Blog - 5 Tips Memilih Tempat Tidur Bayi yang Aman, Harganya?

5 Tips Memilih Tempat Tidur Bayi yang Aman, Harganya?
07/01/2019 17.05 Comments

Memberikan kenyamanan untuk sang buah hati pasti dilakukan oleh setiap orang tua, termasuk dalam pemilihan tempat tidur bayi. Tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dari ranjang bayi yang diilih. Kira-kira apa saja?

Memilih Tempat Tidur Bayi yang Bagus

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua sebelum menentukan tempat tidur bayi yang tepat. Perihal harga tempat tidur bayi juga biasanya menjadi salah satu bahan pertimbangan, namun ada beberapa hal penting lainnya.

Ini tips memilih tempat tidur bayi yang bagus dan aman:

1. Pilih Tempat Tidur Bayi yang Kokoh

Pertimbangan utama saat memilih tempat tidur bayi adalah kekuatan dan kekokohan dari tempat tidur tersebut. Hal ini menjadi penting karena demi keamanan si kecil. Jangan pernah membeli yang asal karena bisa saja bayi terjatuh ketika tidur karena kasur yang ambruk.

Tempat tidur yang kokoh bisa terlihat dari tidak mudah goyah meski hanya tersenggol sedikit. Keuntungan lainnya, kamu bisa menjadikan tempat tidur ini sebagai investasi untuk digunakna lagi oleh anak yang berikutnya.

2. Pilih yang Bercelah Sempit

Seperti yang kita tahu, tempat tidur bayi biasanya dilengkapi dengan celah berupa tiang-tiang kayu atau plastik berukuran kecil di setiap sisinya. Sebagai orang tua, kamu harus memilih ranjang bayi yang dilengkapi dengan celah kecil.

Sangat disaranan bahwa jarak antar celahnya kurang dari 6 cm. Ini menjadi penting untuk bisa menghindari bagian tubuh bayi masuk ke sela-sela celah tersebut. Tentu jika tangan atau kakinya tersangkut, bayi belum langsung mampu melepaskannya sendiri dan pada akhirnya ia akan rewel.

3. Perhatikan Penggunaan Material

Hal yang dimaksud material pada tempat tidur bayi termasuk sekrup, paku, hingga bautnya, Pastikan pemasangannya sudah tepat, sehingga ranjang bisa berdiri dengan kokoh. Selain itu, pastikan juga semuanya aman dan tidak ada yang tajam. Jangan sampai ada material yang nantinya tanpa disadari bisa melukai bayi.

4. Pilih yang Bisa Diperluas

Jangan bayangkan kalau ranjang bayi hana memiliki bentuk yang sama dengan berukuran kecil. Faktanya, kini sudah ada tempat tidur bayi yang bisa diperluas atau bahkan ada juga yang bagian penyangga di setiap sisi bisa dilepaskan. Harga tempat tidur bayi seperti ini memang pasti lebih mahal, namun ranjang jadi bisa digunakan lebih lama. Ketika sang buah hati sudah semakin tinggi dan besar, maka orang tua tidak perlu khawatr lagi.

5. Pilih yang Dilengkapi Penyimpanan

Kini bentuk dan model tempat tidur bayi sudah semakin beragam. Jika kamar tidur cukup luas, tak ada salahnya untuk memilih tempat tidur yang dilengkapi dengan penyimpanan di bagian bawahnya. Ini akan memudahkan ibu karena bisa digunakan untuk menyimpan berbagai keperluan bayi, seperti baju bayi, selimut bayi, popok, dan juga keperluan lainnya. Tentu harga tempat tidur bayi seperti ini pun lebih mahal.

Selain mengetahui dan menerapkan tips memilih tempat tidur bayi yang ada di atas, tentu ada hal lain yang tak kalah penting yaitu saat memilih kasur bayi. Pemilihan kasur bayi tidak boleh terlalu empuk karena akan berpengaruh pada struktur tulang bayi. Lebih jelasnya, inthebox juga sudah pernah membahas secara spesifik mengenai tips memilih kasur bayi.

Kalau akhirnya kamu memutusan untuk tidur bersama bayi tanpa menggunakan ranjang bayi yang khusus karena pertimbangan harga tempat tidur bayi yang cukup mahal, maka penggunaan kasur menjadi sangat penting.Jangan ragu untuk memilih spring bed INTHEBOX agar kamu dan si kecil bisa tidur dengan nyaman semalaman.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields