Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
manfaat-istirahat-inthebox.jpg

15 Manfaat Istirahat bagi Tubuh, Bikin Panjang Umur!

18 October 2019

Apa manfaat istirahat bagi kita? Meskipun sebentar, manfaat beristirahat tergolong sangat banyak. Khasiatnya mulai dari mengembalikan energi, stamina, dan semangat. Sayangnya, banyak yang mengabaikannya. Perlu kamu tahu kalau salah satu bentuk istirahat yang paling efektif adalah tidur.

Manfaat Istirahat dan Tidur Cukup bagi Tubuh

Istirahat sejenak dari kegiatan ternyata sudah bisa membuat tubuh merasakan khasiatnya. Lebih lengkapnya, berikut ini berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan:

1. Tubuh Aktif di Siang Hari

Istirahat yang cukup dan tidur berkualitas tentu akan membuat tubuh menjadi lebih aktif. Ini akan membuat produktivitas harian menjadi terjaga dengan baik. Kalau kamu kurang tidur 1-2 jam, dapat dipastikan tubuh akan lemas atau mengantuk di siang hari.

2. Tubuh Lebih Berstamina

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, fungsi istirahat bisa membuat tubuh lebih berenergi untuk melakukan aktivitas harian. Tubuh berstamina akan membuat hasil kerja menjadi lebih maksimal. Khusus anak dan remaja, bukan tidak mungkin bisa meningkatkan prestasi di sekolah.

3. Membantu Pertumbuhan

Manfaat yang satu ini menjadi sangat penting untuk anak-anak. Perlu ditekankan kalau pertumbuhan di sini juga berlaku terhadap orang dewasa karena dapat memperbaiki sel, jaringan, dan meningkatkan massa otot.

4. Menjaga Berat Badan

Kamu tidak perlu takut gemuk atau gendut kalau selalu beristirahat dengan cukup. Faktanya, manfaat istirahat adalah bisa menekan risiko obesitas karena hormon ghrelin dan leptin yang mengatur rasa lapar dan kenyang pun akan terjaga. Ini membuat rasa lapar akan terkontrol dengan sangat baik.

5. Memperkuat Sitem Imun

Akibat kurang istirahat akan membuat tubuh jadi cepat lelah dan lemas, sehingga akhirnya bisa gampang sakit. Sistem imun atau kekebalan tubuh bisa meningkat jika kamu beristirahat cukup dan teratur. Jangan sia-siakan khasiat istirahat yang satu ini karena bisa membuat tubuh selalu fit setiap hari.

6. Tubuh Lebih Sehat

Banyak sumber menjelaskan bahwa dampak kurang tidur bisa meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti diabetes, stroke, ginjal, jantung, dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Ketika istirahat atau tidur dengan cukup, maka hormon insulin akan bekerja maksimal, sehingga gula darah dapat terkontrol dengan baik.

7. Memperbaiki Mood

Suasana hati atau mood yang buruk tentu akan sangat mengganggu aktivitas harian. Ketika sedang bad mood, maka kita akan cepat marah, stres, susah konsentrasi, dan tidak sabaran. Kondisi ini bisa dihindari dengan mudah jika kamu selalu istirahat dan tidur cukup.

8. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat istirahat ternyata bisa mencerahkan kulit wajah. Secara tidak sadar, akan muncul kerutan-kerutan kecil di wajah jika kurang tidur atau kurang istirahat. Jika diperhatikan, raut wajah orang yang tidak istirahat cukup pasti akan terlihat lesu.

9. Meningkatkan Fokus

Fokus sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas harian. Berdasarkan penelitian psikologi, ketika seseorang kurang istirahat, maka risiko cedera atau kecelakaan akan meningkat. Hal ini disebabkan oleh pikiran yang tidak fokus.

10. Meningkatkan Daya Ingat

Kamu mudah lupa? Faktanya, kurang istirahat menyebabkan kita jadi pelupa atau pikun. Ini disebabkan saat tidur, otak malah bekerja maksimal untuk memproses dan memperkuat ingatan kita. Tentu kalau kurang tidur, otak pun tidak akan bekerja dengan baik.

11. Meningkatkan Kreativitas

Perlu diketahui bahwa istirahat sejenak bisa meningkatkan kreativitas kamu. Jika kamu merasa lelah saat bekerja, maka tidak ada salahnya istirahat sekitar 15 menit. Meskipun sebentar, pikiran dan otak akan menjadi lebih segar.

12. Mengatasi Masalah Seksual

Manfaat istirahat ternyata juga bisa mengatasi masalah rumah tangga. Dikutip dari berbagai sumber, diketahui bahwa istirahat yang cukup sangat berkaitan erat dengan kehidupan seksual. Jika beristirahat dengan cukup, maka gairah pun akan terjaga dan yang paling penting kadar hormon testosteron pria akan meningkat.

13. Membantu Regenerasi Sel

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di University of Washington, Amerika Serikat menyebutkan bahwa istirahat cukup bisa membantu proses regenerasi sel tubuh. Ketika tidur, tubuh akan memproduksi semua hormon yang dibutuhkan. Jika kurang tidur, maka pertumbuhan hormon akan terganggu.

14. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan. Risiko penyakit jantung ternyata bisa dikurangi dengan istirahat yang cukup. Selain tidur yang cukup, kamu juga perlu mengimbangi dengan pola hidup sehat.

15. Panjang Umur

Manfaat istirahat bagi tubuh yang terakhir dan tidak terduga adalah membuat panjang umur. Belum banyak penelitiannya, namun ada riset yang dilakukan terhadap wanita berusia 50-80 tahun. Hasilnya, banyak wanita yang meninggal lebih muda karena hanya tidur 5 jam per hari.

Kalau kamu ingin mendapatkan semua manfaat di atas, maka pastikan juga kenyamanan tidurmu. Coba gunakan spring bed INTHEBOX dan juga bantal guling INTHEBOX. Dijamin tubuh bisa beristirahat dengan maksimal. Cek pilihan produknya di sini!

ARTIKEL LAINNYA

Review INTHEBOX 101: Kelebihan, Ukuran, dan Harga
1 December 2020
Salah satu produk INTHEBOX adalah INTHEBOX 101, yang dihadirkan dalam rangka merayakan 101 ribu pengikut INTHEBOX di Instagram. Berikut adalah review INTHEBOX 101 yang membahas kelebihan, ukuran, dan harga dari INTHEBOX 101! Selengkapnya
Ukuran Kasur No 2: Setara Kasur Queen atau Dobel
5 January 2019
Pernah dengar seseorang menyebut ukuran kasur no 2? Kira-kira ukurannya berapa, ya? Nah, jangan sampai kamu tidak tahu karena bisa saja kamu salah beli sprei atau kelambu karena tidak tahu ukuran kasur yang benar. Baca tuntas ulasan singkat dari inthebox, deh! Selengkapnya
10 Bagian Tempat Tidur dan Spring Bed
24 July 2018
Siapapun pasti setuju kalau kasur adalah tempat paling nyaman untuk beristirahat dan bersantai di rumah. Nah, apakah kamu sudah tahu bagian-bagian tempat tidur dan spring bed? Artikel ini akan membahas dengan detail agar kamu tak salah pilih tempat tidur yang sesuai dengan kebutuhan! Selengkapnya
CS1