Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
9 Manfaat Tidur Tanpa Busana bagi Kesehatan
27 August 2018
tidur-tanpa-busana-inthebox.jpg

Tidur tanpa busana mungkin masih sangat tabu bagi sebagian besar orang, bahkan mungkin termasuk kamu. Jika tidak terbiasa, tidur tanpa menggunakan baju sehelai pun pasti akan sangat rishi dan tidak nyaman. Ternyata, ada banyak manfaat tidur tanpa busana, lho!

Tidak percaya dengan pernyataan di atas? Ini manfaat tidur tanpa busana bagi kesehatan tubuh:

1. Memperlancar Aliran Darah

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan yaitu aliran darah di tubuh akan semakin lancar. Kenapa bisa demikian? Disadari atau tidak, pakaian yang menempel di tubuh, termasuk pakaian dalam, dapat menghambat aliran darah meski pengaruhnya tidak besar.

Aliran darah akan semakin tersumbat jika kamu memakai pakaian yang cukup ketat saat tidur. Oleh karena itu, tidur tanpa busana akan membuatmu lebih sehat karena tak ada sehelai pun pakaian yang menempel di tubuh.

2. Mencegah Insomnia

Gangguan tidur insomnia bisa menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak? Susah tidur malam hari akan sangat mengganggu aktivitas esok hari, apalagi jika kamu seorang pekerja aktif.

Harus diingat bahwa ketika tidur tanpa baju, maka suhu tubuh akan turun dan kamu pun akan bisa cepat tidur dengan nyenyak. Jika kamar tidur dilengkapi oleh AC, maka kamu bisa melapisi tubuh dengan selimut tipis.

3. Mencegah Perut Buncit

Setiap orang pasti ingin punya penampilan menarik. Masalah perut buncit pun biasa dirasakan oleh pria maupun wanita. Kamu tentu tidak mau ‘kan hal ini terjadi? Kalau begitu, cobalah tidur tanpa busana untuk mencegah perut buncit.

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, ketika tidak pakai baju saat tidur, maka suhu tubuh akan berkurang yang mana akan turut menurunkan korlistol. Sebagai informasi, kadar korlistol yang tinggi akan meningkatkan nafsu makan. Itulah kenapa manfaat tidur tanpa busana erat hubungannya dengan mencegah buncit.

4. Mencegah Penuaan Dini

Msih terkait penampilan, setiap orang juga tentu tidak mau cepat tua. Lihat saja, kini banyak yang melakukan berbagai perawatan kulit agar tetap awet muda. Kamu tak perlu membuang uang banyak untuk melakukan perawatan kulit karena cukup tidur tanpa pakaian.

Suhu tubuh yang rendah akan membuat tidur lebih nyenyak dan produksi hormon melatonin pun akan semakin banyak. Ini merupakan hormon pertumbuhan atau untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Oleh karena itu, salah satu manfaat tidur tanpa busana bisa membuat kamu selalu awet muda.  

5. Mengurangi Risiko Infeksi Vagina

Area organ intim wanita sangat rentan terkena infeksi bakteri dan jamur. Biasanya ini terjadi karena jumlah bakteri baik dan jahat yang tidak seimbang. Salah satu penyebabnya bisa terjadi karena pakai celana dalam, sehingga membuat vagina jadi lembap.

Nah, salah satu cara untuk menjaga organ intip wanita tetap kering adalah tidak pakai celana dalam saat tidur. Meski beberapa wanita sudah tahu manfaat tidur tanpa busana yang satu ini, masih jarang yang melakukannya dengan alasan tidak nyaman.

6. Meningkatkan Kesuburan Pria

Bukan hanya wanita, manfaat tidur tanpa busana juga dapat dirasakan oleh pria. Faktanya, tidur tanpa baju atau pakaian dapat menurunkan suhu tubuh, termasuk suhu di area kemaluan pria. Dikuip dari berbagai sumber, ada sebuah penelitian yang mengungkap bahwa produksi sperma akan maksimal dengan suhu tubuh di bawah 37 derajat celcius.

7. Mencegah Gatal dan Ruam

Ada banyak penyebab gatal dan ruam pada kulit, salah satunya berasal dari pakaian yang kamu gunakan sehari-hari. Bukan karena bahan pakaiannya, melainkan dari keringat dan bakteri yang dihasilkan oleh tubuh. Oleh karena itu, hal ini bisa kamu hindari dengan tidak pakai baju saat tidur.

Mnfaat tidur tanpa busana yang satu ini dapat kamu rasakan secara langsung, namun kamu harus memastikan bahwa badan sudah bebas dari keringat sebelum tidur. Ada baiknya kamu membersihkan diri dengan cara mandi air hangat agar tidur lebih rileks.

8. Mencegah Terkena Diabetes Tipe 2

Bukan rahasia lagi kalau diabetes adalah salah satu penyakit mematikan yang ditakuti oleh banyak orang. Kamu tidak perlu khawatir dengan penyakit ini karena manfaat tidur tanpa busana adalah membantu mencegah tubuh kamu dari risiko diabetes tipe 2.

Suhu tubuh yang turun ketika tidak pakai baju saat tidur akan ikut membantu meningkatkan metabolisme tubuh dn mengurangi kadar gula darah. Jika dilakukan secara rutin, maka diabetes tipe 2 tidak akan pernah jadi riwayat penyakitmu.

9. Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

Terakhir, manfaat tidur tanpa busana yang bisa kamu rasakan langsung adalah tidur yang jauh lebih berkualitas. Kulit jadi lebih mudah ‘bernapas’, suhu tubuh rendah, dan bisa bergerak lebih bebas ketika tidur. Tidur pun akan semakin nyenyak dan berkualitas.

Hal yang harus diperhatikan:

Memang ada banyak manfaat tidur tanpa busana, namun kamu juga harus memiliki kasur yang memiliki permukaan nyaman. Bagaimana tidak? Ketika tidur tanpa busana, kulit kamu akan bersentuhan langsung dengan kasur. Jadi, pilihlah kasur yang tepat seperti InTheBox.