Garansi 10 Tahun
Pengiriman Gratis ke Kota Besar Jawa, Bali dan Sumatera*

11 Bahaya Tidur Pagi bagi Ibu Hamil dan Janin

8 January 2019
bahaya-tidur-pagi-saat-hamil-inthebox.jpg

Tidur adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan karena kita bisa mengistirahatkan tubuh. Tak jarang juga kita seringkali tidur lagi di pagi hari saat libur. Kalau kamu sedang hamil, sebaiknya hindari kebiasaan ini karena ternyata ada bahaya tidur pagi bagi ibu hamil yang mengintai dan banyak yang belum tahu. Apa saja?

Bahaya Tidur Pagi bagi Ibu Hamil dan Janin

Jika ibu hamil mengantuk karena kurang tidur di malam hari, ada baiknya untuk memilih tidur siang dengan waktu yang cukup. Faktanya, inthebox menemukan ada banyak bahaya atau akibat yang mengintai ibu hamil jika tidur pagi.

Ini dia beragam bahaya tidur pagi bagi ibu hamil:

1. Lesu dan Tidak Bertenaga

Kalau kamu sengaja tidur lagi di pagi hari untuk membuat tubuh lebih segar dan berenergi, sebaiknya lupakan hal itu. Faktanya, tidur pagi malah akan membuat tubuh lesu dan tidak bertenaga. Tubuh pun akan semakin lesu jika waktu tidur semakin lama. Pada ibu hamil, kebiasaan ini cukup berbahaya pada janin dan bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan.

2. Metabolisme Tubuh Terganggu

Bukan hanya membuat tubuh menjadi lesu dan lemas, jika ibu hamil tidur pagi bisa mengalami gangguan metabolisme. Hla ini memang pasti terjadi karena tubuh jadi tidak bekerja seperti seharusnya. Efeknya? Ibu hamil akan merasa lapar terus-menerus dan akhirnya bisa menyebabkan obesitas.

3. Sakit Kepala Hingga Buta

Bahaya tidur pagi bagi ibu hamil jga bisa menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini disebbakan oleh cairan serebrospinal yang pindah dan menumpuk di otak. Kalau kamu sudah mengalami hal ini, segeralah untuk diobati karena pada jangka panjang bisa menyebabkan kebutaan.

4. Anemia

Selanjutnya, ibu hamil yang punya kebiasaan tidur di pagi hari juga akan berisiko terkena anemia. Saat tidur waktu pagi, aliran darah dan asupan osigen ke dalam tubub menjadi sangat tidak lancar. Tubuh yang tidak beraktivitas pun jadi membuat produksi sel darah merah jadi terganggu.

5. Sel Darah Putih Meningkat

Terjadinya gangguan metabolisme membuat produksi sel darah putih meningkat. Hal ini bisa terjadi akibat tidur pagi bagi ibu hamil. Hal yang paling membahayakan adalah ibu hamil dan janin yang amsih ada di dalam kandungan bisa berisiko terkena kanker darah.

6. Fungsi Otak Tidak Seimbang

Terhambatnya aliran darah dan oksigen membuat fungsi otak menjadi tidak seimbang jika ibu hamil sering tidur pagi. Ketika fungsi otak tidak seimbang, maka ada kemungkinan fungsi organ pun akan turut menurun.

7. Berisiko Penyakit Jantung

Bahaya tidur pagi bagi ibu hamil juga ternyata bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan beragam sumber, ternyata risiko penyakit jantung bisa menigkat sekitar 38% jika tidur pagi dan ini tidak berlaku pada ibu hamil saja.

8. Cairan Ketuban Bertambah Banyak

Seperti yang kita tahu, fungsi air ketuban adalah melindungi bayi. Nah, salah satu bahaya tidur pagi bagi ibu hamil adalah akan membuat volume air ketuban bertambah banya. Bukannya malah bagus, tentu ini akan berbahaya bagi bayi dan akhirnya akan menyebabkan posisi bayi sungsang.

9. Berisiko Diabetes

Risiko lain yang mungkin dirasakan akibat tidur pagi bagi ibu hamil adalah rentan terkena diabetes. Kaitannya adalah waktu untuk membakar kalori dan lemak jadi berkurang, sehingga penyerapan gula dalam darah pun turut berkurang. Akhirnya, ibu hamil pun rentan kena diabetes dan luka pasca melahirkan akan susah kering.

10. Gangguan Pencernaan

Masalah gangguan pencernaan tentu akan sangat mengganggu, apalagi jika diderita oleh ibu hamil. Beberapa akibat yang mungkin akan muncul adalah menderita gangguan pada lambung atau maag. Hal ini terjadi jika terlalu banyak tidur karena waktu makan dan metabolisme terganggu.

11. Insomnia Akut

Bahaya tidur pagi bagi ibu hamil yang terakhir adalah mengalami insomnia akut. Kalau sudah begini, tentu ibu hamil tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, padahal ini sangat penting untuk perkembangan janin.

Itu dia beraga bahaya yang mengintai bagi kesehatan. Kalau kamu sedang hamil, sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan tidur saat malam hari agar tidak mengantuk di pagi hari. Pada umumnya memang banyak ibu hamil yang susah tidur malam, sehingga akhirnya mengantuk saat pagi.

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan kasur spring bed INTHEBOX. Kasurnya yang empuk dengan permukaan lembut tentu akan membantu ibu hamil tidur dengan pulas. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjatuhkan pilihan pada bantal guling INTHEBOX.