Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*

5 Alasan Kenapa Manusia Butuh Tidur (Ilmiah)

4 September 2018
alasan-manusia-butuh-tidur-inthebox.jpg

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa manusia butuh tidur? Bukan serta merta karena mengantuk, ternyata ada banyak alasan mengapa tubuh kita butuh tidur. Mulai dari untuk mengembalikan mood hingga meningkatkan kinerja otak bisa kamu dapatkan dengan tidur cukup.

Banyaknya manfaat tidur ternyata belum banyak dipahami oleh banyak orang. Buktinya, banyak yang mengabaikan waktu tidur dengan begadang. Tidur pun jadi hanya dianggap sebagai rutinitas harian tanpa peduli dengan durasi waktu tidur seharusnya.

Ternyata, ini alasan kenapa manusia butuh tidur berdasarkan fakta ilmiah:

1. Mengembalikan Stamina

Kita tentu banyak menghabiskan waktu untuk beraktivitas seharian yang tentu sangat menguras tenaga dan pikiranBukan berarti aktivitas tak menguras tenaga tak butuh tidur, aktivitas yang dilakukan dengan berpikir juga sama-sama butuh tidur.

Saat tubuh kita tidur dengan cukup, ini akan memulihkan stamina yang bsia kita gunakan untuk bergerak dan berpikir keesokan harinya. Belajar dan bekerja pun jadi lebih maksimal karena bisa berkonsentrasi dengan baik. Inilah yang menyebabkan kenapa manusia butuh tidur.

2 Memperbaiki Sel-Sel yang Rusak

Alasan ilmiah kenapa manusia butuh tidur yang berikutnya adalah untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Bukan tidak mungkin kalau setiap harinya pasti ada sel tubuh kita yang rusak dan membutuhkan regenerasi sel.

Ketika tidur, tubuh akan dapat dengan maksimal melakukan regenerasi sel mulai dari produksi hormon hingga membuat sel-sel otot baru. Oleh karena itu, wkatu tidur yang cukup sangat dibutuhkan agar sel-sel di dalam tubuh bisa cepat terganti.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Percaya atau tidak, tidur adalah cara mudah dan gratis untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Bisa dikatakan juga bahwa manusia butuh tidur untuk memberikan perlindungan bagi dirinya sendiri dari serangan beragam jenis penyakit.

Dikutip dari beragam sumber, ada sebuah teori evolusi yang mengungkapkan bahwa tidur merupakan cara untuk melindungi tubuh dan juga menghemat energi. Dengan kata lain, kalau kamu akan beraktivitas berat keesokan harinya, maka tidur sangat dibutuhkan oleh tubuh.

4. Meningkatkan Kerja Otak

Tahukah kamu? Ternyata manusia butuh tidur untuk meningkatkan kinerja otak. Diktip dari berbagai sumber, saat kita tidur, maka otak akan memproses semua hal yang dialami seharian dan meningkatkan ingatan jangka panjang.

Tak cukup sampai di situ, penelitian juga mengungkapkan bahwa kinerja otak ada pada titik maksimal ketika tidur. Racun-racun yang ada dalam sistem saraf pusat pun dikeluarkan oleh otak dan ini membuat kita terbebas dari penyakit Alzheimer.

5. Mengembalikan Mood

Pernah merasa bad mood seharian? Ternyata hal ini bisa kamu siasati dengan tidur secukupnya. Saat tidur, tubuh dan pikiran kamu akan jauh merasa lebih rileks dan kondisi ini juga bisa mengembalikan mood atau suasana hati menjadi jauh lebih baik.

Bisa juga ketika kamu merasa bad mood, itu disebabkan oleh kurang tidur. Tak jarang juga seseorang yang kurang tidur atau bahkan tidak tidur semalaman, mood-nya sangat berantakan dan jadi lebih mudah marah. Jadi, bisa dikatakan manusia butuh tidur untuk memperbaiki mood.

Kini kamu sudah tahu ‘kan kenapa manusia butuh tidur? Jangan pernah sepelekan waktu tidur yak arena ternyata sangat banyak manfaat tidur bagi kesehatan. Saat kamu kurang tidur, maka otomatis kesehatan bisa terganggu.

Pastikan tidurmu cukup dan selalu nyaman dengan menggunakan kasur yang tepat seperti spring bed InTheBox. Permukaannya yang empuk dan lembut dapat dipastikan akan membuat tidur jadi lebih nyenyak dan kamu bisa semangat untuk menjalani aktivitas esok hari.