7 Manfaat Tidur Siang dan Waktu Tidur yang Tepat
19 August 2018
manfaat-tidur-siang-inthebox.jpg

Tidur siang saat akhir pekan mungkin sudah jadi rutinitas beristirahat bagi sebagian besar orang. Sayangnya, kebiasaan ini sering disepelekan karena banyak yang tidak tahu manfaat tidur siang. Selain itu, masih banyak juga yang tidak tahu waktu tidur siang yang baik dan tepat. Yuk, kita bahas semuanya dalam artikel ini!

Waktu Tidur Siang yang Baik

Kapan waktu tidur siang yang paling tepat?

Dikutip dari berbagai sumber, waktu tidur siang yang baik untuk tubuh adalah pukul 3 sore. Bukan tanpa alasan, waktu tidur sing ini berdasarkan ritme biologis manusia. Selama 24 jam, nyatanya kondisi tubuh manusia mulai menurun pada kuluk 3 sore.

Berdasarkan hal tersebut, maka tidur siang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengembalikan stamina. Lalu, berapa lama waktu tidur siang yang sehat? Tidak boleh terlalu lama, tidur siang hanya disarankan 20-30 menit agar tidak pusing saat bangun.

Manfaat Tidur Siang

Setelah kita tahu waktu tidur siang yang baik, kini kita bahas lebih lanjut mengenai manfaat tidur siang. Ya, kegiatan yang dianggap oleh sebagian besar orang sebagai ajang bermalas-malasan ini nyatanya memiliki segudang manfaat.

Langsung saja, ini dia beragam manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Daya Ingat

Percaya atau tidak, tidur siang dapat meningkatkan daya ingat. Oleh karena itu, tidur siang sangat disarankan untuk kamu yang sering lupa dan juga bagi pada lansia. Bisa dikatakan bahwa tidur siang dapat menjadi salah satu terapi meningkatkan daya ingat yang mudah dan gratis.

Bukan hanya bagi lansia, manfaatnya pun sangat berguna bagi anak-anak. Daya ingat yang kuat sangat dibutuhkan untuk menghapal materi-materi pelajaran.

2. Mengurangi Stres

Manfaat tidur siang yang berikutnya adalah dapat mengurangi stres. Seperti yang kita tahu, stres dapat memicu beragam penyakit serius, sehingga kondisi ini tidak dapat disepelekan. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kamu tidur siang beberapa menit ketika terlalu banyak berpikir dan beraktivitas.

3. Memperbaiki Mood

Perlu kamu tahu kalau hormon serotonin dapat mengatur suasana hati atau mood seseorang. Ketika tubuh lelah dan stres, maka lebih banyak hormon serotonin yang dibutuhkan untuk mengendalikan hal tersebut. Nah, salah satu cara mudah untuk meningkatkannya adalah dengan cara beristirahat atau tidur siang.

4. Meningkatkan Produktivitas

Merasa kurang produktif hari ini?

Kamu bisa menyiasatinya dengan tidur siang. Ketika tubuh dan pikiran sudah semakin lelah, maka pekerjaan yang dilakukan pun tidak bisa maksimal. Ketika tidur siang, stamina akan kembali dengan cepat.

5. Meningkatkan Kreativitas

Bukan hanya meningkatkan produktivitas, manfaat tidur siang juga dapat meningkankan kreativitas. Pasalnya, ketika seseorang tidur siang, maka persepsi sensoriknya akan meningkat dengan baik. Ketika tidur, pikiran akan jauh lebih segar dan beragam ide baru pun akan muncul.

6. Mengatasi Masalah Tidur Insomnia

Banyak yang beranggapan kalau tidur siang menyebabkan susah tidur malam atau insomnia. Faktanya, manfaat tidur siang malah mampu mengatasi insomnia. Tentu cara ini akan sangat efektif kalau kamu tidak tidur siang secara berlebihan dan sesuai dengan waktu tidur siang yang baik seperti dijelaskan pada pembahasan awal.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Ancaman penyakit jantung dan stroke tentu ditakuti oleh banyak orang karena kedua penyakit ini tergolong mematikan. Salah satu cara untuk mencegahnya sangat mudah, yaitu dengan rutin tidur siang secukupnya. Manfaat tidur siang yang mampu memberikan rasa rileks pada sel-sel tubuh terbukti efektif mencegah dari risiko penyakit berbahaya.

Nah, kini sudah tahu ‘kan apa saja kapan waktu tidur siang yang baik dan manfaatnya? Jadi, jangan remehkan lagi tidur siang. Oh, ya, kamu juga bisa memaksimalkan manfaat tidur siang dengan menggunakan spring bed berkualitas dari InTheBox!