Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
6 Alasan Kurang Tidur Bikin Gemuk, Ini Faktanya!
5 September 2018
kenapa-kurang-tidur-bikin-gemuk-inthebox_1.jpg

Percayakah kamu kalau ternyata tidur berkaitan erat dengan masalah berat badan? Banyak sumber mengungkapkan bahwa kurang tidur bisa menambah berat badan. Kok bisa ya kurang tidur bikin gemuk? Nah, temukan alasan dan faktanya dalam artikel ini!

Kenapa kurang tidur bikin gemuk? Berbagai sumber menjelaskan kalau alasan kurang tidur bikin gemuk yaitu karena:

1. Metabolisme Tubuh Terganggu

Ketika kamu kurang tidur, otomatis metabolisme tubuh pasti terganggu dan pasti akan menurun. Jika hjal ini terjadi, maka proses pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh pun akan ikut terganggu. Keduanya akan jadi lebih lambat dari biasanya, sehingga kamu akan susah kurus.

Jika diperhatikan, hal ini bisa dibilang sebagai efek berantai bagi tubuh. Kurang tidur bikin gemuk pun bukan isapan jempol belaka. Kegemukan memang bisa terjadi karena kamu kurang tidur dan mengakibatkan metabolisme tubuh tak berjalan semestinya.

2. Pembakaran Kalori Lebih Sedikit

Jangan salah, ternyata pembakaran kalori bukan hanya terjadi ketika kita beraktivitas. Faktanya, pembakaran kalori juga berjalan efektif ketika kita sedang tidur. Seperti yang kita tahu bahwa kalori adalah salah satu yang memengaruhi berat badan seseorang.

Ada sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition yang secara khusus membahas soal ini. Dijelaskan bahwa orang yang kurang tidur mengalami pembakaran kalori akan terjadi 5 persen lebih sedikit daripada yang cukup tidur.

3. Terjadi Perubahan Kadar Hormon

Alasan lain yang menyebabkan kurang tidur bikin gemuk yaitu adanya perubahan kadar hormon dalam tubuh. Ketika kamu kurang tidur, hormon leptin dan ghrelin akan meningkat, terlebih lagi kalau kamu tidur di bawah 7 jam. Kedua hormon ini sangat berhubungan erat dengan pengontrolan nafsu makan.

Ketika kedua hormon ini meningkat karena kurang tidur, maka kamu akan merasa lebih cepat dan sering lapar. Awalnya mungkin bisa ditahan, namun lama-kelamaan bisa saja kamu tak bisa mengontrol pola makan yang akhirnya kamu menjadi gemuk.

4. Kadar Lemak dalam Tubuh Meningkat

Ketika seseorang kurang tidur, maka dirinya akan lebih mudah merasa lapar karena organ-organ tubuhnya tidak sepenuhnya beristirahat. Berbeda halnya dengan orang yang cukup tidur, maka akan merasa jarang lapar meski beraktivitas seharian.

Informasi tambahan, ketika kita tidur, maka hormon ghrelin yang memicu resistensi lemak akan tetap diproduksi dengan normal, namun saat kamu kurang tidur atau tidur di bawah 5 jam, maka hormon tersebut akan naik dan inilah yang menyebabkan kurang tidur bikin gemuk.

5. Lebih Asal dalam Memilih Makanan

Ketika kamu begadang, pasti akan merasa lapar menjelang tengah malam. Jika ditahan, rasa lapar akan semakin menyiksa dan akhirnya kamu memakan apa saja yang tersedia di rumah. Kebiasaan inilah yang menyebabkan kenapa kurang tidur bikin gemuk.

Sebenarnya mengonsumsi sesuatu saat begadang tak ada salahnya jika kamu bisa memilih makanan yang baik dan mudah dicerna oleh tubuh. Pilih makanan yang tidak tinggi kalori dan lemak seperti buah-buahan.

6. Lebih Malas Bergerak

Kurang tidur di malam hari akan membuat kamu lemas keesokan harinya. Kamu pun jadi lebih malas untuk bergerak dan pada akhirnya bikin gemuk karena pembakaran kalori dan lemak jadi tidak maksimal.  

Itu dia beragam penyebab kenapa kurang tidur bikin gemuk. Jadi, jangan coba-coba begadang kalau kamu sama sekali tidak ada keperluan. Kegemukan bukan hanya membuat penampilan tidak menarik, namun juga berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Jika selama ini kamu kurang tidur karena kasur yang tidak nyaman, cobalah untuk beralih menggunakan spring bed InTheBox!