Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
Cara Menambal Kasur Angin (Cepat & Mudah)
7 November 2018
kasur-angin-bocor-inthebox.jpg

Kasur angin bocor nampaknya menjadi keluhan para penggunanya. Tak jarang kasur angin atau kasur udara akhirnya dibuang karena merasa sudah tidak bisa dipakai lagi, padahal kamu hanya perlu memperbaikinya. Yup, cukup cari tahu bagaimana cara menambal kasur angin dan kamu bisa menggunakannya lagi.

Cara Mudah Menambal Kasur Angin Bocor

Percaya atau tidak, cara menambal kasur angin bisa dikatakan sangat mudah dan cepat. Semua orang, termasuk kamu, bisa melakukannya sendiri di rumah. Pada intinya, kamu hanya perlu melakukan hal-hal berikut ini:

1. Isi Penuh Kasur Angin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi kasur angin sampai benar-benar penuh dengan udara. Perhatikanlah berapa lama kasur akan mengempis. Kalau tergolong sangat cepat, maka dapat dipastikan kebocoran cukup besar dan parah. Kalau belum merasa yakin dengan kebocorannya, maka kamu bisa coba isi penuh udara sebelum tidur dan coba tidur di atasnya semalaman untuk melihat kondisinya di pagi hari.

2. Temukan Kebocoran Kasur Angin dengan Berbagai Metode

Kalau kasur angin sudah dipastikan bocor, maka sebelum melakukan cara menambal kasur angin, kamu harus menemukan dulu titik kebocorannya. Lokasi kebocoran kasur udara tidak bisa diprediksi dan dalam beberapa kasus cukup sulit untuk menemukannya. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan beberapa metode cara mengetahui kebocoran kasur angin, seperti:

  • Cek Katup Udara dengan Tangan

Pada umumnya, kasur udara bocor di sekitar area katup udara atau penutup kasur yang berfungsi untuk memasukkan udara. Oleh karena itu, kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu di bagian tersebut dengan cara mendekatkan tangan dan rasakan apakah benar-benar bocor atau tidak. Kalau kebocoran terjadi di katup, sayangnya tak bisa diperbaiki sendiri.

  • Dengarkan Sumber Kebocoran

Cara selanjutnya adalah dengan berdirikan kasur dan temukan sumber kebocoran menggunakan telinga. Pastikan ruangan sunyi untuk bisa mengetahui titik kebocoran dengan lebih akurat. Ketika kamu menemukan bagian yang mendesis, maka dapat dipastikan bahwa sudah terjadi kebocoran. Lakukan perlahan dan dengarkan di semua bagian kasur udara.

  • Temukan dengan Gelembung Sabun

Permukaan kasur angin yang gelap tentu akan sulit menemukan kebocoran, maka kamu bisa menggunakan gelembung sabun sebagai cara alternatifnya. Kamu hanya perlu mencampirkan satu sendok sabun pencuci piring dengan air, lalu usapkan gelembung sabun ke permukaan kasur udara. Meski dinilai sangat efektif, nyatanya cara ini tidak terlalu direkomendasikan karena bisa menyebabkan kasur berjamur.

3. Tandai Titik Kebocoran

Kamu sudah menemukan bagian kasur udara yang bocor?

Sebelum melakukan cara menambal kasur angin, sangat disarankan untuk menandai bagian yang bocor agar proses penambalan bisa dilakukan dengan tepat dan mudah. Kalau sebelumnya kamu menggunakan gelembung sabun, maka pastikan kasur benar-benar kering sebelum ditambal.

4. Amplas Bagian di Sekitar Lubang

Hal ini perlu dilakukan kalau titik kebocoran berada di bagian atas kasur. Amplas perlu dilakukan untuk membuang bulu lembut di sekitar lubang agar tambalan bisa lebih merekat dan tidak mudah lepas. Tak perlu berlebihan, cukup lakukan secara perlahan. Setelah diamplas, bersikan area tersebut menggunakan kain bersih agar tidak ada bulu lembut yang tersisa.

5. Rekatkan Tambalan

Bisa dibilang ini adalah cara menambal kasur angin yang paling utama. Terkait hal ini, kamu bisa menggunakan tambalan khusus atau bisa juga dengan bahan sederhana yang ada di rumah (selotip atau plastik dengan lem perekat). Tentu kamu hanya perlu menyesuaikan ukuran bahan tambalan dan merekatkannya tepat di atas bagian kasur yang berlubang.

6. Biarkan Semalaman dengan Benda Berat

Terakhir, agar cara menambal kasur angin berjalan lancar, jangan langsung gunakan kasur angin setelah ditambal. Biarkan dulu semalaman dengan meletakkan beban berat tepat di atas permukaan yang ditambal. Langkah ini dilakukan agar tambalan bisa lebih merekat dengan sempurna.

Cara menambal kasur angin di atas cukup mudah bukan? Perlu diingat kalau kasur angin yang sudah bocor bisa berpotensi terjadi lagi kebocoran di kemudian hari.

Kalau kamu tidak mau repot dan takut bocor lagi, bisa coba jenis kasur lain. Salah satu yang direkomendasikan adalah menggunakan kasur spring bed yang tentu bebas dari kebocoran. Jangan asal pilih, pastikan juga kamu memilih kasur INTHEBOX yang dilengkapi garansi pegas selama 10 tahun. Sudah pasti kasur berkualitas dan juga nyaman!