Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
10 Cara agar Tidak Ngantuk Tanpa Minum Kopi (Ampuh)
22 January 2019
cara-agar-tidak-mengantuk-inthebox.jpg

Mengantuk adalah kondisi yang normal terjadi terhadap setiap orang, terutama jika tubuh merasa lelah. Sayangnya, beberapa orang ada yang sangat mudah mengantuk, sehingga bisa mengganggu aktivitasnya, seperti belajar dan bekerja. Tidak perlu minum kopi, ternyata ada cara agar tidak ngantuk yang aman dan ampuh!

Cara agar Tidak Ngantuk Tanpa Harus Minum Kopi

Seperti yang kita tahu, kafein adalah salah satu yang mampu untuk membuat tubuh agar tidak mengantuk dan kandungan yang paling banyak ada pada kopi. Meskipun demikian, banyak juga yang tidak suka kopi. Kalau kamu salah satu orang yang tidak bisa minum kopi, coba saja cara agar tidak mengantuk paling ampuh berikut ini:

1. Cuci Muka dengan Air Dingin

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencuci muka. Hal ini tentu sudah tidak asing lagi dan sudah banyak yang mempraktikannya. Mencuci muka dengan air dingin dipercaya akan membuat kita kembali merasa segar dan tentunya cara ini bisa dikatakan paling praktis.

2. Minum Air Mineral yang Cukup

Cara agar tidak ngantuk yang berikutnya adlaah dengan banyak minum air mineral. Perlu diketahui bahwa air mineral akan membantu membawa oksigen ke otak. Jika kita kurang minum atau dehidrasi, maka jantung akan bekerja lebih keras dari biasanya. Inilah yang tanpa disadari akan membuat kita lebih cepat lelah dan akhirnya mengantuk.

3. Mendengarkan Musik

Langkah berikutnya yang juga bisa kamu coba adalah mendengarkan musik favorit atau musik-musik yang bernada semangat. Cobalah untuk bernyanyi dalam hati agar lama-kelamaan rasa kantuk pun hilang. Ini bisa jadi salah satu cara agar tidak mudah ngantuk yang bisa kamu lakukan sambil bekerja atau belajar, tapi pastikan tetap konsentrasi, ya!

4. Mengonsumsi Camilan

Kalau ngantuk tapi tidak mau atau tidak suka minum kopi, kamu bisa coba untuk mengonsumsi camilan. Tentunya camilan yang paling sehat adalah buah, biskuit gandum, atau yogurt. Hindari ngemil terlalu kenyang karena ini malah akan membuat kamu tambah mengantuk.

5. Makan Permen

Makan permen juga bisa menjadi salah satu alternatif cara agar tidak ngantuk saat sedang beraktivitas. Jika ingin lebih efektif, kamu bisa coba untuk makan permen karet agar otot rahang ikut bekerja. Sadar atau tidak, otak pun akan lebih konsentrasi. Sedang emngurangi konsumsi gula? Kamu juga bisa menggantinya dengan konsumsi buah.

6. Kurangi Porsi Makan Nasi

Terlalu banyak makan nasi bisa jadi salah satu penyebab ngantuk setelah makan siang. Oleh karena itu, salah satu cara agar tidak ngantuk yang efektif adalah dengan mengurangi konsumsi nasi. Cukup makan nasi sepuasnya untuk terhindar dari rasa lemas dan mengantuk. Cara ini juga bisa diterapkan untuk diet, lho!

7. Bergerak atau Jalan-Jalan

Cara agar tidak mengantuk yang cukup efektif adalah dengan bergerak atau berjalan-jalan. Menggerakan badan tergolong sangat efektif karena bisa menstimulasi agar badan tidak lemas. Misalnya kamu sedang di kantor atau di sekolah, cukup berjalan-jalan kecil seperti ke kamar mandi.

8. Mengobrol

Apabila kondisinya tidak memungkinkan untuk berjalan-jalan, kamu bisa coba mengobrol sebagai cara agar tidak ngantuk. Tentu saja kamu harus bisa membatasi obrolan, jangan sampai mengganggu orang lain jika sedang bekerja atau belajar. Ngobrol lah secukupnya hanya agar tidak mengantuk.

9. Tertawa

Tertawa adalah salah satu cara agar tidak mengantuk yang mudah dan bisa kamu coba. Jika merasa tidak ada bahan obrolan atau tidak ada sesuatu yang lucu, kamu bisa coba untuk menonton video lucu selama beberapa menit. Pada intinya, usahakan untuk membuat diri agar tertawa.

10. Pastikan Tidur Malam Cukup

Penyebab mengantuk di siang hari biasanya dipengaruhi juga oleh urangnya waktu istirahat atau tidur malam. Salah satu penyebab kurang tidur yang jarang disadari adalah perlengkapan tidur yang tidak nyaman. Berkaitan dengan ini, kamu bisa memilih kasur yang nyaman seperti spring bed INTHEBOX. Pastikan juga kamu mengatur pola tidur dengan baik dan jangan sering begadang, ya!