Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
cara-mengatasi-hidung-tersumbat-saat-tidur-inthebox.jpg

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur, Bebas Mampet!

7 January 2020

Susah tidur karena hidung tersumbat? Kondisi ini tentu sangat mengganggu dan bahkan bisa menyebabkan insomnia. Segera lakukan cara mengatasi hidung tersumbat yang ternyata sangat mudah. Tidur dijamin nyenyak! 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

1. Banyak Minum Air Mineral

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperbanyak minum air mineral. Perlu diingat kalau cara ini bukan dilakukan sebelum tidur, namun seharian untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Ketika tubuh diisi dengan cairan yang cukup, maka bisa membantu mencairkan lendir pada hidung tersumbat. Hidung mampet pun bisa teratasi dan kamu bisa tidur nyenyak tanpa sesak napas.

2. Gunakan Pelembap Udara (Humidifier)

Penggunaan humidifier di dalam kamar tidur bisa menjadi solusi hidung tersumbat yang kamu alami. Udara lembap yang dihasilkan juga bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak tanpa terbangun di malam hari. Kelebihan lainnya, alat ini juga bisa menjaga kelembapan kulit dan bibir.

3. Pakai Kasur Nyaman

Pemilihan kasur juga bsia berpengaruh terhadap posisi tidur saat hidung tersumbat. Pilihlah kasur yang dapat menopang postur tubuh kamu dengan baik, sehingga tidak akan menyebabkan kamu susah tidur lagi ketika mampet di malam hari.

Kalau kamu ingin tidur nyenyak, coba gunakan kasur spring bed INTHEBOX. Materialnya yang nyaman mampu membantu kamu terlelap meski sedang sakit.

4. Ciptakan Kamar Tidur Nyaman dan Bersih

Bukan hanya mempertimbangkan pemilihan kasur, kamu juga harus menciptakan suasana kamar yang bersih dan nyaman. Pastikan tidak ada sudut kamar yang berdebu untuk menghindari hidung tersumbat yang lebih parah.

Selanjutnya, tips menciptakan kamar tidur yang nyaman yaitu dengan menata beberapa barang. Salah satu caranya yaitu dengan meletakkan lampu tidur atau hiasan kamar lainnya di sudut yang membuat kamu nyaman.

5. Jaga Suhu Tubuh

Penyebab susah tidur karena hidung tersumbat bisa saja karena kamu kedinginan. Salah satu cara menghindari risiko ini yaitu dengan menjaga suhu tubuh tetap hangat. Jika hidung kamu tiba-tiba tersumbat, coba untuk segera pakai selimut, baju hangat, dan bahkan kaos kaki.

6. Makan Bawang Putih

Obat hidung mampet alami yang bisa kamu coba adalah dengan mengunyah dan makan bawang putih. Sebagai informasi, kandungan bawang putih bisa berperan sebagai anti-jamur dan anti-bakteri.

7. Kompres Air Hangat

Kamu juga bisa mengompres hidung tersumbat dengan air hangat. Cukup siapkan handuk kecil dan air hangat, celupkan handuk, lalu kompres di bagian hidung. Cara ini juga bisa dilakukan pada bayi.

8. Minum Obat Antihistamin

Cara mengobati hidung tersumbat saat tidur jika sudah oarah yaitu dengan minum antihistamin sebelum tidur. Fungsi antihistamin adalah untuk mengatasi peradangan akibat alergi. Hasilnya, ini membuat lendir yang menyumbat saluran pernapasan bisa berkurang.

Kandungan antihistamin terdiri dari zat pemicu kantuk. Ini membuat membuat kamu mengantuk dan tidur nyenyak jika mengonsumsinya dengan tepat.

9. Gunakan Semprotan Saline

Hidung tersumbat yang bikin susah tidur juga bisa kamu atasi dengan semprotan saline yang bisa dibeli di apotek. Cara pakainya mudah, yaitu dengan menyemprotkan ke area hidung. Semprotan saline mampu mengencerkan lendir, sehingga hidung tersumbat atau mampet pun reda.

10. Gunakan Bantal Bertumpuk

Posisi tidur saat hidung tersumbat adalah dengan membuat posisi kepala lebih tinggi daripada bagian tubuh. Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, posisi kepala yang lebih tinggi bisa membantu melancarkan lendir yang menyumbat saluran hidung.

Pilih bantal yang pas agar tidak sakit leher saat bangun tidur. Kamu bisa coba pakai bantal INTHEBOX yang memiliki tingkat ketebalan yang pas. Jumlah bantal yang disarankan yaitu dua bantal atau satu bantal tebal dan satu bantal tipis.

Cek macam-macam ukuran kasur dan bantal guling INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

13 Manfaat Tidur Telanjang Tanpa Busana (Tak Disangka)
24 February 2020
Pernah tidur tanpa busana? Manfaat tidur telanjang bagi kesehatan secara medis ada banyak. Bukan hanya bisa bikin tidur nyenyak, kamu juga bisa menurunkan berat badan dan awet muda! Selengkapnya
Bolehkah Mendengarkan Musik Sambil Tidur?
21 December 2020
Musik atau lagu sudah menjadi bagian hidup yang sulit dipisahkan dari keseharian kita. Kita mendengarkan musik saat di perjalanan, berlari, bekerja, menulis, dan kegiatan lainnya. Namun, bolehkah mendengarkan musik atau lagu sebelum tidur? Berikut jawabannya. Selengkapnya
6 Manfaat Merapikan Tempat Tidur Setiap Hari
31 July 2018
Tak jarang seseorang malas merapikan tepat tidur di pagi hari. Kalau kamu salah satunya, maka mulai sekarang segera ubah kebiasaan ini karena nyatanya banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari merapikan dan membersihkan tempat tidur. Apa saja? Selengkapnya
CS1