Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
windows-12OZwblVQUg-unsplash-min.jpg

5 Bahaya Kerja di Atas Kasur yang Harus Diwaspadai!

26 January 2021

Bekerja dari rumah atau working from home menjadi populer dan dilakukan banyak orang apalagi di masa pandemi saat ini. Namun di balik itu semua, ada bahaya bekerja di atas kasur yang harus diwaspadai.

Banyak hal yang bisa dilakukan saat kamu bekerja dari rumah, yang biasanya tidak bisa kamu lakukan kalau bekerja langsung di kantor. Misalnya seperti bekerja menggunakan baju tidur, bangun lebih siang, atau tidak perlu mandi.

Itulah mengapa bekerja dari rumah terkesan lebih santai dan bebas karena dilakukan di rumah sendiri. Dengan syarat, pekerjaan yang ditugaskan harus tetap diselesaikan dengan baik.

Namun bayangan akan nyamannya bekerja dari rumah memiliki bahayanya tersendiri. Apalagi bekerja langsung di atas kasur, kebiasaan yang juga dilakukan oleh banyak orang saat ini.


Bahaya Kerja di Atas Kasur

Meskipun terkesan nyaman, namun bekerja di atas kasur sebaiknya dihindari karena memiliki banyak dampak negatif. Berikut adalah alasan mengapa bekerja di atas kasur berbahaya:

1. Sakit Pada Tulang Belakang

Menyelesaikan pekerjaan di atas kasur bisa menyebabkan sakit di bagian tulang belakang. Hal ini terjadi karena posisi tulang belakang yang tidak netral dan posisi tubuh tidak tepat.

Otot bagian belakang juga bisa menjadi tegang, apalagi posisi kita saat bekerja dilakukan sambil menyandarkan kepala ke dinding atau tempat tidur.

2. Postur Tubuh Terganggu

Ketika bekerja di atas kasur, kita mungkin akan tergoda untuk mencoba berbagai macam posisi yang terasa nyaman. Misalnya dengan berbaring atau duduk bersandar pada tempat tidur. 

Namun, hal ini bisa sangat berbahaya bagi postur tubuh karena kita duduk dalam permukaan yang tidak rata, punggung cenderung tidak lurus, dan menatap layar monitor dalam posisi yang tidak tepat.

Hal ini bisa membuat badanmu terasa sakit apalagi kalau dilakukan dalam kurun waktu yang lama.

3. Mengurangi Kualitas Tidur

Kerja di atas kasur bisa mengurangi kualitas tidur. Kasur yang biasanya dikenali oleh otak sebagai tempat beristirahat dan tidur, dibuat menjadi tempat untuk produktif. 

Otak akan kebingungan karena sudah terbiasa mengasosiasikan kasur dengan istirahat. Dampak buruknya adalah, kamu kesulitan tidur di malam harinya.

4. Mengganggu Produktivitas

Tidak hanya kualitas tidur yang terganggu, bekerja di atas kasur juga mengurangi produktivitasmu. Kamu akan merasa terlalu santai, mata masih berat, dan lemas untuk beraktivitas. Sehingga menyelesaikan pekerjaan di atas kasur tidak akan maksimal.

Bekerja dan beristirahat haruslah terpisah dan jangan dicampur adukkan, sekalipun sekilas itu membuat lebih praktis dilakukan.

5. Kasur Menjadi Sarang Bakteri

Kasur yang dipakai tidur semalaman saja sudah cukup membuatnya menjadi kotor dalam beberapa hari. Itulah disarankan mencuci sprei atau lapisan luar kasur secara rutin.

Dengan bekerja di atas kasur berarti kamu menambah lebih banyak waktu yang dihabiskan di atas kasur. Hal ini bisa membuat kasur tidak higienis dan menjadi sarang bakteri, karena kamu menjadikan kasur tempat beristirahat dan bekerja sekaligus.


Tips Nyaman Bekerja dari Rumah

Setelah kamu mengetahui bahaya kerja di atas kasur, sekarang sebaiknya kamu tahu apa yang harus dilakukan ketika bekerja dari rumah dengan solusi berikut:


1. Menyediakan Tempat Kerja Khusus

Sediakan ruangan atau tempat khusus untuk kamu bekerja dari rumah. Hal ini akan membantumu lebih produktif dan fokus menyelesaikan pekerjaanmu. 

Atur dan sesuaikan ruangan kerjamu senyaman mungkin agar moodmu saat bekerja tetap baik.

2. Tetap Mandi Sebelum Bekerja dari Rumah

Salah satu godaan terbesar bekerja dari rumah adalah mandi. Mungkin kamu berpikir untuk tidak perlu mandi kalau bekerja dari rumah, karena kamu tidak ke mana-mana. 

Mandi sebelum bekerja bisa membuat badanmu lebih segar, fokus, dan siap untuk menyelesaikan tugas yang ada. Setelah mandi, kamu bisa memilih pakaian yang lebih kasual dan nyaman untuk bekerja, dibanding harus menggunakan pakaian yang formal.

3. Buat Rutinitas Baru Saat Bekerja dari Rumah

Ada waktu yang dihemat ketika kamu bekerja dari rumah. Biasanya kamu bangun lebih awal, berangkat pagi, dan menghabiskan waktu untuk di perjalanan. 

Ekstra waktu yang kamu dapatkan bisa kamu manfaatkan untuk hal lain, misalnya menyiapkan sarapan yang sehat, berolahraga sebentar, atau membaca buku.


Sudah tahu kan apa yang harus kamu lakukan saat WFH atau bekerja dari rumah? 

ARTIKEL LAINNYA

Warna Monokrom di Kamar Tidur Boleh Juga Dicoba
23 February 2018
Kamar tidur memang penting untuk didesain sedemikian rupa demi kualitas istirahat di malam hari yang lebih optimal. Jika sebagian orang suka dengan konsep colorful, tapi tren monokrom juga nggak kalah menarik untuk dicoba kok. Kamar yang dipadukan dengan nuansa hitam putih bisa menjadi eye catchy, begini caranya! Selengkapnya
5 Hal yang Nggak Boleh Terlewatkan Saat Upload Video Unboxing Your Bed
4 June 2018
Mengikuti kompetisi memang butuh totalitas jika ingin menang. Bukan saja mengandalkan faktor keberuntungan, tetapi juga perlu persiapan matang. Hal inilah yang perlu diperhatikan saat hendak mengikuti kompetisi video Unboxing Your Bed dari InTheBox.  Selengkapnya
Unbox Your Bed Jadi Tantangan yang Populer di Medsos, Udah Ikutan?
14 April 2018
Banyak yang penasaran sekaligus tertantang untuk menaklukkan tantangan yang sama. Sudah tahu apa itu Unbox Your Bed? Selengkapnya
CS1