Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
jet-lag-inthebox.jpg

Jet Lag Ternyata Disebabkan Kurang Tidur, Ini Faktanya!

17 October 2018

Kita tentu sudah tidak asing dengan istilah jet lag, namun tahukah kamu kalau ternyata kurang tidur adalah salah satu penyebab utama jet lag? Nah, kali ini inthebox akan menjelaskan mulai dari pengertian, gejala, penyebab, dan cara mengatasi jel lag.

Apa Itu Jet Lag?

Jet lag adalah gangguan tidur sementara yang biasanya terjadi setelah seseorang melakukan penerbangan yang melintasi zona waktu berbeda. Kondisi ini akan membuat jam biologis terganggu karena harus beradaptasi dengan perubahan waktu.

Ketika seseorang jet lag, biasanya ia akan susah tidur atau malah lebih banyak tidur. Semakin banyak zona waktu yang terlewati, maka kemungkinan untuk mengalami jet lag akan semakin besar. Ini juga berlaku pada seseorang yang baru pertama kali melakukan perjalanan menuju zona waktu yang berbeda.

Gejala Jet Lag

Tak jarang seseorang tak sadar kalau dirinya sedang mengalami jet lag, terlebih jika baru pertama kali mengalaminya. Bukan tanpa alasan, biasanya memang gejala jet lag akan berbeda satu sama lain.

Lebih jelasnya, beberapa gejala jet lag adalah:

  • Mengalami gangguan tidur, seperti insomnia atau terlalu banyak tidur
  • Pusing atau sakit kepala
  • Tubuh merasa lemas berlebihan
  • Nyeri otot di beberapa bagian
  • Sulit konsentrasi
  • Jadi lebih mudah marah
  • Mengalami gangguan pencernaan, seperti diare atau konstipasi
  • Mual dan muntah
  • Gangguan menstruasi pada wanita

Gejala jet lag akan terasa lebih parah jika kamu melakukan penerbangan melintasi beberapa zona waktu. Dengan kata lain, semakin jauh dan semakin banyak zona waktu yang dilewati, maka gejala jet lag bisa semakin parah.

Penyebab Jet Lag Adalah Kurang Tidur

Percaya atau tidak, kurang tidur adalah salah satu penyebab utama jet lag. Sebenarnya, apa korelasi jet lag dengan kurang tidur?

Hal ini sebenarnya masih memiliki korelasi dengan penyesuaian zona waktu. Di mana tak jarang seseorang akan merasa susah tidur. Kurang fitnya tubuh pun bisa menjadi faktor kurang tidur yang jadi penyebab jet lag.

Selain kurang tidur, penyebab jet lag adalah hal-hal yang sudah dijelaskan sejak awal yaitu penyesuaian tubuh terhadap zona waktu yang baru. Perbedaan waktu satu jam pun akan membuat tubuh harus beradaptasi.

Sebagai informasi, efek jet lag biasanya akan sangat terasa apabila kamu bepergian naik pesawat dari arah timur ke barat.

Cara Mengatasi Jet Lag

Perlu ditekankan terlebih dahulu bahwa jet lag bukanlah masalah kondisi medis yang serius. Jet lag artinya bisa pulih secara alami dalam kurun waktu beberapa hari. Cara mengatasi atau mengobatinya tentu dengan melakukan penyesuaian terhadap jam biologis.

Kamu juga bisa melakukan beberapa cara mengatasi jet lag berikut ini:

  • Atur jam makan sesuai zona waktu yang baru
  • Coba tidur sesuai dengan zona waktu yang baru
  • Beraktivitas di luar ruangan agar tubuh tidak kaget

Ketika mengalami jet lag, tak jarang seseorang ingin tidur lebih lama dari biasanya. Nah, sebisa mungkin hindari tidur siang dalam jangka waktu yang cukup lama saat kamu mengalami jet lag untuk menghindari gangguan jam biologis tubuh.

Ketika sudah kembali ke kota awal, kamu juga bisa mengatasi jet lag dengan beristirahat maksimal ketika sudah sampai untuk membuat tubuh kembali fit. Pastikan kamu menggunakan kasur yang nyaman, sehingga tak mudah terbangun ketika sedang beristirahat.

Salah satu solusi jet lag adalah dengan menggunakan kasur INTHEBOX ketika beristirahat. Dijamin tubuh kamu akan kembali menyesuaikan diri dan bangun dengan segar.

ARTIKEL LAINNYA

Mau Dapat Uang Tanpa Turun Dari Tempat Tidur? Bisa!
27 February 2018
Kini mulai banyak bermunculan profesi baru yang nggak menuntut kamu pergi ke mana-mana. Mulai dari penulis, web designer, translator, IT developer, animator, vlogger hingga buka toko online sendiri! Selengkapnya
Beli Furnitur Itu Berat, Sudah Miliki Saja Spring Bed In The Box
8 April 2018
Membeli furnitur selalu menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari biaya membeli furnitur, sewa truk hingga biaya jasa kurir. Biarpun beberapa toko furnitur biasanya memberikan potongan harga, tapi ternyata ada cara lebih praktis yang bisa ditempuh, lho. Apalagi, jika kamu berencana untuk membeli kasur. Selengkapnya
Merekam Video Unboxing Your Bed Tidak Harus Memakai Kamera Profesional Kok!
7 May 2018
Memiliki waktu luang memang sebaiknya diisi dengan hal-hal positif, apalagi jika bisa mendatangkan keuntungan. Salah satunya mengikuti kompetisi Unboxing Your Bed InTheBox. Caranya cukup dengan mengunggah video yang dibuat dengan durasi 30 hingga 60 detik. Nggak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk peralatan dan perlengkapan merekam super canggih, cukup dengan melakukan beberapa trik berikut ini. Selengkapnya
CS1