Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
batuk-di-malam-hari-inthebox.jpg

Batuk di Malam Hari Lebih Parah? Ini 9 Cara Mengatasinya!

4 October 2019

Batuk di malam hari biasanya lebih parah dan bahkan bisa mengganggu waktu tidur. Tak jarang batuk saat tidur membuat seseorang susah untuk kembali terlelap. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Seperti apa posisi tidur saat batuk agar nyaman?

Cara Mengatasi Batuk di Malam Hari yang Mudah

Banyak yang bingung dan mencari cara bisa tidur saat batuk di malam hari. Kamu salah satunya? Mulai sekarang, lakukan beberapa cara mengatasi batuk di malam hari yang alami dan mudah berikut ini:

1. Minum Teh Madu

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengonsumsi teh herbal yang dicampur dengan madu. Pastikan teh yang kamu minum tidak mengandung kafein agar bisa tidur nyenyak. Kamu bisa mengonsumsi teh herbal madu sebelum tidur untuk melegakan tenggorokan dan pernapasan.

2. Gunakan Pelembap Udara (Humidifier)

Posisi tidur saat batuk sudah nyaman, tapi batuk semakin parah? Kalau begitu, kamu harus coba pakai humidifier atau pelembap udara. Alat ini mampu membuat udara dalam kamar menjadi lembap, sehingga saluran pernapasan menjadi nyaman. Satu hal yang penting yaitu pastikan suhu ruangan antara 40% - 50% agar idak terlalu lembap.

3. Kumur Larutan Garam Hangat

Bukan hanya sakit gigi, ternyata batuk di malam hari yang semakin parah juga bisa diatasi dengan berkumur air garam. Dikutip dari berbagai sumber, larutan air garam mampu meredakan iritasi pada tenggorokan dan membantu mengeluarkan lendir. Kamu hanya perlu campurkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumur beberapa kali.

4. Jangan Tidur Pakai Kipas Angin atau AC

Cara agar bisa tidur saat batuk adalah jangan tidur di bawah kipas angi atau AC. Jika hal ini dilakukan, maka batuk akan semakin parah karena saluran pernapasan menjadi kering. Apabila suhu kamar benar-benar panas dan kamu merasa gerah, pastikan kipas angina tau AC tidak langsung mengarah ke kamu.

5. Berendam Air Hangat

Ingin pernapasan menjadi lebih lega? Kmu bisa coba untuk berendam atau mandi air hangat sebelum tidur. Cara ini dilakukan untuk mencegah saluran pernapasan agar tidak kering karena bisa memperparah batuk. Meskipun ampuh, jangan lakukan cara ini kalau kamu punya penyakit asma karena malah akan membuat batuk lebih parah.

6. Minum Obat Batuk Ekspektoran

Kandungan ekspektoran mampu meredakan rasa gatal di tenggorokan dan mengencerkan lendir yang ada di saluran pernapasan. Jangan lupa untuk membaca aturan pakai dan minum obat batuk sesuai dosis yang dianjurkan. Biasanya setelah minum obat batuk, tidur pun menjadi lebih nyenyak.

7. Posisikan Bantal Lebih Tinggi

Posisi tidur saat batuk yang nyaman adalah hal penting. Salah satu caranya yaitu dengan meletakkan posisi bantal lebih tinggi daripada biasanya. Kamu juga harus memilih bantal yang nyaman dengan tingkat ketebalan yang pas seperti bantal INTHEBOX. Kamu juga bisa menyusu posisinya menjadi lebih tingi dengan menggunakan guling INTHEBOX.

8. Posisi Tidur Miring

Ketika sedang sakit batuk, usahakan untuk tidak tidur telentang karena lendir yang berada di belakang tenggorokan bisa menghalangi saluran pernapasan. Tentu saja ini akan membuat kamu lebih sesak dan menimbulkan rasa ingin batuk. Oleh karena itu, posisi tidur saat batuk yang paling tepat adalah tidur miring ke kanan atau kiri.

9. Pastikan Kasur Bersih dan Nyaman

Banyak yang tidak menyadari bahwa batuk saat tidur bisa disebabkan oleh perlengkapan tidur yang tidak bersih. Adanya debu dan tungau di kasur bisa memicu alergi, sehingga jadi penyebab batuk lebih parah. Oleh karena itu, bersihkan kasur dan ganti sprei secara berkala. Jangan lupa juga untuk gunakan kasur yang nyaman seperti spring bed INTHEBOX.

Itu dia beberapa cara mengatasi batuk di malam hari yang alami dan mudah. Pastikan tidur kamu selalu tercukupi, terutama jika sedang sakit. Selamat mencoba berbagai cara di atas dan semoga cepat sembuh!

ARTIKEL LAINNYA

Cek Presentase Kemenanganmu Dikompetisi Unboxing Your Bed di Sini Yuk!
5 June 2018
Seberapa sering kamu mengikuti kompetisi video? Jika termasuk salah seorang yang kerap mujur memenangkan kompetisi, ada baiknya kamu ikutan kompetisi video Unboxing Your Bed dari InTheBox. Kompetisi ini memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp5 juta, kasur InTheBox serta tiket pesawat PP ke Bali untuk video Unboxing Your Bed dengan jumlah like terbanyak. Selengkapnya
Ini Waktu Paling Tepat Untuk Mengganti Sprei
5 February 2021
Tidak menyempatkan waktu untuk mengganti sprei secara berkala bisa berakibat buruk bagi kesehatan lho, apalagi kalau kamu sampai lupa kapan terakhir kali sprei di kamarmu diganti. Baca selengkapnya untuk tahu waktu yang paling tepat untuk ganti sprei. Selengkapnya
Clinomania, Kecanduan Kasur yang Bikin Mager Seharian
30 August 2018
Bermalas-malasan di kasur seharian memang sangat asyik, tapi awas kamu terkena kelainan clinomania! Apa itu clinomania? Ini merupakan kelainan psikologis yang membuat penderitanya malas bergerak alias mager untuk beranjak dari kasur. Ketahui gejala dan pengobatannya, yuk! Selengkapnya
CS1