Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
pexels-andrea-piacquadio-3807536-min1.jpg

4 Manfaat dan Tips Mendengarkan Musik Saat Tidur

23 December 2020

Musik atau lagu adalah alat luar biasa yang mampu meningkatkan kesehatan emosional, performa, kreatifitas, terapi, dan bahkan kualitas tidur. Saat tidur, musik atau lagu bisa membantumu lebih rileks. Dengan hadirnya layanan streaming musik sampai speaker portable, manfaat musik untuk tidur jauh lebih bisa dirasakan. Lantas apa saja manfaat mendengarkan musik saat tidur?

Sebelum membahas manfaat dari mendengarkan musik saat tidur, mungkin kalian bertanya-tanya? Memangnya boleh mendengarkan musik saat tidur? Jawabannya, boleh!

Apa Manfaat Mendengarkan Musik Saat Tidur?

Nafas dan Detak Jantung Melambat

Saat kita mendengarkan musik yang menenangkan dan lembut, tanpa disadari, nafas kita dengan sendirinya mengikuti ritme yang dibawa oleh musik. Hal ini bisa mempermudah kita untuk terlelap.

Mengurangi Ketegangan Tubuh

Otot-otot tubuh akan menjadi lebih rileks ketika kita mendengarkan musik yang menenangkan, tubuh akan mengeluarkan ketegangan yang seharian tertahan sebagai cara alami merespon stress.

Mengurangi Stress dan Cemas

Musik dikenal mampu meningkatkan mood, dan mood kita juga sangat berpengaruh dengan kualitas tidur kita. Tentu saja kita lebih mudah tertidur ketika mood kita baik dan positif. Sebaliknya, saat kita dilanda cemas dan banyak pikiran, kita akan jauh lebih sulit tertidur.

Jadi dengan mendengarkan musik yang lembut membantu kita mengurangi emosi negatif, sehingga kita bisa tidur lebih baik.

Merangsang Hormon yang Bisa Membantu Terlelap

Dopamin dan oksitosin bisa dirangsang dengan mendengarkan musik. Keduanya mampu menghasilkan rasa rileks dan tenang yang membuatmu lebih siap untuk tidur. Musik yang kita sukai juga bisa membuat kita memproduksi serotonin, yaitu hormon yang membuat kita senang.


Membuat Musik Menjadi Rutinitas Tidur yang Menyehatkan

Musik bisa menjadi bagian penting yang menyehatkan dari ritualmu sebelum tidur. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

  • Jadikan kebiasaan: Tidur sangat berkaitan erat dengan kebiasaan dan rutinitas. Jadi biasakan meluangkan waktu untuk mendengarkan musik sebelum tidur. Konsistensi sangat penting, agar tubuh bisa beradaptasi dengan optimal.
  • Temukan lagu yang kamu nikmati: Buat daftar putar atau playlist dari lagu-lagu yang kamu sukai sebelum tidur. Pastikan lagu yang kamu pilih memiliki tempo yang lambat dan membuatmu rileks.
  • Hindari lagu yang membuatmu emosional: Memilih lagu yang mengingatkanmu akan kenangan buruk di masa lalu atau ikatan emosional dengan seseorang sebaiknya dihindari. Pilih lagu yang netral, yang tidak mengingatkanmu akan sesuatu, sehingga otak bisa fokus untuk tertidur.
  • Hindari penggunaan earphone atau headphone: Alat ini bisa merusak saluran pendengaramu ketika tidur, apalagi kalau diatur dalam volume yang kencang. Belum lagi kotoran yang menumpuk dan saluran udara dalam telinga yang tersumbat dalam waktu yang lama. Gunakan speaker dan putar musik dalam volume yang rendah.


ARTIKEL LAINNYA

8 Arti Mimpi yang Salah Satunya Kamu Pasti Alami Sekali Seumur Hidup
18 July 2022
Arti mimpi merupakan dua kata banyak cerita, berikut merupakan 8 Arti Mimpi yang Salah Satunya Kamu Pasti Alami Sekali Seumur Hidup, apakah kamu pernah mengalami salah satu mimpinya? Selengkapnya
8 Cara Tidur Orang Asma (Dilengkapi Posisi Tidur Nyaman)
21 January 2019
Ketika penyakit asma berat kambuh, penderitanya pun akan susah tidur semalaman. Hal ini bisa diatasi dengan mengetahui seperti apa cara tidur orang asma. Posisi tidur saat asma kambuh juga tidak boleh sembarangan agar kondisi cepat membaik dan pulih. Selengkapnya
11 Posisi Tidur Pasangan yang Romantis dan Artinya
26 September 2019
Seperti apa posisi tidur bersama pasanganmu? Ada banyak pilihan posisi tidur pasangan yang romantis disertai dengan berbagai arti yang tak terduga. Coba cek posisi tidur favorit kalian dan temukan apa maknanya dalam artikel ini! Selengkapnya
CS1