Blog - 7 Vitamin Kurang Tidur Akibat Insomnia & Sering Begadang

7 Vitamin Kurang Tidur Akibat Insomnia & Sering Begadang
20/12/2018 12.32 Comments

Kebiasaan begadang pada seseorang nampaknya akan sulit dihindari, terlebih lagi jika alasannya untuk bekerja. Meskipun terbilang sering, tubuh biasanya akan lemas, tidak segar, dan efek jangka panjangnya bisa sakit. Nah, cobalah untuk konsumsi berbagai vitamin kurang tidur!

Vitamin Kurang Tidur untuk yang Sering Begadang

Perlu dipahai dulu kalau vitamin yag dimaksud di sini adalah yang alami. Jadi, tak hanya berasal dari obat-obatan kimia, namun bisa kamu dapatkan melalui asupan makanan sehat. Ini dia beberapa vitamin yang harus kamu penuhi asupannya ketika kurang tidur:

1. Vitamin B

Asupan pertama yang perlu kamu tingkatkan adalah vitamin B. Sebagai informasi, vitamin B mampu meningkatkan metabolisme dan fungsi sel tubuh lainnya, termasuk bisa meningkatkan kualitas tidur. Jika kekurangan, maka bisa menyebabkan insomnia. Bukan hanya satu, ada beberapa jenis vitamin B yang berkaitan dengan kurang tidur yaitu:

  • Vitamin B3

Ini merupakan niasin yang mampu meningkatkan kualitas tidur. Vitamin B3 tentu sangat dibutuhkan oleh orang yang mengalami insomnia, sehingga bisa tidur cepat dan tanpa terbangun di malam hari.

  • Vitamin B5

Kalau kamu kekurangan vitamin B5, maka dapat dipastikan akan mengalami gangguan tidur dan juga bisa terbangun beberapa kali saat malam hari. Tingkatkan asupannya untuk menghilangkan rasa cemas dan stres.

  • Vitamin B9

Dikenal juga sebagai asam folat yang bagus untuk ibu hamil, namun faktanya vitamin kurang tidur ini sangat berkaitan erat dengan kondisi susah tidur akibat insomnia.

  • Vitamin B12

Kalau kamu punya masalah siklus tidur yang berantakan, segera tingkatkan asupan vitamin B12 untuk mengembalikan siklus tidur agar kembali normal.

Sebagai informasi, kamu bisa memilih untuk mengonsumsi suplemen B kompleks atau perbanyak makan gandum, telur, kacang-kacangan, pisang, ikan, dan alpukat.

2. Vitamin D

Vitamin kurang tidur yang selanjutnya perlu kamu tingkatkan adalah vitamin D. Sejauh ini mungkin kita hanya tahu kalau fungsi vitamin D untuk kesehatan tulang. Ternyata vitamin D juga sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur untuk membuat kamu bisa tidur nyenyak semalaman. Bukan hanya bisa didapatkan dari berjemur di bawah sinar matahari pagi, kamu juga bisa meningkatkan konsumsi telur, ikan, tahu, dan tempe.

3. Magnesium

Ada banyak fungsi magnesium untuk tubuh, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat saraf dan otot bekerja normal, membantu penyerapan kalsium, hingga mengatur tidur. Ketika tubuh kekurangan magnesium, maka bisa mengalami insomnia dan kualitas tidur terganggu. Kamu bisa memperbanyak konsumsi kacang almond, sayuran hijau, kacang mete, rumput laut, dan dark chocolate.

4. Kalsium

Tak jauh berbeda dengan vitamin kurang tidur di atas yang mana adalah vitamin D. Fungsinya sama-sama bisa memperkuat tulang dan juga siklus tidur. Penjelasannya begini, asupan kalsium yang maksimal akan membuat otak memproduksi zat melatonin untuk merangsang tidur. Oleh karena itu, memang sangat baik untuk minum susu hangat sebelum tidur atau di malam hari.

5. Melatonin

Selanjutnya, ada melatonin yang memang merupakan hormon alami untuk mengatur siklus tidur. Biasanya hormon melatonin akan meningkat sekitar pukul 9 malam. Jika hormon ini terganggu, maka kualitas dan waktu tidur kamu juga akan ikut terganggu. Perbanyaklah makan gandum, pisang, nanas, tomat, jeruk, atau bahkan suplemen.

6. Zinc

Ada banyak fungsi zinc untuk tubuh, mulai dari menjaga fungsi tiroid, menyembuhkan luka, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga mengatur pola tidur harian. Kalau kamu punya masalah insomnia atau sering begadang, maka ada baiknya untuk memperbanyak konsumsi daging sapi, kacang-kacangan, dan udang.

7. Triptofan

Terakhir ada triptofan yang merupakan asam amino esensial. Triptofan ini bekerja meningkatkan produksi hormon serotonin tidur dan bahkan menghindari risiko sleep apnea atau berhenti bernapas saat tidur. Kamu bisa konsumsi sayuran hijau, telur, susu, ikan, unggas, dan kacang-kacangan.

Itu dia berbagai vitamin kurang tidur dan beberapa hormon tidur yang perlu ditingkatkan. Jika kamu memerhatikan asupan harian dengan baik, maka insomnia dan kebiasaan begadang pun akan lebih berkurang.

Tentunya mengonsumsi berbagai vitamin kurang tidur saja tidak cukup. Kamu harus tetap memerhatikan penggunaan tempat tidur atau kasur. Bukan tanpa alasan, tidur yang nyenyak juga berkaitan dengan pemilihan kasur yang tepat agar tidak terbangun di malam hari. Berkaitan dengan ini, kamu bisa coba pakai kasur spring bed INTHEBOX.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields