Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
volha-flaxeco-jCPL0oxBhB0-unsplash-min.jpg

7 Cara Mudah Membersihkan Kasur

15 December 2020

Kasur bisa menjadi kotor seiring berjalannya waktu. Jadi sangat penting untuk menjaga agar kasur kita selalu bersih dengan cara membersihkannya secara berkala. Karena kasur yang kotor bisa menjadi sumber penyakit ataupun tempat bersarangnya serangga kasur.  

Kasur yang bersih bisa membuat tidurmu lebih nyaman dan berkualitas. Karena tidak terganggu dengan adanya kotoran, bau tidak sedap, atau bahkan tungau.

Di bawah ini ialah beberapa cara mudah yang INTHEBOX rekomendasikan untuk membersihkan kasur:

Panduan Cara Membersihkan Kasur


1. Siapkan Alat dan Perlengkapan Untuk Mencuci Kasur

Untuk membersihkan kasur, ada beberapa alat dan juga perlengkapan yang harus kamu siapkan:

  • Botol semprot.
  • Vacuum cleaner.
  • Baking soda.
  • Kain lap bersih.
  • Deterjen cair.

2. Perhatikan Waktu Mencuci Kasur

Sebelum benar-benar memulai mencuci kasur, pastikan kamu sudah menghitung waktu yang cukup agar kasurmu bisa dipakai kembali. Idealnya, perlu sekitar 8 jam sampai kasurmu benar-benar kering setelah dibersihkan. Periksa juga ramalan cuaca, karena kalau cuaca hujan atau lembab, kasurmu memerlukan waktu lebih lama untuk kering.

3. Lepas Sprei dan Perlengkapan Kasur

Lepaskan semua perlengkapan kasur seperti topper, bantal, guling, dan juga sprei. Karena kamu hendak mencuci kasur, ada baiknya sekalian mencuci dan mengganti spreimu dengan yang baru.

4. Membersihkan Debu dan Noda Spring Bed

Cara mudah membersihkan kasur spring bed sebenarnya cukup menggunakan vacuum cleaner, maka debu dan kotoran-kotoran kecil akan ikut terangkat.

Namun apabila terdapat noda, maka kamu memerlukan air untuk membersihkan noda di kasur spring bed. Caranya adalah dengan menggunakan pembersih yang kamu buat sendiri:

  • 4 sendok makan baking soda
  • Beberapa tetes deterjen cair.

Kamu juga bisa menambahkan essential oil ataupun pewangi untuk membantu menghilangan bau tidak sedap di kasurmu.

Kamu tinggal semprotkan air secukupnya ke bagian yang bernoda, kemudian bersihkan perlahan menggunakan kain, namun perlu diingat untuk tidak menyemprotkan terlalu banyak ya karena itu bisa membuat kasurmu perlu waktu lebih untuk kering.

5. Pakai Baking Soda Untuk Membersihkan Kasur

Taburkan baking soda di permukaan kasur secukupnya dan biarkan selama beberapa jam. Baking soda membantu menyerap cairan dan bau yang ada pada spring bedmu.

6. Vacuum Spring Bed

Vacuum sekali lagi kasur spring bedmu. Pastikan kasurmu bersih menyeluruh dari baking soda yang telah ditaburkan tadi.

7. Keringkan Kasur

Jangan lupa keringkan di luar ruangan atau bisa di bawah terik matahari agar kasur bisa kering lebih cepat.


Cara Membersihkan Kasur Busa

Untuk membersihkan kasur busa, caranya jauh lebih sederhana dibanding membersihkan kasur spring bed. Perbedaan paling mendasar adalah kamu tidak boleh menggunakan air untuk membersihkan kasur busa, karena kasurmu bisa berjamur kalau terkena air.

Kalau ada noda cukup dibersihkan menggunakan lap yang sudah dibasahi secukupnya, dan jangan sampai terlalu basah. Kamu juga bisa menggunakan kipas angin atau pengering rambut untuk mengeringkan bagian kasur yang sudah dibersihkan menggunakan lap.

Kemudian jemur kasurnya untuk beberapa jam sampai benar-benar kering.

---

Sekarang setelah kamu tahu cara membersihkan kasur yang benar, ada baiknya mulai memikirkan opsi kalau kamu mungkin perlu kasur baru, kalau ternyata kasurmu sulit dibersihkan dan sudah berumur lama. Cek kasur spring bed INTHEBOX dan INTHEBOX Hybrid yang mungkin bisa jadi pilihan kasur baru kamu!

ARTIKEL LAINNYA

cara-menghilangkan-bau-pesing-ompol-inthebox.jpg
30 July 2018
Bayi yang ngompol di kasur tentu akan meninggalkan bau pesing. Apa yang harus dilakukan untuk membersihkan bekas pipis bayi? Apa harus ganti kasur jika bau pesing tak bisa ditanggulangi? Tak perlu bingung, InTheBox memberikan tips menghilangkan bau pesing akibat ompol bayi. Selengkapnya
Mau_Sampai_Kapan_Tidur_Tidak_Nyenyak_Ayo_Ubah_Kebiasaanmu_HL.jpg
26 February 2018
Tidur selalu menjadi kunci penting dalam siklus kehidupan manusia. Bahkan, aktivitas tersebut bisa jadi penentu kesuksesan seseorang. Namun, sayangnya nggak sedikit yang kerap menggampangkan masalah tidur. Ingat-ingat lagi, kalau beberapa habit buruk sebelum tidur berikut masih kamu lakukan, segera ubah! Nggak mau kan, tidurmu jadi nggak nyenyak terus? Selengkapnya
menguap-adalah-tanda-penyakit-inthebox.jpg
26 December 2018
Sering menguap? Perlu diwaspadai karena ternyata penyebab menguap bukan hanya mengantuk atau lelah. Ternyata ada beragam indikasi penyakit berbahaya yang ditandai oleh menguap. Kali ini inthebox akan mengulas secara lengkap apa saja penyebabnya. Yuk, baca selengkapnya! Selengkapnya
CS1