Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*

Clinomania, Kecanduan Kasur yang Bikin Mager Seharian

30 August 2018
clinomania-kecanduan-kasur-inthebox.jpg

Kamu sangat suka bermalas-malasan di kasur? Kebiasaan ini memang nyaman, sehingga dilakukan oleh banyak orang apalagi ketika akhir pekan. Dinamakan clinomania, kebiasaan yang satu ini bisa dibilang bahaya bahkan tergolong masalah psikologis. Yuk, kita bahas!

Apa Itu Clinomania?

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada baiknya mengetahui dulu apa itu clinomania agar tidak salah paham, apalagi disebutkan di awal kalau ini tergolong kelainan psikologis.

Clinomania artinya obsesi atau kecanduan pada kasur, sehingga selalu ingin berada di atas kasur dalam kurun waktu yang sangat lama, apalagi ketika cuaca dingin. Bukan hanya beberapa jam, kelainan clinomania bisa menyebabkan berada di atas kasur seharian.

Perlu diketahui bahwa clinomania terdiri dari dua kata yang berasal dari Bahasa Yunani, yaitu “clin” yang artinya tempat tidur dan “mania” yang artinya obsesi atau kecanduan. Oleh karena itu, istilah ini bukan hanya ditujukan kepada seseorang yang berada lama di atas kasur, melainkan melakukan segala aktivitas di atas kasur.

Gejala Clinomania

Kamu juga sering beraktivitas di atas kasur? Apakah tergolong kelainan clinomania? Jangan dulu panik, ada baiknya pahami dulu lebih lanjut mengenai gejala-gejalanya. Ini dia gejala kelainan clinomania:

  1. Ada rasa puas tak terhingga ketika ada di atas kasur.
  2. Merasa malas dan tidak ingin bergerak (mager) saat ada di atas kasur, sehingga tak ingin meninggalkannya.
  3. Selalu ingin melakukan aktivitas apapun di atas kasur, mulai dari tidur, nonton televisi, makan, belajar, dan bekerja.
  4. Alarm atau suara kencang apapun tak akan berhasil emmbangunkan kamu ketika berada di atas kasur.
  5. Ketika ditanya mengenai hobi, maka jawaban kamu adalah tidur atau tetap berada di atas kasur seharian.
  6. Selalu ingin berada di atas kasur saat tidak ada pekerjaan di akhir pekan dan tidak ingin melakukan apapun, bahkan akan merasa malas meski mengambil makanan.
  7. Setiap melihat tempat tidur atau kasur, selalu timbul perasaan nyaman dan hangat, bahkan selalu ingin segera ‘bertemu’ kasur kesayangan.
  8. Tempat tidur atau kasur menjadi tempatuntuk melepas lelah dan mencurahkan isi hati setiap hari.
  9. Kamu tidak memedulikan orang lain atau bahkan bisa ingkar janji untuk bertemu seseorang karena tidak mau beranjak dari kasur.
  10. Beranjak dari kasur bisa membuat kamu menyesal, terlebih jika melakukan aktiviatas yang kurang menyenangkan.

Pengobatan Clinomania Dianjurkan ke Psikolog

Langkah awal untuk menghindari gejala clinomania yang lebih parah adalah dengan memperbanyak kegiatan di luar rumah. Kalau memang kamu adalah tipe orang yang malas keluar rumah, setidaknya sibukkan diri di rumah agar tidak kecanduan kasur.

Sekilas, gangguan ini memang tergolong sepele dan sederhana karena banyak yang melakukan kegiatan di atas kasur, terlebih ketika akhir pekan. Dikutip dari berbagai sumber, nyatanya penderita kelainan clinomania sangat disarankan untuk ke psikolog untuk berkonsultasi.

Pasalnya, ini bukan berupa gangguan tidur. Penderita kelainan clinomania yang obsesi atau kecanduan kasur sudah ada di tahap depresi yang bisa mengakibatkan orang tersebut tidak memilikimotivasi hidup dan tentu tidak produktif.

Kamu tidak mau ‘kan kena kelainan clinomania?

Oleh karena itu, perbanyaklah aktivitas harian dan usahakan kamu tetap produktif meski saat akhir pekan. Pastikan juga istirahat malam kamu selalu cukup agar tak lemas dan bermalas-malasan saat bangun tidur. Yuk, buat istirahat lebih berkualitas dengan pakai kasur InTheBox!