Blog - Waktu Tidur yang Baik dan Ideal Sesuai Usia

Waktu Tidur yang Baik dan Ideal Sesuai Usia
25/09/2018 16.59 Comments

Banyak yang bilang bahwa seseorang membutuhkan waktu tidur yang tepat, baik untuk masa pertumbuhan maupun kesehatan. Hal ini bukanlah mitos belaka karena memang faktanya begitu. Sebenarnya, seperti apa waktu tidur yang baik dan ideal?

Waktu Tidur Dipengaruhi Beberapa Faktor

Perlu kamu pahami dulu bahwa waktu tidur setiap orang pasti berbeda-beda. Beberapa faktor yang memengaruhi waktu tidur bisa dipengaruhi oleh usia, genetic, atau bahkan gangguan kesehatan. Hal-hal tersebut adalah faktor-faktor yang tidak bisa dihindari.

Contohnya begini, waktu tidur bayi akan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi karena memang bayi membutuhkan waktu tidur yang jauh lebih banyak untuk menunjang pertumbuhannya.

Selanjutnya, bagaimana dengan faktor genetik?

Begini, waktu tidur yang baik bagi setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang dengan tidur sebentar sudah bisa bangun dengan segar, tapi ada juga yang butuh waktu tidur lebih lama. Selain itu, contohnya ada juga yang bisa dengan mudah bangun dan ada juga yang susah bangun tidur.

Khusus waktu tidur yang dipengaruhi oleh faktor kesehatan yaitu adanya beberapa gangguan tidur. Jika mengalami gangguan tidur, maka biasanya waktu tidur jadi lebih sedikit atau bahkan lebih banyak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa memang ada banyak faktor yang memengaruhi waktu tidur seseorang.

Waktu Tidur yang Baik dan Ideal Sesuai Usia

Setelah mengetahui faktor yang berhubungan dengan waktu tidur, kini saatnya kita bahas mengenai waktu tidur yang baik dan ideal sesuai usia seseorang. Pada umumnya, orang dewasa akan membutuhkan waktu tidur sekitar 7 jam di malam hari.

Dikutip dari berbagai sumber, terdapat waktu tidur ideal yang diidentifikasi oleh National Sleep Foundation. Tentunya ini berdasarkan usia dari masing-masing orang. Berikut waktu tidur ideal sesuai usia:

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam per hari
  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam per hari
  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam per hari
  • Anak pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam per hari
  • Anak fase sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam per hari
  • Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam per hari
  • Dewasa (18-64 tahun): 7-9 jam per hari
  • Dewasa lebih tua (65 tahun ke atas): 7-8 jam per hari

Bisa dilihat daftar waktu tidur yang baik bagi seseorang memang berdasarkan usianya. Kita tidak bisa menyamakan waktu tidur setiap anak karena memang perlu disesuaikan lagi dengan masing-masing umurnya.

Meski sudah ada rincian waktu tidur yang baik, itu hanya menjadi acuan lamanya tidur seseorang. Ada baiknya memang tidur berdasarka porsi di atas, namun tak menutup kemungkinan juga bahwa waktu tidur seseorang akan lebih sedikit atau lebih banyak dari waktu di atas.

Cara Mendapatkan Waktu Tidur Ideal

Tak bisa dipungkiri bahwa seseorang kesulitan mendapatkan waktu tidur yang baik dan ideal. Faktornya ada banyak, mulai dari padatnya kesibukan hingga menderita gangguan tidur. Ujungnya, kita tak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Padahal, perlu kamu tahu kalau waktu tidur ideal terpenuhi, maka ada banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh tubuh. Metabolisme akan selalu seimbang, kekebalan tubuh semakin meningkat, dan juga memori otak akan lebih maksimal.

Salah satu solusi lain paling mudah dan efektif untuk diterapkan adalah dengan menggunakan kasur INTHEBOX. Materialnya yang berkualitas dengan permukaan kasur yang lembut membuat kamu tidur dengan nyenyak semalaman. Kalau sudah begini, tentu kamu bisa mendapatkan waktu tidur yang baik dan ideal dengan sangat mudah.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields