Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
travis-yewell-F-B7kWlkxDQ-unsplash-min1.jpg

Bolehkah Mendengarkan Musik Sambil Tidur?

21 December 2020

Musik atau lagu sudah menjadi bagian hidup yang sulit dipisahkan dari keseharian kita. Kita mendengarkan musik saat di perjalanan, berlari, bekerja, menulis, dan kegiatan lainnya yang biasa kita lakukan sambil ditemani lantunan musik. Namun, bagaimana kalau kita mau beristirahat? Bolehkah mendengarkan musik atau lagu sebelum tidur?

Tidak sedikit orang yang mendengarkan musik saat tidur. Karena mereka merasa musik atau lagu yang santai bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, kemudian tubuh diharapkan lebih cepat mengantuk dan tertidur. Baca tulisan ini sampai selesai untuk mengetahui fakta seputar mendengarkan musik saat tidur!

Musik Membantu Kamu Tertidur

Menurut penelitian, musik bisa membantu seseorang tertidur. Namun harus diperhatikan jenis musik yang didengarkan. Musik dengan tempo lambat dan lembut akan membantumu tertidur. 

Ada baiknya mulai mendengarkan musik sekitar 45 sebelum kamu bersiap tidur. Disarankan mendengarkan lagu dengan 60 beat per menit, karena mampu membantu memperlambat detak jantung sehingga lebih siap untuk beristirahat.

Bagi yang memiliki masalah tidur pun bisa dibantu oleh musik dan mata pun akan lebih cepat terpejam.

Sebaiknya pilih musik yang tidak berisi kata-kata apalagi musik yang mampu membuat kita emosional. 

Bahaya Mendengarkan Musik Saat Tidur

Tidak apa-apa mendengarkan musik sambil tidur. Namun jangan menggunakan alat bantu seperti earphone atau headphone untuk mendengarkan musik saat tidur, karena bisa membahayakan.

Itu bisa membuat telinga tidak nyaman, apalagi kalau kita bergerak saat terlelap. Saluran telinga bisa sakit akibat gesekan dengan earphone atau headphone yang dipakai. Selain itu, kotoran bisa semakin menumpuk dan sirkulasi udara terganggu karena lubang telinga tertutup dalam waktu yang lama.

Dalam waktu yang lama, hal ini bisa membuat fungsi pendengaran menurun.

Bagaimana Cara Mendegarkan Musik Saat Tidur yang Disarankan?

Jenis musik yang sebaiknya didengarkan saat tidur bisa disesuaikan dengan pilihan masing-masing orang. Namun ada hal yang harus diperhatikan:

  • Beat tidak lebih dari 80 per menit. Semakin lambat semakin baik.
  • Gunakan speaker dengan pengaturan volume yang rendah.
  • Jangan dengarkan musik dengan lirik, karena bisa membuat otak terlalu aktif.
  • Redupkan atau matikan lampu untuk membantu tidur.
  • Pastikan suhu ruangan sejuk.
  • Gunakan kasur yang nyaman.

---

Namun kalau kamu memiliki masalah tidur yang cukup serius, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Agar kamu bisa mendapatkan solusi yang tepat terkait tidurmu. 

ARTIKEL LAINNYA

Sudah_Punya_Kasurnya_Lengkapi_Props_InTheBox_Lainnya6.jpg
14 March 2018
In-The-Box juga memiliki beragam keunggulan lainnya. Misalnya saja material berkualitas yang digunakan untuk menunjang kenyamanan istirahat malam hari. Sudah punya kasur In-The-Box di rumah? Sekarang waktunya lengkapi Props In-The-Box lainnya, yuk! Selengkapnya
jenis-dan-fungsi-bantal-inthebox.jpg
23 August 2018
Ada banyak jenis bantal, mulai dari bantal kepala, bantal leher, bantal bayi, bantal menyusui, hingga bantal guling. Semuanya tentu punya fungsi yang berbeda-beda. Ketahui masing-masing manfaatnya agar kamu bisa memilih bantal yang tepat untuk digunakan sehari-hari! Selengkapnya
tidur-tidur-ayam-inthebox.jpg
13 November 2018
Istilah tidur ayam mungkin masih asing bagi sebagian orang. Umumnya, ini dikenal dengan power nap. Ini adalah tidur selama 15 - 30 menit sekitar pukul 13.00 – 15.00. Percaya atau tidak, manfaat tidur ayam bisa membuat seseorang jadi sukses. Benarkah? Selengkapnya
CS1