Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
manfaat-ngulet-inthebox.jpg

7 Manfaat Ngulet Saat Bangun Tidur, Tidak Bahaya?

19 December 2019

Ngulet adalah kebiasaan meregangkan tubuh yang sering dilakukan saat bangun tidur. Kebiasaan ini memberikan rasa nyaman, namun banyak yang mempertanyakan bahaya ngulet. Di sisi lain, banyak sumber menjelaskan bahwa ada banyak manfaat ngulet bagi kesehatan. Kira-kira apa saja?

Manfaat Ngulet Saat Bangun Tidur bagi Tubuh

Kebiasaan meregangkan tubuh di pagi hari atau ngulet terkadang tak disadari. Banyak yang refleks ngulet saat baru saja membuka mata tanpa disadari. Umumnya, tujuan ngulet adalah agar badan tidak pegal-pegal.

Bukan bahaya, berikut ini manfaat ngulet saat bangun tidur bagi kesehatan tubuh:

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Kalau kamu sering duduk sehari-hari, terutama di depan komputer, maka ada baiknya sering ngulet saat bangun tidur. Kebiasaan sederhana ini akan membantu memperbaiki postur tubuh setelah seharian duduk dan bahkan terkadang membungkuk.

Aktivitas harian seperti itu akan membuat otot-otot tubuh menjadi tegang, sehingga tak cukup dipulihkan hanya dengan tidur. Peregangan bisa menjadi salah satu alternatif, terlebih jika kamu kurang aktif berolahraga.

2. Menormalkan Suhu Tubuh

Suhu tubuh saat tidur akan turun mencapai 35 derajat celcius, padahal normalnya sekitar 37 derajat celcius.

Kondisi ini tak jarang membuat tubuh terasa lemas saat bangun tidur. Ini adalah salah satu tanda tubuh belum siap karena belum mencapai suhu normal. Nah, khasiat ngulet adalah bisa membuat suhu tubuh menjadi normal.

3. Menambah Energi

Berdasarkan beberapa sumber, ada penelitian yang dilakukan para ahli di American Council on Exercise terkait ngulet. Faktanya, meregangkan tubuh di pagi hari bisa meningkatkan energi dan mencegah perasaan lelah seharian.

Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa ngulet mampu menghikangkan nyeri otot dan sendi. Tentunya peregangan yang dilakukan harus perlahan agar sendi tetap merasa nyaman.

4. Memperlancar Aliran Darah

Manfaat ngulet juga bisa memperlancar aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Ada baiknya meregangkan tubuh dilakukan pada pagi hari ketika baru bangun tidur agar bisa meningkatkan konsentrasi kamu ketika beraktivitas seharian.

5. Meningkatkan Pasokan Oksigen

Tanpa disadari ternyata ngulet bisa melatih pernapasan, sehingga pasokan oksigen ke dalam tubuh menjadi lebih optimal. Ketika oksigen yang masuk ke dalam tubuh cukup, maka tubuh akan terasa lebih segar saat bangun tidur.

6. Otot Lebih Fleksibel

Tak jarang kita merasa pegal dan kaku saaat bangun tidur. Hal ini wajar terjadi mengingat tubuh berada dalam posisi yang sama selama tidur berjam-jam. Oleh karena itu, kebanyakan orang memang langsung melakukan peregangan atau ngulet saat bangun tidur.

Kebiasaan  ini memang sepele, namun manfaat ngulet bisa membantu otot tubuh  jadi lebih fleksibel, terutama bagian leher, tangan, dan kaki. Ini akan membuat kamu jadi lebih segar saat bangun tidur dan siap memulai hari.

7. Meredakan Stres

Khasiat ngulet saat bangun tidur adalah bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan stres. Tidur bukanlah satu-satunya cara untuk mengurangi stres, namun perlu kamu bantu dengan ngulet saat membuka mata.

Terkadang kita malas menghadapi hari karena berbagai penyebab. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan ngulet. Memang tak benar-benar menghilangkan stres, namun cara ini bisa menenangkan diri kamu di pagi hari.

Itu dia berbagai macam manfaat ngulet untuk tubuh jika dilakukan secara perlahan dan tidak berlebihan. Ada baiknya jangan terlalu sering untuk menghindari bahaya ngulet.

Kalau kamu sering sakit leher atau sakit badan saat bangun tidur, itu tanda harus ganti kasur. Coba gunakan kasur INTHEBOX dan bantal guling INTHEBOX untuk tidur lebih nyaman. Sudah banyak yang membuktikannya!

Cek pilihan spring bed INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

kelebihan-kekurangan-kasur-busa-inthebox.jpg
14 July 2020
Berniat beli kasur busa? Coba cek dulu kelebihan kasur busa dan kekurangan kasur busa. Banyak orang yang memiliki jenis kasur ini, tapi belum tahu infonya. Baca faktanya di sini! Selengkapnya
ukuran-kasur-no-2-inthebox.jpg
5 January 2019
Pernah dengar seseorang menyebut ukuran kasur no 2? Kira-kira ukurannya berapa, ya? Nah, jangan sampai kamu tidak tahu karena bisa saja kamu salah beli sprei atau kelambu karena tidak tahu ukuran kasur yang benar. Baca tuntas ulasan singkat dari inthebox, deh! Selengkapnya
kasur-untuk-nyeri-punggung-inthebox.jpg
10 August 2018
Kamu pernah atau sering merasa sakit punggung saat bangun tidur? Wah, jangan-jangan ada yang salah dengan kasur atau posisi tidur kamu. Kalau begitu, sebaiknya ketahui dulu cara dan tips memilih kasur untuk nyeri punggung! Selengkapnya
CS1