Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi*

8 Cara Cegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Kasur

24 March 2020
cara-pencegahan-virus-corona-inthebox.jpg

Apakah virus virus Corona (COVID-19) bisa menempel di Kasur? Seperti yang kita tahu, virus Corona menyebar melalui tetesan kecil (droplet) di udara. Oleh karena itu, kita harus lebih rajin menjaga kebersihan diri dan kasur. 

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Kasur 

Berdiam diri di rumah, khususnya di kamar tidur adalah salah satu cara mencegah penyebaran Corona. Meskipun demikian, kamu harus tetap waspada membawa virus ke dalam rumah, terlebih lagi setelah bepergian dari luar.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Corona di kasur:

1. Selalu Cuci Tangan Saat Sampai Rumah

Hal paling penting yang harus kamu lakukan adalah mencuci tangan ketika masuk rumah, terutama masuk kamar. Jangan pernah memegang kasur ketika kamu belum mencuci tangan. Bisa saja ada virus dan bakteri yang menempel di telapak tanganmu. Jika kamu memegang kasur, bukan tidak mungkin virus tersebut ikut menempel

2. Ganti Baju dan Celana Sebelum Berbaring

Pakaian yang digunakan bepergian ke luar rumah harus sering diganti, terutama ketika ada wabah penyakit. Bukan tidak mungkin virus menempel pada pakaian melalui tetesan kecil di udara dari seseorang yang batuk atau bersin di sekitarmu. Kalau kamu langsung berbaring di tempat tidur saat belum ganti baju, tentu akan membuat permukaan kasur menjadi kotor meski tak terlihat

3. Mandi Sebelum Berbaring

Bukan hanya dianjurkan untuk ganti baju dan ganti celana, kamu juga disarankan untuk mandi sebelum tidur. Melakukan cara mandi yang benar menggunakan sabun akan menghilangkan virus, kuman, dan bakteri yang menempel pada tubuh.

4. Jangan Simpan Barang-Barang di Kasur

Kamu sering menyimpan tas dan handphone di kasur? Sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini.

Jangan menyimpan barang yang sudah dibawa ke luar rumah di atas kasur. Bisa saja ada virus dan bakteri yang menempel di barang-barang tersebut. Khusus untuk handphone yang kita pegang setiap saat, selalu bersihkan benda kecil ini terutama jika sudah dari luar rumah.

5. Cuci Sprei Sendiri

Kalau kamu sering cuci sprei di laundry, sebaiknya sekarang ini cuci sprei sendiri di rumah. Cara ini bisa meminimalisir pemaparan virus. Bisa juga mencuci sprei menggunakan air panas untuk membunuh kuman. Perlu diingat bahwa mengganti dan mencuci sprei dengan rutin sangat disarankan karena bisa jadi cara menghilangkan tungau.

6. Jangan Jemur Kasur Sembarangan

Menjemur kasur dan bantal guling bisa membunuh bakteri. Meskipun demikian, jika melihat kondisi pandemic COVID-19 seperti sekarang ini, ada baiknya jangan sembarangan menjemur kasur. Kalau kamu tinggal di lingkungan padat penduduk dengan rumah yang sangat berdekatan, maka hindari dulu untuk menjemur kasur.

7. Gunakan Vacuum untuk Membersihkan Kasur

Alternatif menjemur kasur adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Alat ini mampu membersihkan debu dan tungau dari permukaan kasur. Sangat disarankan untuk rutin membersihkan kasur menggunakan vacuum cleaner, misalnya seminggu sekali.

8. Batasi Orang yang Pakai Kasur

Kalau ada tamu, baik itu keluarga atau teman yang berkunjung, pastikan untuk tidak langsung naik ke kasur. Jika orang tersebut berasal dari luar rumah, maka perlu diwaspadai karena bisa saja ada virus yang menempel di pakaian yang ia gunakan. Pastikan orang tersebut membersihkan diri dan mengganti pakaian sebelum duduk atau berbaring di kasurmu.

--

Itu dia beberapa cara menghindari penyebaran virus Corona di kasur. Mudah bukan? Pada intinya, kita harus menjaga kebersihan kasur dan kamar tidur agar terhindar dari risiko penyakit apapun. Semoga kita bisa terlindung dan tetap sehat!

Ciptakan tidur nyenyak bersama spring bed INTHEBOX dan bantal guling INTHEBOX. Kenyamanan tidur juga penting karena dengan tidur yang cukup, maka bisa meningkatkan sistem imun. Sistem imun yang kuat bisa membantu mencegah berbagai risiko penyakit.

Cek pilihan produk kasur INTHEBOX di sini!