lebih maksimal. Jika perlu, gunakan jasa asisten rumah tangga untuk membantu pekerjaan rumah di siang hari agar kamu bisa tidur siang saat bayi tertidur.

4. Mengelola Stres dengan Baik

Punya banyak pikiran hingga akhirnya stres saat masa menyusui juga tergolong umum dialami oleh para ibu. Biasanya pikiran-pikiran ini berkaitan dengan sang buah hati. Mulai sekarang, cobalah untuk mengelola stres dengan baik agar kamu bisa beristirahat dengan cukup, sehingga memiliki energi untuk mengasuh si kecil.

5. Lakukan Olahraga Ringan

Cara mengatasi ibu menyusui susah tidur bisa juga dengan rutin berolahraga ringan. Kebanyakan ibu merasa tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga setelah memiliki si kecil. Faktanya, jika kamu ingin bisa tidur nyenyak di malam hari, kamu juga butuh berolahraga ringan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah berjalan-jalan di komplek atau sekadar lari kecil.

6. Batasi Konsumsi Kafein

Bukan rahasia lagi kalau kafein bisa jadi penyebab seseorang susah tidur, termasuk menjadi penyebab ibu hamil susah tidur. Tentu cara yang perlu dilakukan adalah dengan membatasi konsumsi kafein. Perlu diingat kalau kafein tidak hanya berasal dari kopi, namun bisa juga dari teh.

7. Buat Suasana Kamar Lebih Nyaman

Suasana kamar adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk merangsang tubuh jadi lebih nyaman saat beristirahat. Tak jarang seorang ibu tetap susah tidur meski si kecil sudah terlelap. Jika mengalami hal ini, coba pastikan desain kamar tidur sudah sangat nyaman. Tidak perlu membutuhkan dekoasi yang sulit, cukup buat suasana kamar menjadi lebih gelap di malam hari agar hormon melatonin bisa terproduksi dengan baik.

8. Gunakan Kasur yang Nyaman

Hal terpenting yang tidak boleh diabaikan jika ingin mengatasi kurang tidur pada ibu menyusui adalah dengan memastikan penggunaan kasur yang tepat. Kasur yang nyaman akan sangat ebrpengaruh terhadap kualitas tidur ibu menyusui. Tidak perlu mahal, kamu bisa memiliki spring bed berkualitas dari INTHEBOX.