Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
manfaat-tidur-peluk-guling-inthebox.jpg

10 Manfaat Tidur Pakai Guling, Tubuh Lebih Sehat!

16 December 2019

Guling adalah salah satu perlengkapan tidur yang membuat lebih nyaman. Tahukah kamu? Faktanya, ada banyak khasiat dan manfaat tidur pakai guling untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan sepelekan pemilihan guling untuk tidur, ya! 

Manfaat Tidur Peluk Guling bagi Kesehatan Tubuh

Kalau selama ini kita memeluk guling hanya untuk faktor kenyamanan, ternyata secara tidak sadar kita juga mendapatkan banyak manfaat. Bisa dikatakan, tidur pakai guling merupakan cara nyaman beristirahat yang menyehatkan.

Selengkapnya, ini manfaat tidur pakai guling bagi tubuh yang tidak terduga:

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Kalau kamu punya postur tubuh yang kurang baik, khususnya agak membungkuk, maka tidur menggunakan guling adalah salah satu solusi yang tepat.

Kamu hanya perlu memeluk guling saat tidur secara rutin untuk memperbaiki postur tubuh. Khasiat tidur pakai guling ini nyatanya dapat menjaga tulang punggung agar bisa lebih lurus, sehingga ketika kamu berdiri akan bisa lebih tegak.

2. Meredakan Tegang Otot

Fungsi guling juga bisa digunakan seperti bantal. Kamu bisa meletakkan guling di bawah leher untuk mendapatkan manfaatnya. Cara ini bisa dilakukan ketika kamu merasa pegal dan mengalami tegang otot di area leher dan Pundak.

3. Meredakan Sakit Punggung

Percaya atau tidak, manfaat tidur pakai guling setiap malam bisa meredakan sakit punggung.

Posisi tidur menggunakan guling yang tepat bisa memperlancar aliran darah di sekitar kaki. Ini membuat otot lebih rileks, sehingga terhidar dari pegal dan nyeri.

Posisi tidur pakai guling yang benar adalah dengan menyelipkan guling di antara lutut, lalu tekuk lutut sampai kamu merasa nyaman. Posisi tulang punggung harus dipastikan lurus, ya!

4. Mengatasi Kebiasaan Mendengkur atau Ngorok

Dikutip dari beragam sumber, posisi tidur telentang akan membuat kamu mendengkur atau ‘ngorok’. Ini disebabkan oleh pangkal lidah menutupi dinding tenggorokan, sehingga akan timbul suara saat tidur. Salah satu solusinya mengatasi ngorok adalah dengan posisi tidur menyamping.

Tidak banyak orang yang bisa bertahan lama dengan posisi tidur menyamping, sehingga butuh bantuan guling. Dengan demikian, kebiasaan mendengkur pun akan perlahan hilang.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat tidur peluk guling yang berikutnya yaitu mampu memperlancar aliran darah dalam tubuh. Saat tidur pakai guling tentu ada bagian tubuh yang terangkat, yaitu kaki dan tangan. Bagian yang terangkat inilah yang membuat aliran darah menjadi lancar.

Ketika aliran darah lancar, maka ada banyak manfaat kesehatan bagi tubuh yang akan didapatkan. Kamu bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit berbahaya.

6. Memulihkan Cedera Punggung

Rutin tidur peluk guling juga bisa membantu mengurangi tekanan pada tulang pinggul karena punggung menjadi lurus selama tidur. Tentunya ini akan sangat berguna untuk kamu yang punya masalah tulang punggung, salah satunya scoliosis.

7. Posisi Tidur Ibu Hamil yang Tepat

Ternyata khasiat tidur pakai guling juga dirasakan oleh ibu hamil. Posisi tidur saat hamil menyamping ke kiri menggunakan guling akan mencegah rahim menekan hati.

Ini membuat fungsi guling bisa memperlancar oksigen kepada bayi melalui plasenta. Selain itu, sirkulasi darah ibu hamil juga lebih lancar, sehingga akan terhindar dari kram saat tidur. Ibu hamil juga bisa menambahkan guling di bagian punggung agar lebih nyaman.

8. Lebih Aman untuk Anak

Menggunakan guling saat tidur ternyata lebih aman dibandingkan bantal biasa. Hal ini disebabkan oleh tekstur guling yang kaku membuat guling tidak akan meredam pernapasan ketika tidur. Anak biasanya belum bisa mengontrol penrapasan dengan baik, maka ada baiknya gunakan guling kecil untuk anak saat tidur.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Punya gangguan tidur? Kamu bisa coba tidur pakai guling yang dipercaya mampu meningkatkan kualitas tidur. Beberapa sumber menyatakan bahwa ketika tidur menggunakan guling dan menghadap ke salah satu sisi, maka bisa meredakan stress di bagian kaki.

10. Tidur Lebih Nyenyak dan Tenang

Ada penelitian yang menyatakan bahwa tidur sambil memeluk dan meringkung akan membuat tidur lebih rileks. Dengan kata lain, memeluk guling saat tidur mampu memberikan efek psikologis yang menghibur. Kamu yang susah tidur nyenyak bisa coba cara ini!

Kapan Waktu Ideal Ganti Guling?

Setelah tahu berbagai manfaat tidur memeluk guling, tentu kamu juga harus memerhatikan guling yang dipakai.

Sangat disarankan untuk mengganti guling setiap 18 bulan sekali. Waktu ideal untuk ganti guling ini bukan tanpa alasan. Guling yang terlalu lama dipakai sudah tidak bisa menopang tubuh dengan baik, menimbun kuman, dan bahkan bisa menyebabkan penyakit.

Pemilihan guling yang salah pun akan membuat kamu tidak mendapatkan berbagai manfaat di atas. Oleh karena itu, sebaiknya pilih guling INTHEBOX yang ukuran, tingkat kepadatan, dan materialnya dipastikan sesuai kebutuhan kamu.

Lihat produk guling INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

Sindrom Putri Tidur (KLS): Gejala dan Penyebab
19 October 2018
Putri tidur bukan hanya dongeng. Di dunia nyata, ada kleine levin syndrome (KLS) atau yang dikenal dengan sindrom putri tidur. Kondisi ini bisa membuat penderitanya tidur lebih dari 20 jam per hari. Ketahui lebih lanjut gejala dan penyebabnya, yuk! Selengkapnya
Ini Alasan Kasur SpringBed Bisa Lebih Posesif Daripada Si Dia
9 March 2018
Bisa tidur nyaman di malam hari, siapa sih yang nggak ingin merasakannya? Apalagi dengan kualitas tidur yang terjaga dengan baik bisa bikin kamu makin sehat dan semangat saat menjalani hari. Eits, tapi kenyamanan tidur ternyata juga ditentukan oleh kasur dan yang dipilih, lho. Seperti kasur springbed yang katanya bisa bikin kamu lebih ‘posesif’ dan susah bangun. Selengkapnya
Bikin Video Unboxing Your Bed, Bagusnya Pagi Atau Malam Hari, Ya?
3 June 2018
Ingin ikutan demam video unboxing untuk matras InTheBox? Satu hal yang patut diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk memulai shooting-nya. Enaknya pagi atau malam hari, ya? Selengkapnya
CS1