Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
bahaya-tidur-sore-setelah-ashar-inthebox.jpg

7 Bahaya Tidur Sore (Setelah Ashar) bagi Kesehatan, Waspada!

20 February 2020

Banyak yang bilang ada bahaya tidur sore atau tidur setelah ashar. Apakah ini mitos tidur sore atau memang benar ada efek samping yang berbahaya bagi tubuh? Cek faktanya dalam artikel ini dan dapatkan juga solusinya!

Efek dan Bahaya Tidur Sore Setelah Ashar bagi Kesehatan

Sebisa mungkin hidari tidur sore atau tidur setelah ashar. Bukan tanpa alasan, nyatanya ada beberapa bahaya yang bahkan menurut dokter bisa menganggu kesehatanmu.

Berikut ini dampak tidur sore untuk kesehatan tubuh:

1. Badan Terasa Lemas

Efek tidur sore yang pertama kali kamu rasakan adalah jadi lebih lemas.

Setiap orang tentu ingin punya tubuh yang segar setelah bangun tidur, tapi sayangnya kamu tak bisa mendapatkan rasa segar dan bugar dengan tidur sore.

Penyebab tubuh lemas saat bangun tidur sore yaitu kurangnya asupan oksigen. Rasa lemas akibat tidur juga bisa terasa hingga malam atau bahkan keesokan harinya.

2. Sakit Kepala

Tidak hanya terasa lemas, kamu juga akan merasa sakit kepala kalau sering tidur sore.

Bahaya tidur sore yang satu ini bisa semakin terasa sakit terlebih kalau bangun dengan kondisi kaget. Jika kamu beruntung, sakit kepala akan cepat hilang, namun tak menutup kemungkinan akan terjadi selama berhari-hari.

Efek domino yang akan kamu rasakan akibat sakit kepala setelah bangun tidur ini juga bisa memengaruhi suasana hari atau mood. Sakit kepala disertai mood yang berantakan tentu menjadi mimpi buruk, bukan?

3. Menurunkan Daya Ingat

Kamu sering tidur sore? Siap-siap jadi pelupa atau cepat pikun!

Pasalnya, salah satu efek tidur sore adalah menurunkan daya ingat kamu sedikit demi sedikit. Bisa dikatakan juga bahwa ini efek jangka panjang dari tidur sore. Kalau kamu tak ingin mengalami hal ini, maka mulai sekarang kurangi atau hilangkan kebiasaan tidur setelah ashar.

Baca Juga: 7 Vitamin Kurang Tidur Akibat Insomnia dan Begadang

4. Meningkatkan Kolesterol

Bahaya tidur sore yang lainnya adalah bisa meningkatkan kadar kolesterol. Hal ini memang tak akan disadari. Kadar kolesterol bisa meningkat pada orang yang sering tidur sore karena metabolisme sedang ada di titik maksimal. Berdasarkan bebagai sumber, perihal bahaya tidur setelah ashar yang satu ini sudah terbukti melalui penelitian. Nah, kalau kolesterolmu sudah tinggi, maka hindari wakti tidur ini, ya!

5. Meningkatkan Risiko Diabetes

Bukan hanya bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, bahaya tidur setelah ashar juga bisa meningkatkan risiko diabetes.

Penyebabnya tentu dipicu oleh menurunnya produksi insulin dalam tubuh. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa tidur sore bisa mengganggu siklus atau metabolisme tubuh.

Tidur siang sampai sore hari atau tidur sore biasanya disebabkan oleh tubuh yang tak mendapatkan kualitas tidur yang cukup dan baik saat malam hari. Ini membuat tubuh lebih cepat lelah, sehingga akhirnya kamu tidur siang terlalu lama hingga sore hari.

6. Susah Tidur Malam

Ketika tidur sore, maka besar kemungkinan kamu akan susah tidur malam. Tubuh terasa segar, sehingga waktu tidur malam kamu berkurang. Efek jangka panjangnya bisa membuat kamu insomnia atau bahkan jadi susah bangun pagi.

7. Pola Tidur Harian Terganggu

Apabila kebiasaan ini tergolong sering, maka bisa mengganggu pola tidur harian kamu. Efek samping pola tidur terganggu adalah kurang istirahat dan bisa berujung menimbulkan berbagai macam penyakit.

Itu dia sekilas penjelasan mengenai bahaya tidur sore bagi kesehatan. Melihat risikonya yang cukup banyak, maka sebaiknya hindari dan tinggalkan kebiasaan tidur sore.

Sebagian besar orang merasa ngantuk saat sore hari karena kurang tidur malam. Pastikan kamu tidak mengalami ini jika pakai spring bed INTHEBOX. Sudah banyak yang membuktikan kenyamanannya. Tidak perlu khawatir karena harga INTHEBOX sangat terjangkau.

Cek pilihan produk kasur dan bantal guling INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

7 Cara Mengatasi Bersin Saat Bangun Tidur (100% Alami)
3 January 2019
Sering bersin-bersin saat bangun tidur? Tentu kebiasaan ini cukup mengganggu karena tubuh yang seharusnya segar saat bangun, malah jadi terasa lelah. Kini kamu tak perlu khawatir dan kesal lagi karena inthebox punya cara mengatasi bersin saat bangun tidur yang ampuh dan alami. Selengkapnya
Mimpi Basah: Pengertian, Penyebab, dan Fakta Unik
13 October 2018
Mimpi basah sering dikaitkan sebagai tanda pubertas pada pria. Faktanya, seseorang bisa beberapa kali mengalami mimpi basah. Oleh karena itu, kali ini inthebox akan memberikan informasi mengenai penyebab dan fakta unik mimpi basah. Percaya atau tidak, wanita juga bisa mengalaminya, lho! Selengkapnya
Cara Aman Cepat dan Mudah Membasmi Kutu Kasur
19 July 2022
Kutu kasur atau biasanya kita sebut dengan tungau akan sangat menyebalkan terlebih jika kamu sudah pernah digigit oleh makhluk kecil ini. Kutu kasur atau yang biasanya juga disebut dengan kutu busuk adalah sejenis serangga yang hidup dengan menghisap darah inangnya, atau Selengkapnya
CS1