Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
Kasur Kapuk: Kelebihan, Kekurangan, Harga
19 August 2018
kasur-kapuk-inthebox.JPG

Sebagian dari kita mungkin ada yang pernah menggunakan kasur kapuk. Sayangnya, keberadaan jenis kasur yang satu ini mulai sulit ditemukan karena popularitasnya kalah dengan kasur spring bed dan latex. Meskipun demikian, kita bahas dulu kelebihan dan kekurangan kasur kapuk sebagai bahan pertimbangan sebelum menentukan pilihan.

Apa Itu Kasur Kapuk?

Kasur kapuk adalah kasur tradisional yang sempat menjadi primadona pada masanya. Sesuai dengan namanya, kasur ini terdiri dari bahan utama kapuk. Tingkat keempukannya pun bisa kita atur sendiri dengan menyesuaikan seberapa banyak isi kapuk yang akan digunakan.

Harga kasur kapuk tergolong sangat murah jika dibandingkan dengan jenis kasur lain. Ini disebabkan oleh material kasur yang didominasi oleh bahan alami. Sayangnya, kini jenis kasur yang satu ini sudah mulai ditinggalkan dan cukup sulit ditemukan karena dianggap ketinggalan zaman.

Khusus bagi kamu yang pernah memakainya, pasti tidak asing dengan lapisan luar berupa kain katun bermotif garis-garis yang khas. Kalau diperhatikan jenis kasur yang satu ini juga memiliki ciri khas berupa jahitan-jahitan kecil yang membuat benjolan-benjolan di permukaannya.

Kelebihan Kasur Kapuk

Setelah kita tahu pengertian kasur kapuk, alangkah lebih baiknya kita bahas juga mengenai kelebihan kasur kapuk. Siapa tahu masih ada dari kamu yang tertarik kembali menggunakan kasur kapuk. Ini dia kelebihan kasur kapuk:

1. Harga Kasur Kapuk Murah

Seperti yang sudah dikatakan sejak awal, harga kasur kapuk memang tergolong sangat murah jika dibandingkan dengan jenis kasur lainnya. Ini didukung oleh penggunaan bahan alami dan tak ada material tambahan lainnya.

2. Tingkat Keempukan Kasur Bisa Disesuaikan

Berbeda dengan jenis kasur lain, kelebihan kasur kapuk adalah bisa menyesuaikan sendiri tingkat keempukan kasur berdasarkan kebutuhan dan selera kamu. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan mengatur seberapa banyak kapuk untuk isian kasur.

3. Tidak Panas Saat Digunakan

Meski harga kasur kapuk tergolong murah, jangan ragukan kenyamanannya!

Bukan rahasia lagi kalau kasur yang satu ini sangat empuk dan permukaannya tidak panas saat digunakan meski cuaca sedang panas. Tentu ini akan membuat tidur kamu jadi sangat nyaman semalaman.

4. Perawatan Sangat Mudah

Pernah menjadi primadona, nyatanya perawatan kasur kapuk sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menambahkan kapuk ketika sudah mulai kempes dan jangan lupa untuk rutin menjemurnya di baah terik matahari untuk membuat isian kasur kembali mengembang.

Kekurangan Kasur Kapuk

Setelah kita lihat berbagai kelebihan kasur kapuk, tentu jenis kasur yang satu ini pun tak lepas dari kekurangan. Adanya beragam kekurangan membuat para penggunanya pun perlahan mulai meninggalkannya.

Ini dia beberapa kekurangan kasur kapuk:

1. Isian Kasur Sudah Sulit Ditemukan

Perkembangan zaman membuat semakin banyak produsen kasur yang menawarkan beragam jenis kasur dengan kelebihan tertentu. Tak bisa dipungkiri bahwa popularitas kasur busa mulai kalah dengan kasur spring bed dan latex.

Berkurangnya pengguna membuat produsen pun berkurang, sehingga isian kasur yang berupa kapuk mulai sulit ditemukan. Padahal, kapuk sangat dibutuhkan ketika kasur sudah mulai kempes dan membutuhkan tambahan kapuk.

2. Ukuran Kasur Bisa Tidak Sesuai Standar

Perlu kamu ketahui kalau pembuatan kasur kapuk umumnya dilakukan secara manual oleh para pengrajin dan tidak menggunakan mesin. Oleh karena itu, jangan heran kalau jenis kasur ini ada yang tidak sesuai ukuran standar.

3. Menyebabkan Alergi Pernapasan

Kalau kamu atau anggota keluarga ada yang memiliki riwayat penyakit asma atau alergi, sangat tidak disarankan menggunakan kasur kapuk. Sederhana saja, ini disebabkan oleh material utama yang terdiri dari kapuk yang tentu memiliki partikel-partikel kecil. Inilah yang membuat kamu jadi alergi dan semakin tersiksa kalau punya riwayat asma.

4. Bisa Menjadi Sarang Tungau

Kekurangan kasur kapuk yang terakhir adalah bisa menjadi sarang debu dan tungau. Debu dan tungau dapat dengan mudah bersarang di sela-sela permukaan kasur karena memang banyak lelukannya. Jadi, kalau kamu bukan orang yang rajin, maka sangat tidak disarankan menggunakan jenis kasur ini.

Ya, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu kasur kapuk, kelebihan kasur kapuk, dan kekurangan kasur kapuk. Semoga bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli kasur.

Kalau kamu tetap ingin pakai kasur spring bed, tak perlu bingung memilih merek yang bagus. Kini sudah tersedia spring bed modern yang dilengkapi dengan beragam teknologi, yaitu spring bed InTheBox.