Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
cara-tidur-penderita-asma-inthebox.jpg

8 Cara Tidur Orang Asma (Dilengkapi Posisi Tidur Nyaman)

21 January 2019

Penderita asma berat seringkali memiliki gangguan tidur yaitu susah tidur atau terbangun di malam hari karena sesak dan batuk. Hal ini bisa dihindari dengan mengetahui cara tidur orang asma dan posisi tidur ketika asma kambuh. Tentu jam istirahat kamu pun jadi tidak terganggu.

Cara Tidur Orang Asma agar Lebih Nyenyak

Ada banyak penyebab asma kambuh, umumnya debu dan udara. Ketika kambuh di malam hari tentunya akan sangat emngganggu waktu istirahat, sehingga bisa saja kondisi jadi memburuk di pagi hari. Kamu bisa coba cara tidur orang asma yang nyaman dan nyenyak:

1. Kasur dan Bantal Guling Harus Bersih

Seperti yang kita tahu, penderita asma tentunya sangat sensitif dari paparan debu. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah emmastikan bahwa kasur dan bantal guling selalu bersih dan bebas debu. Perlengkapan tidur adalah salah satu beda yang mengandung banyak kuman dan debu. Sebaiknya bersihkan tempat tidur setiap hari dan usahakan ganti seperangkat sprei sebulan sekali.

2. Jauhkan Benda Berbulu

Debu bisa menempel dengan mudah di benda-benda berbulu. Tentunya cara tidur orang asma tidak boleh berdekatan dengan sesuatu yang berbulu. Biasanya benda berbulu yang ada di kasur adalah selimut dan boneka. Kini pilihlah selimut dan boneka tanpa bulu untuk mencegah asma kambuh di malam hari.

3. Jangan Tidur Bersama Hewan

Cara tidur penderita asma ini masih berkaitan erat dengan poin di atas. Sama halnya dengan selimut dan boneka berbulu, hewan peliharaan yang berbulu pun tidak baik bagi sistem pernapasan. Ini bisa membuat asma berat kambuh atau malah memperparah kondisi ketika asma sudah kambuh.

4. Pasang Humidifier di Kamar Tidur

Fungsi humidifier adalah melembapkan udara di sebuah ruangan yang dalam hal ini adalah kamar tidur. Benda ini akan sangat berguna ketika cuaca sedang kering dan dingin, selain itu juga bisa mencegah debu dan tungau. Penggunaan alat ini juga bisa menjadi salah satu solusi cara tidur ketika asma kambuh.

5. Gunakan Bantal Bertumpuk

Ketika sesak napas, kondisi malah akan memburuk jika posisi tubuh datar. Jadi, cara tidur orang asma akan sangat lebih baik jika menggnakan bantal bertumpuk. Tumpukan bantal yang pas akan membantu mengindari dan jadi solusi ketika asma kambuh.

6. Gunakan Selimut atau Sweater

Penderita asma tidak hanya sensitif terhadap debu, tapi juga dengan udara. Jika udara sedang dingin, pastikan kamu menggunakan selimut atau sweater ketika tidur. Paparan udara dingin akan memicu asma dan sesak napas menjadi kambuh. Kalau dingin sangat tidak tertahankan, kamu juga bisa menggunakan masker saat tidur.

7. Bersihkan Kamar Tidur

Kalau kamu salah seorang penderita asma akut, maka membersihkan seisi kamar menjadi hal yang wajib dilakukan. Cukup pastikan untuk menyapu lantai kamar setiap setelah bangun tidur agar tidak banyak debu. Rutin juga untuk mengganti gorden dan karpet yang ada di kamar, ya!

8. Minum Obat Asma

Ini adalah cara tidur ketika asma kambuh jika semua cara telah dicoba dan tidak berhasil. Meminum obat asma adalah salah satu cara ampuh yang bisa membantu asma jadi membaik dan kamu bisa beristirahat dnegan cukup.

Posisi Tidur Saat Asma Kambuh

Lalu, adakah posisi tidur saat asma yang paling direkomendasikan?

Jika kamu memiliki penyakit asma, cukup pastikan posisi kepala selalu lebih tinggi dan badan tidak oleh sejajar. Posisi tidur penderita asma ini memang paling aman dan nyaman, meski asma sedang tidak kambuh. Posisi kepala yang lebih tinggi akan memudahkan pertukaran udara saat bernapas menjadi lebih lancar.

Khusus posisi tidur saat asma kambuh, cobalah untuk tidur setengah duduk atau sambil bersandar. Kalau merasa tidak nyaman, kamu juga bisa mencoba posisi tidur miring saat asma dengan bantal bertumpuk.

Kenyamanan tidur penderita asma pastinya bisa dimaksimalkan dengan cara menggunakan perlengkapan tidur yang tepat.

Kasur empuk dengan perlengkapan lembut dan tidak panas seperti spring bed INTHEBOX menjadi pilihan yang paling tepat. Bantal INTHEBOX juga bisa menjadi pilihan agar posisi kepala ketika asma bisa tersangga dengan baik dan nyaman.

Cek pilihan produk INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

7 Tips Memilih Kasur Busa yang Bagus dan Awet
21 July 2020
Ketika membeli kasur busa, jangan hanya melihat bagian cover, harga, atau merk. Nyatanya masih ada banyak tips memilih kasur busa yang harus kamu perhatikan. Dengan mengetahui tipsnya, dijamin kasur busa akan awet, nyaman, dan berkualitas. Apa saja tipsnya? Selengkapnya
Harga Kasur Spring Bed INTHEBOX (Lengkap & Murah)
15 September 2019
Harga kasur spring bed INTHEBOX tergolong murah, namun tetap berkualitas. Ketahui juga daftar harga bantal guling INTHEBOX. Temukan promo dan cek selengkapnya! Selengkapnya
Merk Kasur Terbaik yang Bagus dengan Harga Murah
15 January 2019
Tidak bisa dipungkiri kalau ada banyak merk dan jenis kasur di pasaran, sehingga kita bingung untuk memilih mana yang paling bagus dengan harga murah. Oleh karena itu, ketahui apa dan seperti apa merk kasur terbaik yang bagus agar tidak salah beli. Selengkapnya
CS1