Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*

8 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Perkembangan Anak

3 February 2019
manfaat-membaca-dongeng-inthebox.jpg

Ada banyak cara membuat anak agar lebih cepat tertidur. Salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh para orang tua adalah membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur. Faktanya, ternyata ada banyak manfaat dongeng sebelum tidur, lho!

Manfaat Membaca Dongeng untuk Anak Sebelum Tidur

Banyak yang menganggap bahwa manfaat membacakan dongeng untuk anak adalah untuk menemaninya hingga tertidur. Ternyata bukan hanya itu. Ada banyak manfaat dongeng yang perlu diketahui, khususnya oleh para orang tua yaitu:

1. Melatih Imajinasi Anak

Setiap orang yang mendengarkan cerita tentu akan berimajinasi seperti apa kejadiannya. Begitu pun dengan anak-anak. Jika para orang tua rutin membacakan dongeng di malam hari, maka akan membantu melatih dan meningkatkan kemampuan berimajinasi anak. Secara jangka panjang, biasa berimajinasi akan membuat anak

2. Melatih Fokus dan Konsentrasi Anak

Tanpa disadari, manfaat membacakan dongeng untuk anak ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk melatih fokus dan konsentrasi si kecil. Anak yang dalam posisi sudah siap tidur di kasur kesayangannya tentu akan menyimak dengan baik rangkaian kata berisi dongeng yang diucapkan oleh orang tuanya. Berikan juga pertanyaan-pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan isi dongeng untuk membiasakannya lebih fokus.

3. Mengasah Daya Ingat Anak

Salah satu manfaat dongeng sebelum tidur untuk si kecil adalah mengasah daya ingatnya sejak dini. Kamu juga bisa lebih mengasah daya ingatnya dengan cara membuat berdongeng jadi lebih menarik, misalnya buat ceritanya bersambung untuk keesokan harinya. Dengan demikian, anak akan berusaha menyimak dan mengingat-ingat seperti apa cerita sebelumnya.

4. Memperkaya Kosa Kata

Manfaat dongeng untuk anak yang berikutnya adalah bisa menambah kosa kata. Anak-anak perlahan-lahan akan menyerap kata-kata orang tua. Jadi, jangan kesal jika anak banyak bertanya ketika kamu sedang menceritakan dongeng sebelum tidur. Anak yang dibekali kosa kata akan tampil lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya.

5. Meningkatkan Pemahaman Berbahasa

Selain menambah kosakata, manfaat membaca dongeng juga bisa menambah kemampuan berbahasa anak. Setiap anak tentu akan menyimak apa yang diceritaka untuk bisa membayangkan kejadian sebenarnya, maka kata demi kata akan mereka perhatikan. Oleh karena itu, manfaatkan momen ini dengan menggunakan kalimat yang baik agar si kecil lebih memahami pola dan struktur kalimat.

6. Membuat Anak Jadi Suka Membaca

Percaya atau tidak, manfaat dongeng anak sebelum tidu mampu memupuk kegemaran membaca pada anak. Sebagian besar anak akan merasa penasaran dan tidak puas dengan mendengarkan beberapa cerita. Anak akan penasaran dan bahkan tidak jarang meminta untuk dibacakan cerita yang sama berulang kali. Jika seperti ini, maka ajak anak membaca buku cerita bersama-sama sebelum tidur agar membuatnya gemar membaca.

7. Membentuk Karakter Anak

Manfaat membaca dongeng sebelum tidur untuk anak juga bisa turut membentuk karakternya. Imajinai anak yang kuat akan membuatnya belajar dari kisah dongeng yang diceritakan setiap sebelum tidur. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyelipkan pesan moral setiap kali bercerita secara sederhana agar anak mengikuti hal-hal yang positif.

8. Memperkuat Ikatan Orang Tua dengan Anak

Tidak jarang anak dan orang tua tidak memiliki unsur kedekatan. Salah satu penyebabnya adalah orang tua yang bekerja dan sibuk, sehingga tidak memiliki waktu ekstra untuk sang buah hati. Cara menyiasatinya sebenarnya mudah. Salah satu manfaat membacakan dongeng untuk anak adalah bisa memperkuat ikatan orang tua dengan anak sejak kecil. Anak akan merasa nyaman dan momen bercerita sebelum tidur akan selalu dinantikannya.

Ternyata ada banyak manfaat dongeng yang dibacakan untuk anak sebelum tidur, ya?

Jangan hanya berdongeng, pastikan juga anak tidur di atas kasur yang nyaman agar tidak terbangun di malam hari dan mendukung masa pertumbuhannya. Jangan coba-coba, pilihlah spring bed INTHEBOX yang sudah terbukti nyaman dan juga memberikan garansi pegas 10 tahun.