Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
mata-bengkak-setelah-bangun-tidur-inthebox.jpg

9 Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Bangun Tidur

9 November 2018

Beberapa orang mungkin mengalami mata bengkak setelah bangun tidur. Meski kesannya sepele, namun hal ini cukup menyebalkan karena bisa memengaruhi penampilan karena mata menjadi sembab. Tak perlu bingung, inthebox punya cara menghilangkan mata bengkak setelah bangun tidur dengan alami.

Cara Menghilangkan Mata Bengkak dengan Bahan Alami

Ada banyak cara menghindari atau menghilangkan mata bengkak setelah bangun tidur, namun banyak orang yang belum tahu bahan dan langkah yang harus dilakukan. Faktanya, mengempeskan mata sembab bisa hanya dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Bukan hanya itu, caranya juga sangat mudah!

Coba saja beberapa cara menghilangkan mata bengkak setelah bangun tidur menggunakan bahan alami berikut ini:

1. Sendok Dingin 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan sendok dingin. Bisa dibilang ini adalah alat paling mudah dan juga gratis. Kamu hanya perlu menyimpan dua buah sendok makan ke dalam kulkas sekitar 10 menit. Selanjutnya, kamu hanya perlu menutup mata dan menempelkan kedua sendok tersebut sekitar 5 menit.

2. Es Batu

Nah, kalau yang satu ini lebih praktis lagi, tapi memang kamu harus sudah punya stok es batu. Cara menghilangkan mata bengkak saat bangun tidur yang satu ini tak membutuhkan waktu lama, cukup beberapa menit. Cukup kompres kedua mata menggunakan es batu untuk memperlancar peredaran darah.

3. Kantung Teh Bekas

Kamu suka minum teh celup? Jangan langsung dibuang!

Kamu bisa menyimpan kantung teh celup untuk digunakan sebagai pengompres mata bengkak. Tak sulit, cukup simpan kantung teh bekas di atas permukaan mata yang bengkak sekitar 10 menit dan bilas dengan air hangat. Tak hanya bisa membuat mata kempes, faktanya kantong teh celup juga bisa membantu menyamarkan mata panda.

4. Irisan Mentimun

Kalau biasanya irisan mentimun digunakan sebagai teman masker, kini bisa kamu gunakan juga untuk mengempeskan mata bengkak. Hal ini didukung dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya, sehingga radang menjadi reda. Meski mudah, sayangnya cara ini cukup lama karena membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Setelah mengompres mata dengan mentimun, kamu juga perlu membersihkan mata dengan kain yang telah direndam air hangat.

5. Irisan Kentang

Bukan hanya mentimun, sayuran lain yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan mata bengkak adalah kentang. Iris kentang tipis-tipis dan letakkan di kedua mata yang tertutup. Tidak membutuhkan waktu lama seperti mentimun, kamu hanya butuh waktu sekitar 10-15 menit. Jangan lupa juga untuk membersihkan mata dengan air hangat.

6. Pasta Alpukat 

Buah yang kaya akan kandungan lemak dan antioksidan ini ternyata berperan penting untuk mengurangi mata bengkak dan juga bisa menghaluskan kulit. Tak butuh banyak-banyak, cukup potong sedikit alpukat dan haluskan hingga membentuk pasta. Selanjutnya, oleskan pasta alpukat ke area mata yang bengkak, diamkan sekitar 10-15 menit lalu bilas degan air hangat.

7. Minyak Zaitun

Tahukah kamu?

Ternyata minyak zaitun dan minyak kelapa bisa menjadi alternatif cara menghilangkan mata bengkak setelah bangun tidur. Kalau kamu punya masalah mata merah juga bisa menggunakan bahan ini. Caranya, cukup pijat mata dari atas ke bawah dengan minyak zaitu secukupnya untuk memperlancar sirkulasi darah.

8. Putih Telur

Cara menghilangkan mata bengkak setelah bangun tidur yang satu ini perlu dilakukan secara perlahan karena bisa menimbulkan bau anyir. Meskipun demikian, putih telur sangat ampuh mengempeskan mata yang bengkak. Tak perlu repot-repot, kamu hanya perlu siapkan putih telur dan langsung mengoleskannya ke permukaan mata. Diamkan sekitar 7-10 menit dan bilas dengan air hangat.

9. Kelopak Bunga Mawar

Kalau yang satu ini harus dipersiapkan dari sebelum tidur. Dengan kata lain, sangat cocok untuk kamu yang memang sering mengalami masalah mata bengkak saat bangun tidur. Langkah pertama, kamu harus merendam beberapa kelopak mawar di dalam setengah gelas air dan simpan dalam lemari es. Gunakan untuk mencuci muka saat bangun tidur dan tempelkan kelopak bunga mawar dingin di kedua mata.

Cara menghilangkan mata bengkak setelah bangun tidur mana yang akan kamu pilih? Semoga penjelasan di atas bisa jadi solusi kamu sehari-hari, ya!

Kalau penyebab mata bengkak ternyata karena kurang tidur nyenyak, kamu bisa coba untuk mengganti kasur yang lebih nyaman. Coba gunakan kasur INTHEBOX agar istirahat malam semakin nyenyak.

ARTIKEL LAINNYA

Efek Tidur Siang Saat Haid, Mitos atau Fakta?
30 November 2018
Pernahkah kamu mendengar larangan tidur siang saat haid? Banyak yang bilang kalau efek tidur siang saat haid bisa membuat darah naik ke otak dan bahkan bisa merusak mata. Apakah hal tersebut benar atau hanya mitos? Temukan faktanya di sini! Selengkapnya
7 Vitamin Kurang Tidur Akibat Insomnia & Sering Begadang
20 December 2018
Kamu punya gangguan insomnia atau sering begadang dan tubuh terasa lemas saat bangun tidur? Kalau begitu, kamu bisa coba konsumsi vitamin kurang tidur, muali dari yang berbentuk suplemen hingga yang alami dan berasal dari makanan. Ini penjelasan lengkapnya! Selengkapnya
INTHEBOX Bagi-Bagi Angpao Senilai Total 5 Juta!
6 February 2021
Dalam rangka menyambut tahun baru Imlek, INTHEBOX mau ikut memeriahkan dengan cara bagi-bagi angpao. Untuk followers setia INTHEBOX, ada 10 angpao yang bisa didapatkan dengan total hadiah senial 5 juta rupiah! Selengkapnya
CS1