Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*
8 Bahaya Tidur Pakai Kipas Angin (No. 5 Menakutkan)
18 October 2018
tidur-dengan-kipas-angin-inthebox.jpg

Cuaca yang panas seringkali menuntut kita untuk tidur dengan kipas angin. Benda ini memang menjadi alternatif jika susah tidur karena gerah, namun tidak memiliki AC. Kebiasaan ini memang membuat sebagian besar orang nyaman, namun nyatanya ada bahaya tidur pakai kipas angin yang mengintai kita.

Efek dan Bahaya Tidur Pakai Kipas Angin

Jika digunakan dengan benar, tentu kipas angin sama sekali tidak berbahaya. Benda ini berfungsi mengatur sirkulasi udara di ruangan, sehingga tak masalah jika kamu menggunakannya di kamar tidur. Hal yang harus dihindari adalah menggunakan kipas angin ketika tidur.

Perlu kamu tahu bahwa akibat tidur pakai kipas angin bisa membuat mata, hidung, dan rongga mulut menjadi kering. Ketika kita tidur memang merasa gerah, namun faktanya suhu di luar ruangan semakin turun saat larut malam dan ini bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Ini dia efek dan bahaya tidur pakai kipas angin bagi kesehatan tubuh:

1. Suhu tubuh bisa menurun drastis

Angin yang dihembuskan oleh kipas angin dapat menurunkan suhu tubuh. Ini memang tidak berbahaya, namun akan jadi bahaya ketika suhu ruanga sudah semakin sejuk. Ketika tidur dan suhu di luar ruangan sudah turun, maka bukan tidak mungkin suhu tubuh pun ikut menurun drastis. Kondisi ini akan berpengaruh pada tekanan darah dan gangguan pernapasan.

2. Penyakit Asma

Kalau kamu sudah punya riwayat penyakit asma, sangat disarankan untuk menghidari kipas angin. Disadari atau tidak, kipas angin yang sedang berputar turut menyedot debu dari bagian belakang dan mengeluarkannya di bagian depan. Bahaya tidur pakai kipas angin seperti ini tentunya akan membuat penyakit asma kamu kambuh.

3. Dehidrasi dan Hipotermia

Ketika kamu tidur dengan kipas angin, tubuh akan mengalami kekeringan karena suhu dingin yang dihasilkan. Kondisi ini disebabkan oleh terserapnya air di dalam tubuh akibat udara dingin. Kalau kipas angin dinyalakan semalaman, besar kemungkinan bahwa kelembapan tubuh akan semakin turun, sehingga menyebabkan dehidrasi atau bahkan hipotermia.

4. Sakit Leher

Bukan hanya karena salah bantal, sakit leher juga merupakan salah satu bahaya tidur pakai kipas angin yang dinyalakan semalaman. Kondisi seperti ini disebabkan oleh otot leher yang kencang semalaman akibat suhu dingin yang dihasilkan oleh kipas.

5. Kekurangan Oksigen

Jangan anggap kamu akan aman dengan menghirup angin yang berasal dari kipas. Sebaliknya, tidur dengan kipas angin malah akan membuat kamu keklurangan oksigen, apalagi jika kipas diarahkan ke tubuh dan mengenai wajah. Ini membuat udara di sekitar akan terus berputar, sehingga oksigen tidak bisa dihirup secara maksimal.

6.  Penyakit Gigi dan Gusi

Keringnya rongga mulut dan tenggorokan akibat tidur pakai kipas angin ternyata bisa memicu timbulnya masalah pada gigi dan gusi. Kalau terpaksa menggunakan kipas angin, jangan arahkan ke tubuh dan pastikan untuk membuka jendela agar sirkulasi udara tetap lancar.

7. Iritasi Sinus

Udara ruangan atau kamar yang kering karena pakai kipas angin semalaman juga bisa berakibat sinus. Kondisi ini terjadi akibat selaput lendir yang ada di rongga hidung ikut kering. Ketika selaput kering, maka produksi lendir pun meningkat, sehingga bahaya tidur pakai kipas angin akan menyumbat saluran pernapasan dan akhirnya membuat iritasi sinus.

8. Penyakit Bell Palsy

Bahaya tidur pakai kipas angin yang terakhir dan bisa dikatakan paling parah adalah terkena penyakit bell palsy. Perlu diketahui bahwa bell palsy adalah penyakit yang membuat saraf wajah menjadi tegang, sehingga sulit berekspresi termasuk sulit senyum.

Sekarang sudah tahu ‘kan kalau ada banyak bahaya tidur pakai kipas angin bagi kesehatan tubuh?

Kalau kamu merasa gerah di malam hari, cukup nyalakan kipas angin sebelum tidur dan pastikan kasur yang digunakan tidak menimbulkan rasa panas. Pilihan yang paling tepat adalah pakai kasur INTHEBOX yang bebas panas dan gerah ketika tidur.