Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*

9 Bahaya Tidur Tengkurap bagi Kesehatan, Wajib Dihindari!

2 September 2018
bahaya-posisi-tidur-tengkurap-inthebox.jpg

Khusus untuk kamu yang biasa dengan posisi tidur tengkurap, harus baca artikel ini sampai selesai! Bukan tanpa alasan, ternyata ada beberapa bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan tubuh dan bahkan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Bahaya tidur tengkurap untuk kesehatan tubuh dapat menyebabkan:

1. Menghambat Sistem Pernapasan

Tentu saja sistem pernapasan kamu akan terganggu jika tidur tengkurap. Bagaimana tidak? Posisi hidung dan paru-paru berapa di abwah dan bahkan tehimpit oleh bobot tubuh. Udara yang masuk ke dlaam tubuh pun jadi tidak maksimal dan bahkan kamu akan merasa nyeri pada bagian dada saat bangun tidur.

2. Sakit Kepala

Selanjutnya, bahaya posisi tidur tengkurap yang akan kamu rasakan adalah sakit kepala. Penyebabnya adalah posisi kepala yang miring ke salah satu sisi pasti akan mendapatkan tekanan lebih. Kondisi inilah yang membuat aliran darah jadi terhambat, maka jangan heran kalau kamu sering sakit kepala saat bangun tidur.

3. Meningkatkan Stres

Bahaya posisi tidur tengkurap yang berikutnya adalah bisa meningkatkan stres. Ini disebabkan oleh adanya tekanan pada area tulang punggung yang dapat menyumbat aliran darah, sehingga bisa stres seharian.

4. Memicu Sakit Leher

Sakit leher adalah bahaya tidur tengkurap yang tak bisa dihindari. Tentu saja ini karena disebabkan oleh posisi tidur yang tak berubah dan posisi kepala yang pasti akan miring ke salah satu sisi selama tidur. Akhirnya, saraf di sekitar leher pun menjadi tegang.

5. Berisiko Penuaan Dini

Kamu pasti tidak mau ‘kan tua sebelum waktunya? Kalau begitu, hindari posisi tidur tengkurap!

Ya, kamu tidak salah baca. Salah satu bahaya posisi tidur tengkurap lainnya adalah memicu penuaan dini. Ini terjadi karena aliran darah di sekitar wajah, terutama yang tertekan akan tidak lancar. Wajah yang ditekan selama tidur berjam-jam, apalagi setiap hari akan menimbulkan kerutan dan garis halus di wajah.

6. Sakit Mata

Selanjutnya, bahaya tidur tengkurap juga bisa memicu sakit mata. Sederhana saja, logikanya ketika tidur tengkurap, maka posisi kepala akan menyamping ke salah satu sisi. Bukan hanya wajah yang akan mengalami kerutan, namun bahaya posisi tidur tengkurap juga akan terasa pada mata yang terkenan dalam kurun waktu tertentu, sehingga akan terasa sakit atau buram saat bangun tidur.

7. Nyeri Tulang Punggung

Meski tulang punggung tidak terkekan saat tidur, nyatanya posisi tidur tengkurap malah akan memberikan tekanan lebih pada area tulang belakang. Jadi, dapat dipastikan kalau bahaya tidur tengkurap yaitu nyeri punggung yang disebabkan oleh aliran darah yang tersumbat.

8. Pusat Saraf Otak Bisa Rusak

Bahaya tidur tengkurap yang paling mengerikan adalah bisa merusak pusat saraf otak. Kondisi ini terjadi akibat darah yang berisi oksigen tidak dapat mengalir dengan lancar. Gejala sederhana yang muncul adalah keterlambatan berpikir pada seseorang.

9. Payudara Menjadi Kendur

Nah, kalau yang satu ini pasti menjadi bahaya posisi tidur tengkurap yang paling ditakuti oleh para wanita. Faktanya, seorang wanita yang biasa tidur tengkurap akan lebih berisiko memiliki payudara yang kendur karena posisi tidur ini memberikan tekanan ekstra pada daerah dada.

Itu dia beragam bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan tubuh kamu. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang sebaiknya hidnari posisi tidur tengkurap. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari hanya karena merasa nyaman pada satu posisi tidur yang ternyata berbahaya.

Bukan hanya memperbaiki posisi tidur, tapi kamu juga sebaiknya memilih kasur dan bantal yang tepat untuk menopang tubuhmu. Tentu saja dengan memilih kasus spring bed InTheBox dan bantal InTheBox sudah menjadi langkah yang paling tepat.