Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
bahaya-tidur-dengan-lampu-menyala-inthebox.jpg

8 Akibat Tidur dengan Lampu Menyala, Bisa Kanker!

21 October 2019

Lebih sehat tidur dengan lampu menyala atau tidur dengan lampu mati? Ada banyak pertimbangannya, namun faktanya ada banyak akibat atau bahaya jika menyalakan lampu saat tidur. Baca sampai selesai, pasti kamu langsung mau ubah kebiasan tidur!

Akibat Tidur dengan Lampu Menyala bagi Kesehatan

Bersyukurlah kamu yang biasa mematikan lampu saat tidur karena cahaya lampu ternyata bisa memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak yang menyepelekan hal ini karena tidak tahu apa saja bahayanya. Lebih jelasnya, berikut beberapa akibat tidur dengan lampu menyala:

1. Produksi Hormon Melatonin Berkurang

Efek samping pertama yang akan kamu rasakan adalah berkurangnya produksi hormon melatonin, padahal hormon ini berfungsi untuk menjaga siklus tidur hingga stabilitas metabolisme sel dalam tubuh.

Ketika lampu menyala saat tidur, produksi hormon melatonin akan terhambat dan tidak maksimal. Kondisi inilah yang membuat siklus tidur kamu jadi tidak stabil dan pada akhirnya bisa memicu berbagai penyakit.

2. Memicu Obesitas

Kalau kamu sedang dalam proses diet, ada baiknya untuk tidur dengan lampu mati. Faktanya, bahaya tidur lampu menyala akan meningkatkan risiko obesitas. Hal ini sebenarnya masih berkaitan erat dengan produksi hormon melatonin yang terganggu. Ketika metabolisme tubuh terganggu, maka tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan sempurna dan sel tubuh tidak bisa bekerja maksimal.

3. Menyebabkan Insomnia

Efek samping berikutnya adalah menyebabkan gangguan tidur insomnia. Beberapa sumber menyebutkan bahwa seseorang yang tidur sambil menyalakan lampu cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk karena sel-sel di dalam tubuh tidak istirahat dengan sempurna. Tubuh akan lebih sulit merasa rileks dan bahkan bisa menyebabkan gangguan tidur.

4. Memicu Diabetes Tipe 2

Ada penelitian yang membuktikan bahwa sinar lampu bisa menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Ketika penderita diabetes terpapar cahaya lampu yang cukup lama, maka kadar gula darah akan naik mencapai 51%. Khusus untuk kamu yang sudah punya riwayat penyakit diabetes, sebaiknya selalu matikan lampu saat tidur agar tidak semakin parah.

5. Memicu Kanker Payudara & Usus

Akibat tidur dengan lampu menyala yang paling berbahaya yaitu bisa menyebabkan kanker. Umumnya, hal ini terjadi pada wanita dan biasanya jenis kanker yang muncul adalah kanker payudara dan kanker usus. Hal ini sudah terbukti dalam riset yang dilakukan oleh Massachussetts Intitute of Technology (MIT).

6. Memicu Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi ternyata bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Kondisi ini udah diteliti dan tercantum dalam jurnal Chronobiology International. Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa tekanan darah orang yang selalu terpapar cahaya saat tidur bisa lebih tinggi.

7. Terjadi Perubahan Hormon

Bahaya tidur lampu menyala juga bisa memicu terjadinya perubahan hormon. Hal ini juga bisa terjadi jika kamu tidur dengan tv menyala. Perlu diketahui bahwa lampu dan televisi bisa memancarkan sinar biru yang bisa mengganggu produksi hormon dalam tubuh.

8. Mengganggu Kesuburan Wanita

Risiko terakhir ini sangat berpengaruh pada wanita. Jika pada poin awal dijelaskan bisa terkena kanker payudara, ternyata tidur dengan lampu menyala juga bisa mengganggu kesuburan wanita. Dampak yang akan terlihat lebih awal yaitu terkait siklus menstruasi yang tidak teratur.

Manfaat Tidur dengan Lampu Mati, Bikin Tubuh Lebih Sehat!

Kita sudah tahu apa saja akibat tidur dengan lampu menyala. Lalu, apakah ada bahaya tidur dengan lampu mati? Dilansir dari berbagai sumber, ternyata kebiasaan mematikan lampu saat tidur memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Ini beberapa manfaat tidur dengan lampu mati:

• Jarang terbangun di malam hari

• Tidur lebih nyenyak

• Hormon lebih stabil

• Regenerasi sel jadi lebih baik

Khusus bagi anak dan remaja, kebiasaan tidur dengan mematikan lampu bisa memaksimalkan pertumbuhan. Jalau belum terbiasa, bisa dimulai dengn mencoba menggunakan lampu tidur yang agak redup.

Itu dia bahasan singkat mengenai efek samping tidur dengan lampu menyala. Jangan lupa juga untuk pakai kasur INTHEBOX agar tidur malam kamu lebih nyenyak. Kamu bisa cek pilihan produknya di sini!

ARTIKEL LAINNYA

Fakta: Tidur Berdua Lebih Sehat (Sudah Terbukti)
15 October 2018
Mau hidup lebih sehat? Kamu harus rutin tidur berdua dengan pasangan dan miliki hubungan yang sehat dengannya. Percaya atau tidak, tidur berdua lebih sehat karena akan berpengaruh pada hormon-hormon dalam tubuh dan ini sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Yuk, bahas bersama inthebox! Selengkapnya
8 Jenis Bantal dan Masing-Masing Fungsinya
23 August 2018
Ada banyak jenis bantal, mulai dari bantal kepala, bantal leher, bantal bayi, bantal menyusui, hingga bantal guling. Semuanya tentu punya fungsi yang berbeda-beda. Ketahui masing-masing manfaatnya agar kamu bisa memilih bantal yang tepat untuk digunakan sehari-hari! Selengkapnya
5 Ciri dan Penyebab Wanita Tidur Ngorok (No. 3 Sulit Dihindari)
6 February 2019
Ngorok atau mendengkur tidak hanya dialami oleh pria karena ternyata wanita pun bisa mengalaminya. Selain mengganggu, kebiasaan ini tentu tegolong cukup memalukan bagi wanita. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi tidur ngorok pada wanita? Selengkapnya
CS1