Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
cara-membersihkan-spring-bed-inthebox.jpg

Cara Mencuci Spring Bed, Noda Bersih & Tampak Baru!

26 July 2018

Tidur bukan hanya tentang istirahat, namun juga tentang kebersihan kasur atau spring bed yang dipakai. Tentu kamu tidak akan nyaman kalau spring bed penuh noda dan kotoran ‘kan? Kamu hanya perlu tahu bagaimana cara mencuci spring bed hingga noda benar-benar hilang.

Cara membersihkan spring bed sama sekali tidak sulit dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu juga tak membutuhkan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan noda di spring bed. Di sisi lain, tentunya kamu butuh tahu dan mempersiapkan alat, bahan, dan caranya.

Alat dan Bahan Cuci Spring Bed

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mencuci spring bed, kamu harus tahu dulu alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membersihkannya. Pelu kamu tahu, alat dan bahan ini sangat mudah didapatkan.

Ini alat dan bahan untuk mencuci spring bed:

  • Larutan sabun atau sabun cair
  • Pewangi pakaian/softener
  • Sikat
  • Spons atau kanebo
  • Lap kering atau handuk kecil
  • hair dryer atau kipas angin

Benar-benar mudah didapatkan bukan? Semua alat dan bahannya memang biasa kita pakai sehari-hari. Kalau semunya sudah disiapkan, kini saatnya kita mulai membersihkan kasur spring bed.

Cara Mencuci Spring Bed

Sudah siap melihat spring bed kesayangan kamu tampak seperti baru lagi? Langsung saja, begini cara mencuci spring bed yang mudah:

1. Bersihkan debu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan dulu permukaan spring bed dari debu-debu yang menempel. Cara ini tergolong penting karena jika tidak dibersihkan, nantinya debu malah akan semakin menempel dan spring bed susah dibersihkan. Kamu bisa melakukannya menggunakan sapu ijuk.

2. Siapkan semua alat dan bahan

Setelah spring bed bersih dari debu, kamu bisa membawanya ke luar kamar tidur dan siapkan juga semua alat dan bahan yang sudah dijelaskan di atas. Jangan lupa untuk langsung membuat larutan air sabun.

3. Sikat Permukaan Spring Bed

Cara mencuci spring bed yang berikutnya adalah dengan menyikat permukaan spring bed menggunakan larutan air sabun. Kamu bisa memulainya dari bagian spring bed yang paling kotor.

Perlu diingat:

Saat memasukkan sikat ke dalam larutan air sabun, kamu harus memastikan kandungan airnya sedikit. Usahakan sikatnya diketuk-ketuk terlebih dahulu. Sikat yang terlalu basah malah akan membuat spring bed menjadi lebih basah dan lembap.

4. Bilas Spring Bed

Jangan pikir membilas spring bed dengan cara diguyur air, ya!

Lalu bagaimana cara membilas spring bed? Dalam hal ini, kamu butuh spons atau kanebo dan siapkan juga pewangi/softener yang sudah dicampur air. Begini urutannya:

  • Masukkan spons atau kanebo ke larutan pewangi
  • Peras hingga spons atau kanebo jadi lembap, namun pastikan masih ada softener tersisa
  • Usap dan lap permukaan spring bed (ini perlu dilakukan beberapa kali)
  • Lap dengan lap kering agar kandungan air bisa terserap

Oh, ya, jangan menunggu semua permukaan spring bed selesai disikat. Kamu harus melakukan pembilasan ini per bagian yang disikat. Jadi, kalau kamu seleat menyikat satu sisi, segera bilas agar sabun tidak kering.

5. Keringkan Spring Bed

Cara membersihkan spring bed yang terakhir adalah dengan mengeringkannya. Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari menjemur spring bed di bawah terik matahari, menggunakan hair dryer, atau menggunakan kipas angin.

Pastikan semua bagian spring bed benar-benar kering sebelum kamu pakai kembali untuk tidur dan beristirahat. Kalau tidak, ada kemungkinan spring bed bisa berjamur.

Ternyata cara mencuci spring bed cukup mudah, ya?

Ada baiknya sejak awal kamu sudah memilih spring bed berkualitas dengan permukaan yang mudah dibersihkan seperti spring bed INTHEBOX.

ARTIKEL LAINNYA

7 Cara Merawat Spring Bed agar Tetap Awet
15 August 2018
Memiliki spring bed berkualitas saja tidak cukup. Kamu juga harus tahu cara merawat spring bed agar membuatnya tetap awet dan nyaman. Pada artikel kali ini, InTheBox akan memberi tahu rahasia perawatan kasur spring bed. Yuk, dibaca sampai selesai! Selengkapnya
4 Hal Menjijikan di Balik Bantal Kotor
22 October 2018
Ada banyak kotoran, kuman, dan bakteri di balik bantal kotor. Percaya atau tidak, ada berbagai hal menjijikan yang tidak terlihat di bantal dan bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Kira-kira apa saja yang ada di balik bantal? Inthebox akan mengulasnya untuk kamu. Selengkapnya
10 Manfaat Tidur Pakai Guling, Tubuh Lebih Sehat!
16 December 2019
Jarang diketahui! Manfaat tidur pakai guling bagi kesehatan tubuh ternyata ada banyak dan tidak bisa disepelekan. Ketahui khasiat tidur memeluk guling dan waktu ideal ganti guling yang disarankan! Selengkapnya
CS1